Memilih Nama Usaha

brand-onlineitallmatters blogspotHari ini saya hendak sedikit keluar dari hingar-bingar pemberitaan media. Saya hendak membahas sedikit mengenai dunia usaha atau wiraswasta. Satu soal kecil saja, yaitu memilih nama usaha.

Dalam dunia bisnis, nama sangat penting. Bukan asal pilih dan jelas tidak sesuai dengan ungkapan terkenal Shakespeare “apalah arti sebuah nama”. Nama ini dalam konteks manajemen pemasaran dikenal sebagai brand atau merek.

Bila Anda perhatikan, yang dikenal orang adalah brand, bukanlah nama perusahaan pembuatnya. Jarang yang tahu kalau Anggur kolesom cap Orang Tua dan biskuit Tango, yang produk dan segmentasinya jelas berbeda, ternyata dibuat oleh perusahaan yang sama: PT Artha Boga Cemerlang. Ini hanya satu contoh ekstrem. Jadi harap diperhatikan bahwa satu perusahaan yang sama bisa memproduksi brand berbeda. Ia cukup meletakkannya dalam divisi. Bila kemudian ternyata dipandang perlu, bisa saja divisi tadi dimekarkan menjadi anak perusahaan. Tapi tetap sah saja kalau dibiarkan tetap dalam divisi misalnya demi alasan efisiensi.

Yang saya perhatikan, rekan-rekan usahawan yang baru mulai tidak memperhatikan adagium dasar dalam manajemen pemasaran yang dikenal dengan Unique Selling Proposition (USP). Lupakan dulu provokasi para motivator yang menganggap itu sudah basi. Nyatanya, ‘teori basi’ ini tetap dipakai semua ahli pemasaran. Dalam teori ini, sebelum menentukan usaha, Anda harus mampu menjelaskan dalam satu kalimat apa yang menjadikan produk Anda unik sehingga layak dijual. Jadi, nama Anda harus menunjukkan keunikan dibanding produk atau jasa sejenis.

Apa yang kerap terjadi, banyak teman yang baru memulai usaha ingin cepat terkenal. Tapi terkenal secara pribadi bukan produknya. Ia memilih nama dirinya sendiri sebagai nama usaha. Ini sebenarnya boleh saja, asal didahului riset. Honda, Toyota, Ford, adalah nama-nama pendiri perusahaan tersebut. Tapi ada pula Microsoft, IBM, LG, atau Guess yang bukan nama pendirinya. Jadi, apa parameternya nama Anda bisa dipakai atau tidak sebagai nama usaha?

Buat saya, kalau kita adalah penemu atau inovator sesuatu yang kita jual, boleh dan amat kuat kalau nama kita jadi merek. Misalnya kalau seorang bernama Sastro adalah penemu roket dengan blue energy (yang kemarin ternyata bohong itu), maka ia akan bagus memakai namanya sebagai merek. Maka perusahaannya bisa saja bernama Sastro Rocket Inc.

Tapi kalau kita cuma pedagang atau menjual barang produksi atau hasil rakitan dari perusahaan lain, alangkah baiknya memakai nama barang atau jasa yang kita jual itu. Atau minimal berasosiasi atau berhubungan dengan barang atau jasanya. Misalnya kita berdagang komputer, cari nama yang berbau “high-tech” (jadi ingat Pak Habudi-nya Republik BBM). Jangan pakai nama Combro Computer. Meski sama-sama ada “Com”-nya. 🙂

Tentu saja, kalau nama perusahaan, Anda bisa menggunakan nama apa saja yang Anda anggap ‘hoki’ atau membawa keberuntungan. Jadi nama PT Bendot Berjaya Abadi sah saja digunakan untuk memproduksi biskuit merek “Mak Glek”. Yang penting, dengan nama brand Anda, akan memudahkan konsumen untuk mengingatnya. Inilah yang diincar oleh semua prinsipal saat diadakan survei mengenai Top of Mind Brand Name.

Bila Anda membaca artikel ini, mungkin Anda juga tertarik membaca artikel Bhayu M.H. bertema sejenis berikut:

Catatan: Mengingat artikel ini adalah “top post” di blog ini, maka mohon maaf bila ada pertanyaan dari comment yang belum bisa segera terjawab. Ini semata karena aktivitas keseharian saya yang padat. Juga mohon maaf agar tidak melakukan komunikasi langsung via HP untuk bertanya, kecuali Anda memang berniat berkonsultasi profesional (tentu dengan memberikan “professional fee”). Untuk itu, silahkan menuju ke http://bhayumahendra.com.

Nomor HP yang terpublikasi di website saya tersebut adalah untuk keperluan profesional seperti mengundang sebagai pembicara atau membuat perjanjian bisnis saja. Saya kuatir tidak bisa melayani dengan baik bila Anda meng-SMS atau telepon langsung sekedar untuk bertanya. Lebih baik via comment di blog ini saja dan untuk menunggu jawaban saya, pantau saja blog ini tiap hari. Andai belum ada jawaban, Anda tetap bisa membaca artikel lainnya bukan? Terima kasih banyak atas kepercayaan LifeLearner semua kepada saya 🙂

CATATAN TAMBAHAN: Saya menutup tanya-jawab permintaan nama sehubungan nama usaha, merek atau sejenisnya melalui blog ini, baik di artikel ini maupun artikel lain yang terkait. Pertanyaan atau permintaan konsultasi nama usaha hanya saya layani secara Profesional, dalam arti Anda harus siap menganggarkan sejumlah dana untuk itu. Ini karena saya menghargai intangible asset saya tersebut, yang saya dapat dengan tidak mudah. Sertifikasi internasional tentang merek yang saya miliki didapat resmi dari asosiasi periklanan internasional dengan belajar dari Profesor Jepang dan biayanya tidak murah. Terima kasih.

Anda juga bisa menyimak tulisan saya berjudul:

Menamai Usaha: Sampai Sejauh Mana?” (klik judulnya untuk membaca artikelnya)

Untuk mengerti bahwa ide itu tidak mudah, dapat membaca tulisan berikut:

Sulit & Mahalnya Ide” (klik judulnya untuk membaca artikelnya)

warning-lifeschool-rs-125

468 responses to “Memilih Nama Usaha

  1. hehehe.. combro computer.. nama yang keren mas…

    salam kenal dari sebelah blog..

    monggo mampir..

      • Wah, ini serius. Optik mungkin harus mengecek dulu ke Dirjen HKI untuk mereknya. Tapi kalau tempatnya tidak mencolok, bisa gunakan apa pun sesuai selera Anda. Bisa nama tempat, bisa pula terkait sifatnya seperti “Clear Optic” atau “Vision Optic”.

  2. kira-kira nama apa yg cocok untuk sebuah Distro (toko pakaian cowok & cewek) ? thanks before..

    • Wah, ini perlu riset dulu… hehehe. Tapi kalau sekedar usul yang kepikiran selintas sih bisa coba beberapa alternatif, misalnya:
      – Gaul Distro
      – Warna-warni Distro
      – Keren Abiz Distro
      – Harajuku Distro
      kalau kurang kita ngobrol saja deh di dunia nyata…

  3. halo…nama untuk sebuah usaha dibidang spare parks & variasi motor,bagusnya apa ya ? yg hoky.thx

    • Sekedar alternatif yang terpikirkan:
      – 999 Motor = angka hoki
      – MVP (Motor Variants & Parts) = analogi dg Most Valuable Player NBA
      – Jreng! Motor = nama unik yg tidak biasa, seperti Astaga!.com

  4. saya berencana buka usaha fotocopy kira-kira nama yang bagus dan hoki apa ya…? thx

    • Nah, bukanya di mana dulu? Kalau di mal, pastikan tidak ada nama serupa. Coba riset daerah2 penghasil teh utama di Indonesia. Bisa dijadikan nama kedai Anda. Atau jenis2 teh. Bisa juga peralatan minum tehnya. Atau kalau mau unik, cari nama berbau etnik atau yang sesuai karakter teh (harum, wangi, nikmat). Sekedar sharing, contohnya:
      – Earl Grey Tea Cafe
      – Kedai Teh Parahyangan
      – Hijau Harum Tea Shop

  5. salam..
    bisa bantu saya ya ? saya pingin bikin PT. tapi bergerak di
    beberapa bidang: jasa periklanan dan broker batu bara.
    kira2 pake nama apa ya ..
    terimakasih banyak ya..

    • Waduh, terlalu luas nih. Bisa pakai nama Anda atau keluarga, tapi kalau periklanan tambah saja “Advertindo” belakangnya. Jadi misalnya “Djawawi Advertindo”. Kalau broker batubara yang mengesankan profesional seperti PT Erindo Berdikari (ada unsur nama Anda) atau PT Djawa Coal Brokerindo (nama keluarga+jenis usaha).

    • Wah, ini kursus “palugada”? Soal izin bagaimana? Memang boleh ya? Untuk nama depan, gunakan konotasi “sukses” atau “pintar”. Tentu belakangnya harus ada “Course”, atau “Lembaga Kursus” di depan. Kalau mau, bisa juga gunakan “Palugada Course” atau “Lembaga Kursus Aneka Jurus”. 😉

  6. salam…….
    saya rencana mau buka counter hp layanan service,acesoris,dll.
    nah,lokasi saya ditepi jln Raya Lintas Timur – lampung. posisi
    jalan ada yg lurus,ada jg yg agak nikung kekanan krn jalan baru.kalau dilihat dr tempat toko saya jalan bercabang itu ada disebelah kiri/pojok toko yg akan saya kontrak. untuk itu saya mohon sarannya kalau saya beri nama “POJOK CELLULER” itu bagaimana ya…? atau ada nama lain yg cocok bt saya.mohon infonya dr teman2 agar bersedia membantu saya tolong dkrm ke email sy. amri_wu@yahoo.com
    thank’s

    • Tidak perlu bingung kalau untuk nama toko. Karena nama toko bukan brand sebenarnya. jadi bisa gunakan nama Anda, nama kelompok, nama daerah asal/etnis, atau kata sifat. “Pojok Celluler” boleh saja, atau “Lampung Jaya Celluler Shop”.

    • Nama pemilik saham saja digabungkan, lalu tambahi “Drilling” di belakangnya. Atau nama daerah operasi tempat Anda mendapat hak pengelolaan ditambah kata-kata berkonotasi “gagah” atau “sukses”.

  7. salam…dulu tempat usaha saya dipinjami oleh mertua.setelah berjalan 4tahun,tempat dan nama usaha diambil kembali oleh mertua saya.jenis usaha saya berdagang aluminium dan rak display pakaian. sekarang saya diminta untuk berdikari sendiri.mohon bantuan teman-teman nama apa yg cocok untuk usaha saya ini.atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Perencana konstruksinya itu konsultan? Biasanya sih pakai gabungan nama owner. Tapi kalau dirasa kurang “komersil”, maka ambil karakter konstruksi misalnya “kuat, tangguh, jaya” semacam itu. Misalnya Widya Karya Konstruksindo (terilhami dari Wijaya Karya-Wika).

  8. saya ingin buat /jualan baju casual khusus untuk kerja, apa ya nama yang cocok untuk brand saya?? tadinya pengen pake nama saya tapi sepertinya nama saya tidak komersil… bisa bantu??

    • Baju kerja? Lihat karakternya saja mbak/bu Wiwiek… Harus dirumuskan USP (Unique Selling Propostion)nya. Misalnya baju casual ibu terbuat dari bahan katun anti panas, maka bisa dinamai Unique Cotton. Atau merek singkat berkaitan dengan karakter “kerja”. Misalnya nama “Career”, “Success”, “Bright”. Atau bisa juga permainan kata unik: “Wieker” artinya Wiwiek Kerja 😉 atau “Cassy Bussy” artinya Casual for Bussiness. Banyak sekali sih alternatifnya, tinggal pilih aja mau yang pola seperti apa.

  9. Mas, Saya berencana untuk bukan agensi untuk percetakan seperti billboard, spanduk, baliho tp juga bisa buat undangan, kartu nama, flayer dll.
    Menurut Mas Bayu nama apa ya yang cocok untuk usaha Saya ini.
    Terima kasih Mas

    • Percetakan? Pakai nama sendiri aja, siapa takut? Kan malah bisa ngetop. Tika Advertising. Atau cari kesukaan atau karakter Tika, misalnya Imoet Advertising atau Dora Advertising.

      • Mas, sy ingin buka usaha jualan baju,kerudung nama yg cocok buat usaha sy ap ya ? Boleh mnta saran ?

  10. salam kenal,
    mas bayu saya mau bwt perusahaan yg bergerak di bidang Advertising (PERIKLANAN)dan Printing (PERCETAKAN)…kira-kira nama ap yg cocok untuk perusahaan saya in ,karena berkali-kali saya gagal dlm bidang ini dengan nama2 yg berbeda!! nama aph yg mungkin membwa hoki bagi perusahaan saya,,,??
    trimakasi banyak

  11. salam kenal,
    mas, dalam wkt dekat sy akan membuka usaha timung (spa klo di kota2 besar). Tapi masih bingung neh nentuin namanya. Kira2 yang hoki dan yg bagus apa ya?

    Trims sebelumnya atas jawabannya. Klo mampir ke tanjung-tabalong boleh mampir lho ke tempat saya. Gratis tis!!

    • Timung? Wah, menarik tuh! Namanya saja unik 🙂 Kalau bisnis di bidang yang sifatnya rekreasi, apalagi sudah spesifik yaitu spa, dilihat saja karakter bisnisnya seperti kata-kata segar, refresh, enak, bersih, atau puas. Cari nama yang berhubungan dengan itu. Kalau bisa dengan bahasa daerah lebih bagus lagi. Oke?

  12. mas aku mau tanya …ada temern saya yang ingin membuat perusahaan penerbangan yang bernama PT.Megatama Air Transport..itu hoki gak yach kira-kira

    • boleh aja sih. sebenarnya prinsipnya biar mudah diingat saja, jadi harus memenuhi USP-nya. kalau urusan hoki, aduh, saya sebenarnya bukan pakarnya tuh…

  13. halo m.bayu,, sy rencana mau buka usaha jual alat2 yg berhbgn dgn sklahn,kntr, yg pantes biar sukses ksh nama apa yach,,trms

    • aduh, nggak berani ah kalau harus menjamin sukses. hehe…
      tapi, kalau mau gampang diingat, cari kata sifat yang masih berhubungan dengan produk yang akan dijual.

  14. mas aku rencana mau buka usaha laundry..kira2 nama yang hoky buat usaha laundry apa ya? makasih…

  15. mas bhayu, nyambung ttg nama utk usaha timung nih. Klo sy kasih nama “rumah timung'” gimana? soalnya msh bingung klo disesuaikan sm karakternya. Please kasih beberapa contoh nama dong kayak yg diatas.. Thx a lot!

    • timung? maaf, saya bego nih. pas saya search di google kok yang muncul sejenis pijat yang malah agak menjurus ke arah negatif ya? mungkin sari bisa terangkan dulu apa itu timung.

  16. gini lho mas bhayu, timung itu sm dgn mandi uap atau sauna. Jd kata timung itu sebenarnya berasal dari kalimantan. Saya juga baru tau kok kalau timung di kota2 besar ternyata artinya sm dgn pijat plus2, setelah search di google jg hehe… Tp klo di kalimantan timungnya ga pake pijat2. Cuman kalo mau bisa dilulur dulu sblm ditimung, tp lulurnya khusus buat wanita aja. Klo yg tradisional bgt timung itu caranya : panci direbus dgn rempah2 sampai mendidih. Kemudian org yg akan ditimung duduk dikursi, nah panci rebusan td ditaruh disamping atau dibawah kursi. Lalu, org td ditutup dgn kain atau tikar kecuali bagian kepala. Tp usaha yg akan saya buka tdk seribet spt yg sy jelaskan diatas. Jd org yg mau ditimung cukup masuk ke dlm sebuah ruangan, yg kemudian dr ruangan tsb akan keluar uap dr hasil rebusan rempah2. Jd lebih privacy dan nyaman tentunya (ga ribet gitu loh!). Saya yakin mas bhayu dah paham banget kan? So ada ide ga mas untuk namanya? Kalo rumah timung gmn mas??

    • Well, terima kasih penjelasannya. Untung dijelasin, kalau nggak saya bisa dianggap kolaborasi sama “dunia lain” nih. Krn Sari tau sendiri ada konotasi negatif dari “timung”, maka selain nama, perlu dipikirkan pula tagline yang menjelaskan. Namanya pun ditambahi agar konotasinya positif. Misalnya “Rumah Timung Bersih”, “Rumah Sauna Tradisional Timung”, atau semacamnya. Tagline-nya bisa seperti “Terapi tradisional asal Kalimantan. Segar, sehat & bersih.” semoga membantu.

  17. Mas, saya mau buka usaha semacam rumah produksi, include video shooting, editing, pembuatan video klip, company profile dll.. nama yg bagus apa y n unik? mta sarannya donk.. thx.. saya kepikiran fresco production.. (fresco tuh bahasa italy artinya keren(cool) ) punya usulan lain gk? thx before….

    • Boleh saja kalau mau pakai “fresco production”. Alternatif lain bisa dicari bahasa asing (suka Italia ya?) yang artinya “kreatif”, “gaya”, atau “muda”.

  18. mas bayu,dlm waktu dekat ini rencananya sy mo bikin PT,yang usahanya dibidang tehnik,misal: repair/cleaning/jual-beli/overhaul AC dan Mechanical &electrical Kontraktor. Kira2 nama yang pas untuk usaha sy apa ya?…tolong dibantu ya?.. Thanks.

  19. mas by…..saya pingin usaha kuliner >> warung bakso
    1. tolong bantu kasih nama
    2. kalo mau survey caranya gimana sih.
    3. tq bantuanya

    • Halo Djoko…

      (manggil sy caranya unik nih, hehe)

      1. Nama? Pake nama sampeyan aja, khan khas tuh? Kalau usaha makanan apalagi yg umum sebaiknya pakai nama pemilik saja. Kecuali ada khasnya, misalnya “Bakso Rudal”, atau “Bakso Urat Baja” misalnya.
      2. Survey utk apa ya? Caranya banyak. Bisa blind test kepada orang lewat utk menentukan bakso mana yg mereka suka. Atau pakai kuesioner. Cuma jangan lupa, dalam survey selalu ada imbalan bagi responden (yg disurvey) krn sdh meluangkan waktu.
      3. Sama2 🙂

  20. mas by aku mau usaha kopi bubuk kemasan tnlng mngkin mas by ada referensi nama untuk produk sy biar bisa diterima pasar…sblmnya aku ucapkan banyak trimaksh atas maskanya…

    • Untuk diterima pasar jelas perlu riset dulu, and it’s not free you know 😉 . Tapi untuk di sini Anda bisa pakai asal atau jenis kopinya, atau nama Anda. Btw, nickname Anda (Gejoh Bumi, atau itu nama Anda?) kan unik, bisa saja pakai Kopi Bumi kan?

  21. mas bayu aq mu buka kelas pelatihan hipnoterapi dan hipnotis kira-kira nama buat pelatihanya apa ya supaya orang-orang tertarik untuk mengikutinya. thanks.

    • Riset yang sudah ada dan ngetop. Buat pelesetannya. Atau gabungkan nama Anda dan jenis usahanya. Itu resep gampangnya.

  22. Mas Bhayu, saya baru membuka uhasa kecil menjual SEMBAKO. Saya ingin memberi nama untuk kios saya, tetapi saya bingung. menurut mas nama yang cocok itu apa ya mas? Sebelumnya makasih ya atas jawaban Mas Bhayu.

  23. mas bhayu,saya mau buka usha kecil menjual sembako ato klontong.saya ingin memberi nama toko saya,tetapi bingung.menurut mas bhayu kira2 nama yang cocok itu apa ya..sebelum dan sesudahnya makasih atas jawaban mas.wss

  24. Salam Kenal Mas…

    Sy sudah punya usaha yaitu Warnet, Game Online, servise n accersories komputer serta usaha steaman mtr…
    tapi akhir akhir ini sy ingin ganti nama usaha sy..
    kira kira apa yg cocok yah mas..

    Trima kasih ..

  25. mas…aku punya usaha toko camilan. tapi aku bingung mau dikasih nama apa? tolong donk mas bantu saya…terima kasih…

    • Saran saya bisa pakai nama daerah asal Anda, atau kata2 yg menunjukkan sifat seperti “Lezat”, “Enak”, yg bisa dipercantik menjadi “Uenak” atau “Kriuukk”. Semacam itu.

  26. mas, nama apa yang bagus untuk training penerbangan dan toko yg bergerak dalam penyediaan barang2 kebutuhan aviasi.makasih sebelumnya. salam kenal.

    • gunakan saja istilah yg berkait dunia dirgantara & sifat2nya. misalnya gabungan nama anda dg kata aviasi=eviasi training 🙂

  27. kalo nama untuk sebuah bimbingan belajar kira2 nama yang unik apa y?
    mohon bantuannya ya.makasih

    • Utk bimbingan belajar bisa gunakan nama kampus asal anda & rekan2 pendiri, tapi disamarkan misalnya dgn elemen lambangnya. UI=makara, UGM=melati (ingat ada Primagama?=UGM) Atau kata2 yg berkonotasi kepintaran, kecerdasan, keberhasilan, intelejensi.

  28. Hai.. mas,
    kalo mw bikin toko souvenir utk pernikahan,dll. nama yang unik,lucu,keren (gampang diinget) enak di baca, ksi solusi pliis 🙂 email yaaah…

    thanks a lot

    • e-mail ke mana? wong ndak disisipin gitu lho… Di sini saja ya… Mungkin kalo utk suvenir pernikahan bisa “Sejoli Gift” atau Toko Kado “Awet Jodoh”. Lucu kan ? 😀

  29. Mas aku punya usaha kertas utk cash register ,atm ,kertas antrian .utk nama yg cocok ,pakai nama apa ya mas? and good brand.Thx

  30. Mas,
    saya mau buka usaha makanan, lebih sepesifiknya snack berupa aneka bakso seafood yang digoreng kemudian diberi bumbu dan saos. Kira-kira nama apa yang pas, mudah diingat dan langsung nyambung dengan produk yang saya jual? Thanks a lot.

    • Wah, mustinya saya dikirimi dulu contoh produknya nih, baru minta nama. Hehehe. Ini produk kemasan atau dijual fresh di counter ya? Agak beda soalnya…

      Kalau counter mungkin bisa “Cemal-Cemil” atau “Solenak” (Bakso dicocol enak). Kalau kemasan… hmm, ini musti agak survei dulu.

      • Thanks Mas Bhayu atas reply-nya. Ini produk yang dijual fresh di counter, jadi namanya kena banget… Cemal-Cemil atau Solenak.

    • Toko Sembako “9” (kan sembako itu sembilan bahan pokok?) atau “Toko Komplit” atau gunakan nama daerah Anda dan digabung istilah berkonotasi “kualitas”.

  31. Wuih.. sulitnya cari nama usaha…

    Lebih ribet lagi kalau kita mikirin nama domainnya, cari yang belum ada di internet (kalau kita berencana bikin website untuk perusahaan kita). Apalagi kalau kita cari yang TLDs nya .com.

    Thanks mas atas sharingnya….

    • Sekali lagi, saya bukan ahli hoki2an. Usaha listrik, bisa pakai nama karakter fiktif yg berhubungan. Misalnya “Gundala Electrical” atau “Toko Listrik Flash Gordon”. 🙂

  32. mas bhayu,
    saya mau buka warung pempek, kira2-kira nama yang cocok apa ya, kalo pake nama soalnya nama saya terlalu umum..
    Tks

    • Pempek pasti yang teringat langsung nama “Wong Kito Galo”. Tapi itu sudah banyak. Gunakan bahasa Palembang yang artinya “enak”, “lezat”, atau semacamnya. (Maaf saya bukan orang Palembang, jadi tidak tahu). Kalau mau bisa juga gunakan karakter unik seperti nama “Pempek Pak Raden” (pernah dengar?), mungkin mau “Pempek Si Unyil” atau “Pempek Ben-10”?

  33. pakkdhe bayu…saya akan buka usaha foto copy + sablon dan semua urusan tentang cetak. dan saya sudah punya 2 nama. ”warung cetak” dan ”HT fotocopy dan sablon”. kedua nama tersebut mau saya pakai bersamaan. nah yang saya mau tanyakan.. bagus nggak kalo pakai bersamaan, atao saya pake salah satu, dan mohon idde laen nama yang lebih memikat pelanggan. karna sudah banyak usaha sejenis di pinggiran kota. sedang saya buka agak masuk kampung.. mohon bantuannya.. matursuwun

    • HT itu apa ya artinya? Kalau “Warung Cetak” sudah cukup unik sih. Kalau mau, gunakan saja “Warung Cetak” untuk semua usaha itu, baru di bawahnya terangkan dengan semacam tagline: “Melayani segala kebutuhan cetak Anda (offset, printing, fotocopy)”.

    • Kalau nama toko, tidak perlu repot. Pakai nama Anda saja, atau nama daerah asal, atau tokoh/karakter kesukaan Anda.

  34. Wah, ternyata mencari nama susah ya? Maaf kalau dibalasnya lama. Karena seringkali comment-nya tenggelam di antara yang lain.

      • Ooh, Pusat Pembayaran Online Bersama ya? Itu juga saya cari-cari habis masnya gak jawab. Utk ini sebenarnya tidak perlu repot karena bukan merek. Jadi pakai saja nama daerah, nama Anda, sifat yang bagus, atau hobi Anda. Misalnya “PPOB Wakhid” atau “PPOB Rapih”

  35. ass mas, saya mau buka outlet baju muslim anak dan ibu, baiknya nama apa yg cocok untuk usaha saya, yg bernuansa islami dan mempunyai arti yg baik. terima kasih.

  36. permisi, mas klo mo buka usahanya di bidang kaca hias/seni
    nama untuk tempa usahanya yg baik apa ya?
    tks..

  37. ass mas..
    saya kan udah buka usaha kue kering dalam kemasan,
    tapi bingung mau kasih nama merk’a, kue kipang kacang yang saya produk… dikirim ke email saya aj ya mas contoh nama’a, chairul_muarif@yahoo.com. sebelumnya terima kasih ya mas.

  38. Mas,
    Saya ingin buka usaha batik ( juga online), tadinya mau pake’ nama “rumah batik”, ternyata udah ada.
    Saya kepingin pake’ nama yg simple, mudah diingat sekaligus komersil, nama apa yg cocok?
    Trims sebelumnya.

    • Perhatikan nama-nama terkait batik, misalnya pola batik, atau alatnya. Kalau tetap mau pakai kata “batik”, bisa dipadu nama Anda atau daerah Anda. Atau “kulakan batik”.

  39. Assalamulaikum mas bhayu

    Mau tanya, saya rencana mau buka counter hp layanan service, acesoris, dll.

    Kira2 nama yang cocok untuk usaha counter yang simple, mudah diingat, mebawa hoki dan komersil..

    thx.wassalam

  40. Mas bayu sy mau buka usaha klinik kecantikan dan perawatan tubuh smcm skin and body treatment,kira2 apa ya nama yg gampang di inget..thanx ita

  41. pak, saya mau buka onlineshop lebih ke aneka barang2 bwt anak2, nama yg komersil apa yah
    aneka barang lah bisa di bilang, ty

  42. salam,,,nama yg bagus buat klinik apa yahtentunya yg bsa di inget dan tentunya bawa hoki,,danjuga bsa bw manfaat byk buat khalayak,,,,mksh yah p bayu,,,

  43. Mas rencananya mw buka rumah makan, masakannya khas padang tapi aq bingung mau dikasih merek apa…? Tolong dikasih masukanya mas ya

  44. wacana yang sangat menarik mas, saya sempat bingung juga ketika mau usaha percetakan, secara cepat langsung saya kasih nama cetakmurah dijjogja.
    tapi lama2 saya pikir kok spertiya aneh .. ya. kesannya spam banget … sebaiknya saya ganti gak mas?

  45. gini,sy pengen buka toko,tapi isinya macam,seperti baju,rok,jilbab,aksesoris,n barang campuran lainnya,klo bisa mnt pendapat nama yang bagus untuk toko sy???tolong ya secepatnya.thn.x

  46. mas..saya mau buka usaha sejenis butik yang menjual baju.sendal,sepatu serta acessoris.khusus wanita..saya mau minta ide untuk nama depannya aja.kalo butik kan terkesan mahal dan sdah pasaran namanya..kira2 apa ya mas?apa rumah wanita ataw shoping house?mon masukannya y.trmaksh

  47. pak, saya mau buka training robotika di manado. Tapi sampai sejauh ini saya masih belum dapat nama usaha ini. kebetulan dimanado juga belum ada usaha yang sama. dan manado sedang perkembangan dalam teknologi. kira2 nama apa yang cocok untuk usaha saya ya? dan saya ingin berkegark dibidang edukasi. tolong pencerahannya pak…!

    Harmon VD

    • Bisa gunakan “Robotics Education” atau “Robotics Training”, atau “Manado Robotika” atau “MR Training/Education”.

      • Salam Kenal Pak dlm waktu dekat ini rencananya sy mo bikin CV, yang usahanya dibidang tehnik,misal: Konsultan Teknik/ual-beli/dan Mechanical &electrical Kontraktor. Kira2 nama yang pas untuk usaha sy apa ya?saya punya nama idola saya Yaitu Wisanggeni, tolong di bantu nama belakang/atau depan saja : Trims

  48. pak..saya mau buka loket online pembayaran/pembelian dan juga saya sudah jualan online shop yg menjual segala fashion wanita/pria….tapi posisi saya masih temporary office (sekarang di minahasa-sulut) , kemungkinan nanti pindah juga di wilayah jawa pakk…..saya suka pakai nama Ryana…dan online shop saya sdh ada “SuperCute Shop”…gimana membuat nama yg hoki n bisa digabungkan antara nama loket, nama saya, n nama online shop saya???biar diambil dikit2 yg penting mudah diingat n mengena hati konsumen…..makasih penjelasan sebelumnya….n sarannya…

  49. Salam Kenal Pak dlm waktu dekat ini rencananya sy mo bikin CVyang usahanya dibidang tehnik,misal: Konsultan Teknik/ual-beli/dan Mechanical &electrical Kontraktor. Kira2 nama yang pas untuk usaha sy apa ya?saya punya nama idola saya Yaitu Wisanggeni, tolong di bantu nama belakang/atau depan saja : Trims

  50. Pak saya minto tolong, buat nama Konsultan Dibidang Teknik, kalau bisa nama tsb ada nama tokoh pewayangan, trim atas bantuannya

  51. mas, saya mau buka franchise kopi, teh dan buble dalam satu produk. Kira2 nama yg mudah diingat apa ya?

    • Buat pelesetan dari yang sudah ngetop. Saya pernah tahu ada produk bernama “Semerbak Coffe” yang jelas pelesetan cerdik dari “Starbuck”. Riset saja dulu brand yang sudah ada, lantas ATM=Amati-Tiru-Modifikasi (meminjam istilah Tung Desem Waringin).

  52. pak, jika saya memiliki satu pt, namun ingin bergerak di dua bidang. apakah masing2 bidang tersebut bisa memiliki nama sendiri? contoh, jika nama ptnya adalah PT. suka maju, untuk divisi jasa cuci mobil saya beri nama cuci bersih dan untuk jasa pijat saya beri nama pijat sehat.

    untuk nama divisinya tersebut apakah harus dipatenkan juga agar tidak diambil oleh orang lain?

    terima kasih

    • Bisa. Tidak masalah. Brand dari satu PT bisa banyak, nama divisi juga. Tapi bila berkembang, lebih baik dibuat PT terpisah. Brand pun sebaiknya dilindungi hak ciptanya.

  53. Pak, minta saran dan urun rembuknya ya.
    saya punya usaha dibidang general kontraktor, khususnya bi bidang telekomunikasi ( usia sdh 6 th ) . Nama perusahaan saat ini CV Pratama Jaya . ( pratama diambil dari anak ke-1 saya ) . saat ini saya dituntut untuk bikin PT , krn permintaan dari owner. nama yg saya pilih antara lain:
    1. PT Mulya Pratama
    2. PT Mulya Karunia
    tapi setelah didaftar tdk bisa pake nama itu, krn sdh ada yg pake.
    alternatif nama saat ini adlh :
    1. Mulya Karunia Artha
    2. Mulya Artha Karunia
    ” Artha” adalah nama anak saya ke-2 ( Artya Sativa Firyati )
    saya inginnya namanya ada Mulya nya dan nama anak saya.
    mohon sarannya Pak, nama apa yg bagus dan mudah dikenal dan diingat.

    Thanks

    Astutik & Fitarianta

    • Bu, nama PT sebenarnya bisa apa saja asal sesuai filosofinya. Tapi yang lebih penting adalah brand-nya. Karena usaha Ibu adalah kontraktor, maka kalau bisa singkatan PT-nya “bunyi”. Contohnya “Wika” yang kepanjangannya Wijaya Karya. Kalau harus ada Mulya dan Artha-nya, saran saya cari yang akronimnya bunyi. Yang terpikir oleh saya adalah EMAS General Contractor. EMAS= Elang Mulya Artha Sarana, atau dicari kepanjangan E dan S yang lain.

      • Thanks Pak atas masukan nya, saya sangat senang mendapat masukan yang sangat berharga ini

        ada lagi nich Pak,,,,,
        sekarang ini kita berencana mendirikan klinik kesehatan ( poliklinik ), nama yang cocok untuk klinik tersebut apa ya Pak, Lokasinya di daerah Waru Gunung Surabaya .

        Terima kasih sebelumnya
        Wassalam
        astutik

  54. Mas saya mau buat cv bagian kontraktor dan pengadaan barang kira kira yg mudah di ingat apa yah saya domisili di alor..rencananya mau buka juga rumah makan jadi menurut mas yg nama bisa cocok buat ke 2 nya apa yah trims…..

  55. asslmkm bang, saya mau buka usaha kafe bg, yg ingin saya jual aneka gorengan, bakso, es koteng, es campur, es teler, dan es campur, menurut bang bayu apa nama yg cocok untuk usaha kafe yg ingin saya buka ini bang…

  56. bro…saya mau mendirikan CV, tapi masih bingung milih nama yang pas dan cocok untuk CV tersebut…
    Saya lulusan Teknik Informatika, jadi maunya CV tersebut, besar kaitannya dengan jurusan dan skill saya… selain dalam dunia jaringan komputer, dapat juga maintanace, service, pokoknya dalam dunia IT. Makasih sebelumnya….

  57. salam kenal mas…
    saya mau buka usaha Mie Ayam di sebuah foodcourt jalanan…
    terus FC itu dLm keadaan menurun traficknya…
    kira2 Nama apa ya yg cocok unik, menarik, bisa bawa keberuntungan,,??? hehehehhe,,,,,tHx,,,;)

  58. salam ya mas bhayu.

    saya punyai SPA rawatan tradisional ratu solo, produknya branded ratu chantek, bisa mas cadangkan nama yang sesuai untuk kompany saya agar energy nya bisa hottest , demanded.trimas

  59. mas, saya mau buka rental novel/komik/majalah dlm wktu dkat ini..
    sya mohon masukan dri mas bhayu, nama yang cocok apa ya?>
    trmkasih bnyk sblm ny mas..

  60. Mas Bayu,,,

    dalam waktu dekat ini kita akan mendirikan poliklinik / medical center untuk umum, kira – kira nama yang cocok apa ya Mas,yang mudah diingat juga ,, lokasinya di daerah Waru Gunung Surabaya.,,, sasaran kita melayani pegawai komplek pabrik”, karena kebetulan komplek industri lumayan banyak.
    mohon masukannya ya Mas, kita tunggu
    terima kasih

    Wassalam
    Astutik

  61. malam. pa mohon bantuannya, saya mau buka klinik madya 24 jam. tapi usaha saya ini joint dengan teman-teman, cuma saya kesulitan cari nama yang pas buat klinik saya yg intinya ada unsur kerjasamanya, kira-kira nama yang cocok apa ? dan yg pasti bisa bawa hoki. terima kasih

  62. mas, sya mau buka toko online yg menjual spatu, tas, bju, sabun u/ wanita, nama yg bgus kira2 apa mas, mkasih

  63. mas by, mohon bantuannya saya mau buka toko komputer serta aksesoris komputernya.
    saat ini sudah berjalan usaha warnet. lokasi di kota Lahat. bagusnya apa ya mas by…..

    • Gunakan nama terkait komputer atau teknologi tinggi. Digabungkan nama tempat juga bagus. Misalnya “Lahat Bug Computer Shop” atau Toko Komputer “Blue Screen”.

  64. mas, tlng donk ak mau buka warung makan. garasi rumah disulap dibikin warung, soalnya di deket rumah dibikin kampus amikom, kira2 nama yg hoky apa ya? thx

    • kalau warung atau toko, karena bukan brand, tak perlu repot. gunakan nama sederhana seperti nama diri atau spesifik terkait barang yang dijual. Kalau mau mengkaitkan dengan kampusnya, bisa gunakan kata-kata terkait dunia pendidikan tinggi. Misalnya “Warung Compie” atau “Compie Coffee” atau “Resto Mumergil” (Mumergil=Murah-Meriah, Gila!)

  65. mas bayu, tlog bantu rahma cr nama untuk kursus komputer lokasinya d pinggir jalan lintas sumatera? d tggu balasannya thanks b4

  66. mas bayu, tlog bantu rahma cr nama untuk kursus komputer lokasinya d pinggir jalan lintas sumatera? d tggu balasannya thanks b4. email:rahma.yanti2486@yahoo.com

    • Kursus komputer harus menunjukkan teknologi yang terkandung di dalamnya. Bisa menggunakan istilah komputer seperti “byte” atau “tech”. Bisa digabung dengan lokasi seperti “Lintra Tech Computer Course”. (Lintra=Lintas Sumatra).

  67. mas saya berencana jualan baju bali, tas bali, lulur, kacang dll kira2 nama yg cocok apa ya mas??? Yg mudah diingat orang

    • Ya nama yang terkait Bali duong. Bisa “Bali Bagus”, atau “Pernik Bali”. Karena nama “Bali” cukup menjual, saran saya tetap disertakan.

  68. tlg bantu cari nama utk toko sy yg rencananya mau utk jual tas,sepatu dan sendal yg mana namanya nanti gampang utk di ingat…Trims

    • Nama Anda gampang diingat orang kan? Kalau merasa kurang seksi, gunakan nama terkait barang yang Anda jual. “Chic”, “Keren”, “Gaya”, atau semacamnya. Gampang toh?

  69. mas bayu, bntu saya bkinin nama untuk usaha coffe shop dan roti bakar yang baru mau aq buka dong. thx b4

    • Sebenarnya tergantung skala usahanya. Tapi saya asumsikan Anda punya semacam tempat usaha yang memadai untuk ini. Dengan kelas yang barangkali mengacu kepada “Starbuck”. Maka, buat pelesetan dari merek terkenal atau gunakan kekhasan Anda. Pernah dengar “Roti Bakar Eddy” kan? Kenapa tidak pakai “Roti Bakar Dian”? Kalau dua usaha ini digabung, maka yang lebih besar yang digunakan, yaitu coffee shop-nya. Gunakan kata terkait sifat dari kopi. Bisa asalnya, bisa wanginya, bisa warnanya. Misalnya “Hitam Pekat Coffee Shop” atau “Nasgitel Coffee”. (tahu artinya “nasgitel” kan?). Btw, kapan saya diundang launchingnya nih? Hehehe.

  70. mas bhayu, saya berencana ingin menjalankan usaha rental sound system. Saya sudah mencari beberapa referensi dan kata belakang selalu diakhiri ‘sound’. Saya berencana untuk membuat 2 kata tapi kata depannya saya masih bingung. Ada usul? Thx mas.

    • Gunakan saja kata terkait sifat suara atau sound. Seperti “lantang”, “desau”, “gemuruh”, “gelegar” atau semacamnya. Bila mau bahasa Inggris, bisa gunakan kata seperti “Boom”, “Mach”, “Loud”, “Blast”. Kata ini bisa digabung dengan nama Anda (Perkasa keren tuh…) atau kata bermakna USP (Unique Selling Proposition) usaha Anda. Misalnya “Gemuruh Perkasa Sound” atau “Jakarta Boom Sound”.

  71. mas..sy mau buka usaha service computer tapi mau sy kasih nama GANJIL COMPUTER menurut mas gmana??

      • “Ganjil Computer”? Kalau memang merasa itu unik ya tidak apa. Walau bagi saya pribadi terkesan nyeleneh. Intinya, kalau itu nama toko/tempat usaha/restoran, tidak perlu memikirkan nama sampai terlalu njelimet. Karena itu bukan brand suatu produk massal. Utk toko/tempat usaha/restoran, yg penting adalah lokasi dan tentu saja service-nya. Customer hampir tidak peduli pada nama toko/tempat usaha/restoran ybs. Begitu…

    • Kurang spesifik petunjuknya. Saran saya ambil kata/istilah dari bahasa Jawa yg mencerminkan camilan anda itu. Misalnya “Uenak”. Anda bisa brainstorming dg partner bisnis Anda utk ini.

  72. Mas. . . tlong bantuin saya nyariin nama usaha saya ya mas.
    Saya ingin membuka usaha gorengan bakwan. Bakwan ini saya kreasikan bentuknya seperti hati (love), selain itu bakwan juga saya variasikan dgn berbagai rasa (isian), ada rasa bakso, sosis, jamur, udang dan cumi.
    Kira2 brand apa yg cocok untuk usaha gorengan bakwan saya ini ?
    Mohon pencerahannya ya mas . . .
    Kalo bisa saya minta berbagai referensi nama, biar nanti saya yg pilih.
    Mkasih banyak ya mas, ntar saya undang deh mas ke launcingnya di pekanbaru . .hehe

    • Sori banget, kalo brand perlu riset dulu. Tapi gini deh, biar gampang, kombinasikan saja nama yang berasal dari keunikannya dan nama daerah anda. Ingat lho, kalau brand pada akhirnya harus didaftarkan ke Dirjen HKI utk mendapatkan perlindungan agar tidak dibajak orang lain. Oke?

  73. mas saya mau minta tolong nich dicariin nama untuk ol shop kuw..
    aku mau jual baju2 cw,,
    kira2 nama yg cocok untuk ol shop aku apa ya…

  74. Mas Bhayu, pengen rename perusahan di bidang geoteknik, pondasi, dan sipil. pengen milih nama perusahan yg bisa disingkatkan “panshi”,ato boleh jg kasih rekomendasi lain. trims!

  75. mas bro hehe saya mau buka cabang nih,,, usaha warnet, nama yang pertama “SysCampLink” maunya sih yang kedua dikasih nama can[K]ruk online 😀 gimana mas bro menurut anda?? trims

  76. mas.. tolong kasih saran dong kalau mau usaha buka toko emas bagus nya di kasih nama apa ? thanks.

    • Sesuai karakter emas saja: “Kilau”, “Kemuning” atau sifat yang diharapkan “Jaya”, “Kemenangan” yang bisa dipadu nama daerah atau nama Anda.

  77. mas.. saya sedang bisnis keripik singkong pedas.. tapi saya belum ada namanya.. kira2 apa ya nama yang bagus untuk usaha saya?

    • Singkong pedas? Banyak. Ini brand lho, jadi saya mustinya dpt bagian keuntungan. Hehe. OK-lah, do’akan saya saja ya. Utk singkong, bisa pakai nama padanannya dalam bahasa lain. Misalnya Tela (Jawa), atau Cassava (Inggris). Kalau dijual di Jawa, sederhana saja, bisa diberi nama “Telo Puedes”. Tapi kalau bukan di Jawa, Bisa diberi nama seperti “Telahot”.

  78. mas bay..tolongin dong aq mo buka tk online arahnya sih ke pakaian muslim, tp ada jg bbrp produk tambahan spt herbal dan cemilan…kira2 nama yg bagus apa ya yg gampang disearch orang..plisss help me ya ya, tq b4

  79. pagi, salam kenal
    keluarga saya ingin membuka usaha warnet, biro jasa, jual pulsa dan kursus bahasa inggris. kira2 apa nama yg cocok?

  80. pagi, salam kenal
    keluarga saya ingin membuka usaha warnet, biro jasa, jual pulsa dan kursus bahasa inggris. kira2 apa nama yg cocok?
    trma kasih mas

    • Pakai nama anda atau keluarga saja Bu, atau nama daerah asal keluarga. Apalagi jenis usahanya campur-campur begitu.

      • Tapi menjual gak ya kalau pakai Raharjo (nama belakang bapak) tapi jadi apa mas, soalnya ada tempat kursus B. Inggris juga??
        Semarhaja . . . .
        Raharjo . . . .
        aduhh bingung… -_-

      • Dipisah-pisah saja. Jangan satu nama utk berbagai bidang usaha.. Ini yg bingung PT-nya (nama badan usaha) atau nama usahanya? Kalau khusus utk bahasa Inggrisnya harus yang “nginggris” atau terkesan “intelek”. Misalnya “Raja English Course” (permainan dari kata Raharja) atau “Global Success English Course”.

  81. Saya berencana mendirikan sebuah communications agency, dimana nanti akan memberikan layanan konsultasi di bidang manajemen komunikasi, media, termasuk juga soal bisnis kepada para klien. Saya minta idenya, kira-kira apa nama yang paling bagus? Salam dan trima kasih.

  82. Salam sejahtera.. mas tolong bantu cari nama buat usaha ku yang bergerak di bidang jasa perawatan Baby dan anak (SPA baby) kemarin ada saran tuh TARINA Baby Care. yaitu singkatan nama q sama nama anak q. pinginnya bsk anak q yg nerusin… kalo menurut mas gimana bagus ndak apa sebaiknya diganti.. kalo diganti nama yg bagus apa ya?.. tlg cepet di balas soalnya barner mau dibuat nih…Thx.

  83. Mas. Memangnya brand dan nama usaha berbeda ya ?
    Saya sudah coba cari nama yg pas, tp tdk ktemu jg. Saya mohon mas bisa membantu memberi referensi untuk nama usaha kuliner saya ini. Makanan yg akan saya jual adalah bakwan beraneka rasa (isian/toping) dan berbentuk love.
    Thx cari nama yg pas, tp tdk ktemu jg. Saya mohon mas bisa membantu memberi referensi untuk nama usaha kuliner saya ini. Makanan yg akan saya jual adalah bakwan beraneka rasa (isian/toping) dan berbentuk love.
    Thx

  84. mas bhayu….
    bisnis saya yg lagi berjalan menggunakan initial nama anak seperti :
    M Gilang Pradito = mgp.net
    Nafeeza Alya Arrumy = “NAA” Keripik Kentang Balado
    mohon pencerahannya…keren gak? sebelum saya “paten” kan kedua brand tsb

    terimakasih

    • ​‎​السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.pak saya mau bikin tas serba 60.000 apa nama yang bagus pak ?

  85. mas mau nanya klo cari buat usaha fotografi kira2 yang bagus apa yah…
    ada referensi dari temenku namanya shijen itu bagus ga yah?
    menurut mas nama yang bagus untuk usaha fotorafi apa yah?
    dan apakah harus memakai nama fotografi dibelakang nama perusahaan tersebut..
    terimaksih.. mohon bantuannya

    • shijen artinya apa? kalau mau tegas pakai kata/istilah terkait bidang tersebut. bila mau di luar itu, ya belakangnya harus ditambah “photography”.

  86. Saya udh baca dari atas nih Mas, bisa bantu carikan nama PT utk outsourcing? lagi bingung, kalo bisa PT. NIxxxxxx Naxxxxxxx tapi ga tau mau dibikin apa, tapi senneng ntar nama pt -nya bs disingkat pt. NINA
    kita bergerak dlm penyaluran tenaga kerja dan melayani pengurusan visa tenaga kerja asing, juga service rental mobil dll.. thanks a lot masse, semoga semakin sukses lho.. TQ

    • Hehehe, ini nyuruh ya? Saya dapat apa? PT Ni… (dari nama Anda gitu?). Karena outsourcing bahasa Indonesianya “alih daya”, terkait dg SDM, gunakan kata terkait saja. Misalnya PT Nilai Luhur Insani… (kalau mau lebih detail, susah juga kalau cuma tanya-jawab di sini)

      • maap Mas Bhayu…. ntar kalo udh jadi bikin pt-nya sy konsult japri deh ya… saya udh tinggalkan jejak disni kok.. heeheee… masih browsing cari nama yg pas… Mas Bhayu emang Te O Pe…. Thanks, Indah

      • Monggo aja. Kalau cuma online memang susah. Karena membuat perusahaan termasuk namanya itu memang perlu ‘perenungan’ termasuk filosofinya. Terima kasih atensinya.

  87. selamat siang mas bhayu….
    saya ingin mnta masukan nama usaha ticketing,,namanya yang mudah diingat, simpel dan artinya baik,,,tlng ya mas..
    thanks,,,

  88. selamat malam mas bhayu..
    saya mau minta saran nama usaha ticketing sebaiknya apa ya,,nama yg mudah diingat, simpel dan artinya baik..
    thanks. . .

    • Ticketing? Dgn prinsip ATM (Amati-Tiru-Modifikasi), karena sudah ada rajakarcis yg ngetop, kenapa Anda tidak ambil nama “Ratu Tiket” saja? Kalau mau lebih mantap ya harus konsultasi (dan sori tidak gratisan, hehe).

      • hehe..saya kira hanya sekedar tanya jawab aja, ,thanks ya mas . .n saya mhon maaf…

  89. Slamat mlm mz bayu..
    Sy mo minta saran nich..sy mo mbuka usaha pkt lebaran yg diantaranya mulai dr daging,beras,sembako lainnya,kue2 sperti kue2 kaleng,minuman,alat2 skolah,bahkan smpe elektronik.intinya semua barang ada.apa nama yg cocok untuk usaha saya itu? Mohon bantuanya.tolong di jawab lewat email di malcomxtrem@yahoo.com.sblumnya trims

    • Semua barang ada? Wah, berarti “Palugada” dong? Bisa menggunakan kata yang bermakna “macam-macam”, misalnya “Serbaneka”, “Palugada”, “Warna-warni”, atau malah “Bhinneka”.

      Utk Ivan & yg lain, maaf pertanyaan via comment di blog ini tidak akan dijawab via e-mail. Jadi mohon mengunjungi lagi ke sini bila memang ingin tahu jawabannya. Terima kasih.

    • Pake nama2 yg berkaitan dg sifatnya. Misalnya Cantik, Beauty atau Biuti (cara membacanya), Kilap, atau mau Bling-bling? Terserah saja…

  90. mas bhay, kl mau buka distro baju/barang2 second di rumah cocoknya pk nama apa ya mas, matur nuwun

  91. malemm… mas bhayu..
    aku minta tolong cariin nama pt. yg bagus dan hebat
    maksii sbelumnya

  92. mas……kalo bergerak di bidang rokok bagus nya apa ya namanya…tolong kasi masukan ya,trims

  93. saya umu abror
    mas, insyaallah dalam waktu dekat sy mau buka toko tas dan dompet dengan konsep mini grosir. maksudnya barang yang sy jual itu boleh beli eceran tapi bisa dpt discount dengan ketentuan harga minimal tertentu.
    misal beli tas travelling hrg 200.000, dan tas sekolah anak hrg 100.000 dengan total belanja 300.000 sudah bisa dpt discount, dan belinya bisa juga campur2 dengan jenis produk yang lain..
    produknya semua jenis tas dan dompet. tas sekolah, tas wnt, tas ktr, tas travel, tas belanja, tas koper, tas hp, dompet anak dompet remaja, dompet boneka dll.
    tolong kasih beberapa masukan untuk nama toko yang pas, mudah diingat terutama tentang jenis produk yang dijual (tas dan dompet) dan konsep toko mini grosirnya itu mas.
    tlg bls secepatnya ya mas…. tq
    jazakallahu khoiron katsiron (semoga Allah Taala membalas kebaikan mas bhayu) amiiin….

    • Kalau pakai nama “Aneka Tas” biasa ya? Saya agak lama nih berpikirnya. Yang terlintas adalah: Tuntaz Tas, Gross Tas (gross itu pelesatan dari grosir) atau Grossip Tas (plesetan grosir, gosip dan sip), Toko Tas “Disco” (taglinenya bisa “Disco, selalu discount”), Dome Tas (Dome itu artinya kubah, tapi juga pelesatan dari Dompet), atau gunakan variasi nama Anda seperti “Istana Tas Ummi”.

      • saya jadi berpikiran pake nama “PETTAS” singkatan dari dompet dan tas… tapi kok kayaknya agak susah diucapkan dan kurang familiar ya mas…
        oh iya,. rencana kedepan memang saya ingin buat produk2 maklon dari tas dan dompet, dengan nama merk yang sama dengan nama tokonya gt,. gmn mas?
        “DISCO TAS dan GROSSIP” oke juga.
        menurut mas bay, lebih bagus mana “DISCO/PETTAS/GROSSIP”? kalo suatu saat mau saya buat untuk merk tas n dompetnya

  94. maz bayu aku punya usaha konter n udah ku kasi nama BRAVO JAYA PHONCELL….menrut maz bayu apa nama ini udah bagus belum …tolong beri masukan nama yg laen mza ..makasih banyk sebelumnya

    • Kalau utk tempat usaha, sebenarnya yg lebih penting dari nama adalah lokasi. Setelah itu ketersediaan barang dan pelayanan. Kalau mau alternatif lain pakai nama sendiri, nama yg berhubungan dg barang yg dijual atau yg menunjukkan harapan. Bravo Jaya kan sudah menunjukkan harapan. Jadi sudah keren kok 🙂

  95. mas mo nanya bagusnya apa nama toko yg akan ku buka dg usaha dagang pecah belah alat alat rumah tangga khususnya dapur….makasi mas

  96. Mas,sy punya usaha sarapan pagi nasi kuning dan bubur ayam dijambi,nama usaha apa ya yg cocok?di lokasi usaha sy ada tugu adipura tepat disimpang tiga jalan raya.tlg bantuin mas.makasih.

    • Mas Effendy, kalau usaha seperti ini yang lebih penting lokasi usaha dan produk serta pelayanan yang baik. Nama tidak perlu dipusingkan. Bisa pakai nama Anda, keluarga, lokasi atau hobby. Saran saya pakai nama sendiri biar dikenal, misalnya “Kedai Sarapan Bang Pendi”. Kalau lokasi di tugu Adipura mau dipakai sebagai pengenal ya gunakan saja “Warung Makan Simpang Adipura” misalnya.

  97. selamat sore mas bhayu,maaf mas saya mau tanya nich,nama apa yang paling hoky n membawa harapan untuk toko elektronik dan toko hp saya,kami sudah buka sekitar 3 tahun lbh tapi pakai nama sendiri,kami rasa itu ga hoki mas,jadi kami minta saran dan masukan nama yg bagus buat toko kami itu apa ya???thanks

  98. mas saya mau tanya’ neh, saya mau buka’ restoran yang menjual makanan berubahan utama dari sayuran dan buah, kira” nama apa yah yang bagus buat usaha saya tersebut ???? bingung neh .

  99. siang mas,, mau tanya nih, tolong kasih saran donk, saya mau ngerancang bikin usaha olline dan offline di bidang craft flanel, apa yah bagusnya ,, makasihh

    • Nama online dan offline itu bisa dibedakan, bisa tidak. Tapi sebaiknya tidak agar konsumen tidak bingung. Kalau kerajinan flanel, apakah itu berupa perca? Mungkin bisa “PerCantik”, atau “Flanelli”.

  100. mas bhay saya mau buka usaha aksesoris (kalung,gelang,cincin) handmade buatan sendiri plus baju2 serta menjual makanan berbau timur tengah seperti nasi kabuli, roti maryam dengan kuah, kare kambing dll kira2 nama yang cocok,unik dan mudah diingat apa yah? jadi bisa mencakup keseluruhan usahanya
    saya juga berencana mau memasarkannya secara online
    kita bisa berdiskusi mas? email saya alwiyahalmasyhur@yahoo.com

    • Wah, sampai 3 x memasukkan comment. Tenang mas Alwi, comment memang dimoderatori sehingga tidak bisa langsung muncul. Saya juga perlu waktu untuk membaca karena banyak spam masuk. Jadi sori kalau terlambat respon.

      Kalau mau berdiskusi privat tidak gratis lho… Di sini saya hanya menyarankan gunakan nama ala Timur-Tengah untuk usaha Anda, namun yang tidak terlalu sulit diingat dan dilafalkan orang kita. Selanjutnya kita lewat e-mail saja ya?

  101. mas bayu……saya rencana mau launching salon khusus perempuan beserta butiknya,..kira2 namanya apa ya?saya pengen yg islami, menarik dan menjual,…..terima kasih sebelumnya

  102. Mas..saya punya rencana bikin usaha hatchery (pembibitan) ikan,kira2 yang bagus n gampang diinget org apa ya mas namanya? mohon bantuannya ya.. thanks

    • bro, coba pikirkan istilah yg terkait ikan dan tempat hidupnya. bisa dengan berbagai bahasa. seperti dalam bahasa latin ikan itu ciro, atau tirta utk air. bisa juga nama-nama terkait bibit atau tunas. kombinasikan saja dengan nama anda, daerah anda atau nama yang bersifat kejayaan/kesuksesan.

  103. Halo, salam kenal, saya dalam waktu dekat ini akan buka toko baju dan accesories cowo, ingin mencari nama yang terkesan elegan dan gampang diingat, saya terpikir WAKAKA, ttp msh ragu karena WAKAKA terkesan main2 dan tidak begitu elegan, pasaran market kami dari umur remaja sama dewasa, fashion lebih ke arah metropolis style, mohon masukannya, thx a lot:)

    • Sori, kalau brand memang perlu pemikiran mendalam. Kalau mau konsultasi lebih lanjut dengan saya bisa kontak nomor yang ada di website pribadi http://www.bhayu.net. Di sini saya cuma bisa memberi saran, sesuaikan dengan karakter segmen pasar atau target market anda serta padukan dengan jenis produk yang anda jual. Namun kalau itu sekedar nama tempat usaha (sementara barang yang anda jual dari aneka merek), nama apa pun tidak masalah, asal dijelaskan dengan tagline apa yang anda jual. Misal: “WAKAKA”: “get all the boy’s need here”.

  104. gini pak,saya buka usaha bengkel campur kios jajanan,jadi saya beri nama “ALFA” berhubung t nama anak saya,gmn tu hokinya pak,arahnya keutara,tlng komentarnya pak?

  105. …selamat sore mas Bhayu, saya mau buka usaha laundry kiloan .apa ya nama yg cocok?

    • Yang terkait dengan kebersihan dan hasil kerja Anda. Misalnya “Apik”, “Resik”, “Kilau”. Kalau mau juga bisa ditambahi bagian nama Anda “Jaya”.

    • Laundry kiloan bisa yang terkait sifatnya (bersih, cemerlang, clean). Bisa gunakan “pelesetan” seperti “Klin” utk “clean”. Bisa juga padukan dengan nama Anda, lokasi Anda atau asal Anda. Yang pasti gunakan kata “laundry” atau “londre” atau “cuci kiloan” untuk memperjelas jenis usahanya… Hati2 ya, perhatikan merek2 sejenis yg sudah terdaftar agar terhindar dari masalah hukum.

    • mbak Ratih, nugget (dengan dua g) kan makanan, bisa pakai nama terkait rasa (lezat, enak, kriuk) atau asalnya yg dari ayam (chicken, ayam, petok2). Misalnya “Petok2 Nugget”. Lucu kan? hehe

  106. Mas Bhayu, saya Rara! Rencana mau buka usaha kuliner minuman kesehatan:
    Es Kacang Hijau,
    Es Jagung,
    Es Buah,
    Apa nama yang cocok yach? Terima kasih

    • hello Rara. ini jenis2 es atau minuman kesehatannya yang ditonjolkan? Kalau esnya bisa “Aneka Es” atau “Raja Es” atau “Toko Es Sagala Aya” misalnya. Kalau minuman kesehatannya, ya gunakan kata terkait seperti “Joss”, “Suehat”, “Sueger”… oke?

  107. Mas insya allah dengan izin allah dkt ini mau buka usaha percetakan, Cuci cetak photo digital dan studi photo yg rencananya saya gabung dlm 1 tempat. mohon saran buat nama usaha yang cocok buat usaha saya mas. terima kasih sebelumnya..

  108. Sore mas bayu ,, ich nmanya og sma ma ank Q ,, ma’af bcnda ,, nma apa z mas yg exsis & hoki buat usaha cafe caraoke sy ,, lokasi dkat pantai ,, dlunya cieh Queen cafe tp kyakaya krang teg gmn gt , tlog bantu z mas bayu , thanks ,by emi ‘

    • kurang. malah jadi seperti seafood restaurant. lebih baik cari nama terkait motor/automotif atau sifatnya seperti kecepatan.

  109. saya mau buka warung makan nih..,,bisa bantu kasi nama warung saya dunk..yg hoki gitu biar lariss :p
    thanks bangett yah..:))

  110. mas,

    pny referensi nama toko online di fb yg jual produk dari bali & toko di fb yg jual produk seprei n bedcover?

    tq

    • Terkait sifat “Bersih” atau malah “Motor”-nya. Bisa “Klin”, “Fres”, “Kinclong”, “Keren”, “Motor Nggilap”, dsb…

  111. mas bayu, salam kenal mas. mohon bantuan dong mas,sy bingung nyari nama untuk cafe saya (nga terlalu besar krn sy manfaatin halaman rumah) menunya ada pizza dan zuppa soup berlokasi disamarinda, yang bagus namanya opo ya mas? makasih sebelumnya atas sarannya.

  112. siang mas, sya mw usaha buka toko baju nama ny yg bgus bt toko sy apa y? mohon bantuan ny.. tq

  113. asslkm pak bhayu,
    saya baru buka percetakan (cetak kartunama,nota,kalender,dll) dan belum punya nama yang pas… untuk bidang ini nama belakng yang pas apa ya pak??? untk nma depan sudah saya siapakn: Youdee’s , rakha’s, Pragmati’s, dan YeeTee(nama sya n istri:yudhityas)
    matur nwun atas arahannya.

    • Nama belakang ya yang sesuai dengan bidangnya. Bisa “Printing”, “Percetakan”, “Cetak”, atau semacamnya. Tapi kalau itu bagian dari nama, sementara jenis usaha yang lain, cari kata sifat yg sesuai dengan usaha ini atau harapannya. Misalnya “Percetakan YeeTee Gemilang”, “Pragmati’s Platinum Printing”. Silahkan berunding dengan keluarga utk lebih mantapnya.

  114. Mas bhayu, tolong aku dunk,, tolong dunk nama yg bagus untuk usaha batu bara apa ya? Yg ada nama “syah”nya. Sesuai dgn nama pemiliknya. Thx,,

  115. perkenalkan saya hery…
    sedang merintis bisnis travel….kira2 nama yang bagus dan mudah di ingat apa ya…? thx banget mas by

    • Gunakan kata sifat dari perjalanan, misalnya “aman, cepat, nyaman” atau kinerja Anda “terpercaya, ramah, senyum”. Bisa juga hewan-hewan yang biasa dipakai transportasi “merpati, onta, kuda”. Tentu saja biar keren bisa pakai bahasa asing (Inggris, Latin, Arab). Tinggal ditambahi “travel” atau “travel agent” saja kan di belakangnya… 🙂

  116. Assalamualaikum mas Bayu …
    Sy mau buka / jualan Pakaian , baik dri Kios – online – Kira2 nama apa yg mudh di ingat , bnyak ide tp blm pas – smpt terlintas “GonG Collection” Kira nyaman tdk dilihat n didengarnya ? / mas Bayu ada refrensi sbuah nama. Mohn pencerahannya, makasih

    • Wa’alaikum salam Mbak Siti, Nama harus yang langsung membuat orang ngeh bahwa Anda berjualan pakaian. “GonG Collection” kalau dipakai sebagai nama toko/kios fisik boleh, tapi kalau online akan bias. Pastikan ada kata “baju, wear” atau semacamnya di nama Anda. Kalau online, bisa pakai nama semacam “baju-baju.com”. Kalau pakai nama Gong, mending pakai “Gong-Wear Collection”.

    • Wa’alaikum salam, ini butuh perenungan mendalam Bu Yunita. Kalau mau lebih detail sih kontak saya via e-mail. Tapi sekedar ide dasar, gunakan simbolisasi terkait Islam. Misalnya “Crescent Swimwear”, atau “Dien Muslim Swimwear”.

  117. kalau nama dhina cake&bakery,,bagus nggak untuk usaha roti???

    sy minta usulan nama donk…..

    • Untuk nama toko bagus, tapi kalau untuk brand kurang kuat. Tapi yang lebih penting dari nama adalah promosi dan USP (Unique Selling Propostion). Kalau produk Anda punya keunikan dan dipromosikan secara tepat, nama apapun tidak masalah.

  118. slamat siang,mas nama apa yg bagus tuk usaha arena permainan anak outdoor dan indoor berupa mesin koin,dll serta menghadap ke arah mana ya?

  119. selamat Malam mas bhayu…
    mau nanya, kira-kira nama yang buat hoky untuk usaha warnet apa ya mas….
    trims sebelumnya…

    • Wah, kalau hoky saya ndak tahu. Saya bukan ahli feng-shui, hehe. Kalau warnet banyak pilihan kata dari dunia teknologi informasi atau sifatnya. Misalnya “Fast Net”, “Bit/Byte Warnet” atau “DotA Warnet”.

  120. Mas Bhayu, tolong saya dong – ^ –
    Saya mau buka PT. di bidang Forwading. kira2 pake nama apa ya .. ??
    Terima kasih banyak mass ..

  121. Ass. Wrr. Wbb
    Mas Bhayu, sy binggung nich, tolong dongg ..
    Nama yang bagus & hoky untuk Usaha Bandeng Presto & Ayam Presto sy apa y kira2 .. ??
    Trimakasih banyak mass ..

  122. siang mas.. rencana saya mau buka toko mainan bayi, keperluan anak, mainan edukatif. nama yang bagus apa ya mas, kalau bisa dengan inisial ES, sama dengan inisial anak saya. Terimakasih atas bantuannya

    • Buku apa? Apakah ada segmentasinya? Bisa pilih paduan kata dengan akhiran “media” atau “pustaka” kalau mau aman. Atau “publishing” kalau mau “nginggris”. Namanya harus dieksplorasi USP-nya dulu…

  123. Salam super, Mohon bantuannya untuk memberikan masukan Nama untuk klinik kesehatan, dimana klinik kesehatan ini sebagai tempat praktek dokter umum sekaligus praktek kebidanan Dan Ada beberapa Ruang rawat inap Bagi Ibu yg melahirkan. Adapun nama dokter nya adalah Dr. Neneng Fitriah. Terimakasih atas bantuannya.

  124. selamat siang, rencananya saya mau bisnis online (jual baju tas dll) khusus wanita…..saya minta sarannya untuk memberikan nama yang tepat untuk usaha saya 🙂 thx

  125. Selamat siang Mas Bhayu, aku mau tanya…
    aku mau membuat Toko Online Shop. Bageusnya pakai nama apa ya?
    Tokoku menjual pakaian Bayi dan Accesories wanita. dan mungkin masi banyak yang ingin dijual tetapi masi belum terpikirkan.
    bisakah masukannya untuk nama oLshopku?
    Thanks 🙂

    • Thank you very much for your appreciation. Because this site originally in bahasa Indonesia, you must using translator to read it.

  126. salam kenal mas bayu,mas sy udah buka usaha jasa air minu merk aqua tp saya belum punya nama utk usaha air minum saya,saya mau nama usahanya mudah di ingat sama user saya.mohon bantuanya mas

  127. mas nama saya tommy,, saya mau buka usaha cafe d banyuwangi,, nama yg bagus apa ya,, klu bisa yg ada nama nya di bagian belakang ada ….. executif lounge nya.. thanks sebelumnya

    • Kalau yang hoki saya tidak bisa jamin, karena saya bukan ahli fengshui. Coba istilah2 yg terkait dg kebersihan atau kecepatan. Misalnya “Resik Londre”, bisa juga “Woosh Laundry”. Atau yang kreatif seperti singkatan “CUKIL Cuci Kiloan”.

  128. mas saya mau nanya nama PT yg kira2 cocok untuk usaha di bidang jasa dan kontraktor apa ya? terutama sih kita di bidang cleaning, yang penting mudah di ingat dan menarik thx

    • Bidang jasa & kontraktor? Agak terlalu luas. Kalau cleaning bisa banyak paduannya, karena ini nama PT. Misalnya “PT Rhino Bersih Cemerlang” atau “PT Gemerlap Cleaner”.

  129. kira2 yg cocok, bagus n membawa hoki untuk toko jualan baju online/rumahan apa ya??? trim’s…

  130. Selamat siang Mas Bhayu, aku mau tanya…
    aku mau membuat perusahaan. Bageusnya pakai nama apa ya?
    Bidangnya Pelatihan training, Pengadaan ATK. dan mungkin ekspedisi atau pengiriman barang.
    kira-kira nama perusahaan yang cocok apa ya, ditunggu masukannya ya mas.
    Thanks 🙂

    • Perusahaan bukan nama usaha atau brand. Nama ini tidak akan terpublish luas kok, karena cuma tercantum di legalitas (kecuali Anda memang ingin menjadikannya sebagai brand juga). Jadi jangan takut menggunakan nama Anda yang cantik itu. Misalnya PT Benita Berjaya Abadi, atau kalau mau ada bidang ekspedisinya, gunakan nama “Courier” atau “Ekspedisi”. Btw, ketiga bidang yg Anda sebutkan (training, pengadaan ATK, ekspedisi) tidak bisa digabung dalam satu SIUP karena kelasnya beda.

  131. salam…
    mas bhayu, saya ada rencana mo bikin usaha skin care. kira2 apa ya nama yang cucok dan siiippp, untuk usaha saya…? trims… 🙂

  132. saya baru membuka usaha toko online dengan nama Leora’s handycraft,, tapi belakang nama ini saya rasa kurang cocok karna semakin ke sini usaha saya bukan hanya yang di hasilkan oleh hand made,, seperti baju import n tas import,, kira2 nama yang cocok buat toko saya apa ya gan??? mohon di bantu ^_^

    • Gampang aja… ganti jadi “Butik” (Boutique kalau bahasa Inggris) atau “Art & Craft” atau “Fashion”. Terserah pilih mana yg cocok

  133. mz bro kalau nama2 di antra 4 in aq ambil wat usaha toko baju aq blh ndak, kalau blh tolong bls k fb aq yeah

    – Gaul Distro
    – Warna-warni Distro
    – Keren Abiz Distro
    – Harajuku Distro

    pendi_erna@yahoo.co.id

    kalau gak sms k no aq nih
    081392608966

    soalny bingung nih mz bro wat nama toko baru aq….

    tolong yeah mz brooo

    aq tunggu……
    thank you

    bey pendi…

  134. selamat malem, minta sarannya . kalau misalkan nama usaha buat produk kami itu “COKOMPEL” kira-kira bagus tidak? usaha nya coklat

  135. Om byu…aku sekarang lagi mau buka Usaha Sablon kaos Digital (DTG) bahasa melayu dan juga menerima sablon kreasi sendiri aku pengen nama usaha ku itu unik asik dan menggelitik….udah diobok obok nih otak kiri ama kanan tetep g dpt ide…tulung dong….Om byu..

  136. Mas aku ada rencana mau buat clothingline nama yg bagus apa yah. Aku mau ada unsur angka 17 nya

  137. Salam kenal mas
    Aku sahid
    Aku mohon bantuannya dong
    Saat ini sih saya lagi menjalankan bisnis fashion khususnya celana chino.
    Tapi kedepannya saya mau buat branded di celana saya seperti (zara,levis,dll) tapi bukan hanya celana saja saya juga ingin jual sepatu, baju . Disini saya menjualnya masih lewat online jadi pengennya mau kualitas produk dan brandingnya sendiri baru buka store nya jadi kayak clothingline gitu. Dipikiran saya sih maunya “BRIGHT by sahid permana” . Jadi semacam fashion store yg fashionable up to date dan segmen pasarnya buat dewasa 17+ lah merangkap cewe cowo. Maunya sih namanya yg keren, unik dan gampang diingat. Aku juga suka angka 7 dan 17
    Mohon bantuannya yah mas.

    • Mending dirapatkan bersama para pendiri Pak. Kalau tanya saya nanti melenceng karena saya tidak tahu visi-misinya.

  138. Mas , mau numpang tanya 😀 Kalo misalnya saya mau buka usaha travel lebih baik pake nama apa ya? Makasi 🙂

    • Bisa yg out of the box seperti nama daerah asal Anda (contoh: Cipaganti), atau terkesan asal tapi gampang diingat (contoh:X-Trans). Tapi kalau konteksnya travel sebagai biro perjalanan, gunakan nama mudah diingat terkait sifat perjalanan seperti Safe/Aman, Fast/Cepat yang dipadu dengan nama yg jadi favorit Anda. Misalnya “Fast Phoenix” Tour & Travel.

  139. Aku bingung mau kasih merk kue kering produksi saya di kasih merk apa ya yang bikin hoky tq

  140. dear mas Bhayu,
    mohon bantuannya sedikit donk..saya ingin membuka usaha rumah makan dengan menu spesialist penyetan, ada 2 alternatif lokasi sih rencananya di daerah perkantoran atau di foodcourt mall.
    kira2 menurut mas Bhayu nama apa ya yang cocok untuk usaha saya?
    mohon bantuannya..terima kasih banyak sebelumnya.. 🙂

  141. Mas Bayu, aq sm tmnku (Dian) mau buka klinik kecantikan. Kira – kira nama yg cocok apa ya mas ? Tq ya mas…

  142. Asalamualaium, dn Selmt sore mas bayu,
    mhon sarannya, untuk nma toko baru sya, yng akn di buka awal bulan maret ini,
    Saya ingin membuka toko lagi, bergerak di bidang IT, Di sebuah maLL di lampung,Sudh ada 2 nama kandidatnya
    1. L-Tech Comp ( Lampung Technologi Computer ).
    2. M-Tech Comp ( Media Technologi Computer ), Krna nama toko yng sudh berjaln Media mandiri comp.

    • L-Tech Store lebih ok loh bro….krna store menandakan klo usahanya bro udh berkembang dan lengkap.

  143. Mas, mau nanya untuk nama yg menarik utk coffe shop yg menjual kopi2 asli indonesia.. Apa yaa??

    Suwun..

  144. mas maaf saya mau buka usaha resto kira2 nama nya apa yah,,,yang mudah diingat dan gampang, teri,akasih

  145. Mlem, mas.. Minta rekomen nama yg baik utk coffee shop saya dong.. Saya jualan kopi spesiality indonesia kyk toraja, mandailing, gayo, luwak, dll.. Mudah2an nama yg diberikan bs jdi berkah bwt coffee shop saya kelak.. Aminn..

    Udh dpet satu nama sih “mardava” asal kata mardawa yg artinya ahli atau pakar..

    Makasih mas bwt masukannya..

  146. halo mas
    saya trisni dari bali,saya punya usaha spa dan homestay sebelumnya sudah pake nama Energy spa and home stay.Rencana mau ganti nama kirakira namanya apa yang cocok ,nama anak saya Rajesh kira kira bagus gak mas

  147. mas kalo nama yg hoki buat rental mobil apa ya…mungkin nanti bisa dikembangkan jd travel
    ……tx..

  148. mas.. izin tanya, nama yg bagus buat travel agent… sya lebih ke penjualan tiket, trims

  149. Salam mas bro… Saya mau tanya mas bro pekerjan saya sehari hari disc jokey (DJ) Saya mau buka toko baju cewek. Tapi saya ragu nama yang gampang di hafal orang.
    Rencana saya mau kasih nama.
    3.S – shopping suka suka.
    – Beauty Cloth.
    – Chester
    Saya mau minta pendapat mas bro.
    Apa nama toko buat saya yang bagus.
    Kasih kabar ke fb saya aja ya mas bro.
    Andreybtx@hotmail.com
    Terima kasih Mas bro

  150. Pagi mas..sy rencana mau buka usaha tour n travel,kira2 nama yg bagus apa ya..mohon bantuan referensi nama yg unik,mudah diingat,bonafit..yg bsa bawa hoki buat usaha saya nantinya..terimakasih mas.. sebelumnya atas bantuannya.

  151. selamat sore mas bayu. mau tny utk nama yg bagus utk usaha di bidang ATK dan assesoris. terimakasih

  152. Sore mas…… bingung nie mau kasih nama buat usaha aku, produknya Ice cream goreng…. sasarannya kalangan muda. Hmmmmm….. kasih idenya dong……. Thanks

  153. Salam mas bhay
    Saya Halim.Istri saya Rini seorang penjahit.
    Dalam waktu dekat ini kami akan buka toko yang menjual segala jenis perlengkapan menjahit. juga menerima segala jenis jahitan pakaian,
    Gorden,sprei dan bedcover.
    Mohon ide nama toko yang bagus apa ya?
    Tks banyak,smoga semakin sukses

  154. Mau tanya nih mas.. Aku punya usaha distro dengan nama senduROCK nama itu saya ambil dari tempat saya jual namanya senduro kalo menurut mas bagaimana sama pengaruh penjualanya.. saya bikin kaos dgn brand senduROCK kayaknya sebagian ada yg malu pakek kaos dgn nama itu kalo menurut mas gmn..??

    • Nama itu sudah khas. Sendu itu kan maknanya memang sedih, coba rebranding arti lain menurut Anda atau artikan “Senang Duit”.

  155. mz mo mnta saran nih’sy kn udah buka usha kecil2n’mie ayam’tpi nma blum ada’anak2 si ngertinya mie ayam mz bem..p nm itu ttp bgus ms?

  156. Maaf mz numpang tanya , kira2 nama yang cocok untuk toko saya yang melayani almunium ( rak piring, kusen, etalase dll ) pigura, percetakan dan studio foto. Krn saya bingung dgn banyaknya produk yang saya tawarkan. Mohon ya mz …

    • Itu untuk nama satu toko kan ya? Kalau multi usaha pakai saja kata-kata yang menunjukkan harapan. Seperti “lancar”, “maju”, “jaya” atau “sukses”. Padukan dengan nama Anda atau nama daerah asal Anda atau favorit Anda. Misalnya “Taufiq Jaya” atau “Ayat-ayat Sukses”.

  157. Hallo Mr.bayu….saya mau usaha baju anak2,kira2 nama yang bagus apa ya n yang gampang di inget,thank youu =]]

  158. mas,saya minta tolong dibuatkan nama utk usaha sy dibidang menerima pesanan kue2….tp saya minta namanya gabungan dari anak2 saya? nama anak sy ”lyrana adya putri dan arya putra mahardhika” kira2 nama yg cocok apa ya mas? trima kasih sebelumnya.

  159. asslmualaikum,,,,
    saya mau buka usaha jus buah nech,, tpi bungung mau di namai apa tempat jus nya,,,,
    dan tolong bantu buatkan nama2 jus buah yang unik

  160. Mas bayu…saya bru nau buka usaha juakan brg2 seni…spt keramik hias,lukisan,bunga bunga kering.Nama apa yg cocok ya,,??tq

  161. Mas bayu insya alloh saya mau buka keripik usus, lha terus nama yang cocok kira kira apa ya… soalnya kalau pakai nama “usus” kan sebagian orang nganggep jijik gitu… namanya masih berhubungan dengan usaha…

    • Lho, Anda mau bikin PT di jasa kreatif kok masalah nama masih tanya? Hehehe…. Btw, mau pakai 3 kata (contoh: kucing jantan cakep) atau 3 suku kata (contoh: masmismus) nih?

      • Salam mas broooo..
        Mau jualan online gaun, ( pengantin,pesta,fashen show,nyanyi,,dll), yg unik deh gaun nyA,,
        Apa ya nama toko y, biar gampang inget dan,, yg okedehhhh☺☺

  162. Mas mau tanya nih, saya mau buka usaha dibidang clothing dan fisheye lens buat smartphone, sebelumnya saya udah pernah buka online store dgn nickname @REDScloth, tapi saya ingin menggabungkan kedua bidang dgn 1 nama, mohon pencerahannya ! Terima kasih

  163. selamat siang mas bhayu
    Dengan usaha “KOPI LELET REMBANG” lesehan kami yang sudah berjalan 2, 3 tahun, di lingkungan kampus UNDIP kecamatan Tembalang , Semarang dibawah pengelolaan anak kami Dimas Hernanto & Danu Hernanto , sekarang berkembang dengan tambah menu seafood, mi rebus,roti bakar, susu segar, jagung serut, dll.
    Untuk meningkatkan pendapatan kami bermaksud mengubah nama dari “KOPI LELET” dengan nama yang baru seiring dengan penambahan menu yang lain nanti.
    Mohon arahan dan alternatif nama tambahan apa yang sekiranya cocok dan menarik untuk usaha kuliner saya tetap menggunakan kata “KOPI LELET”
    Sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

  164. nama yang bagus untuk buka usaha service laptop & komputer, kira2 apa ya? tapi saya pengenya nama dibelakangnya tanpa ada nama “komputer atau laptop”

  165. met pagi mas, sy mo minta saran, bingung, kalo untuk konter pulsa apa yg bagus namanya selain cell,celluler,cellelar? kebanyakan nama konter pakai “cell”, dan saya pgn beda tp masih mencirikan konter pulsa. apakah kios pulsa,warung pulsa, bagusan mana? THKS

  166. mas bayu,saya kepikiran pingin buka 1 Tempat lgi dalam 1 kota,awal nya saya jual pakaian dan sekarang mulai menambah 1 tempat lgi ya jual pakaian juga,cocok nya Nama nya harus sama atau tidak mas bayu,salau sama nama nya kenapa,dan kalau tidak sama juga kenapa,tolong di bantu ya mas

    • tolong mas bayu di balas pertanyaan saya,,sya berharap sekali apa yang mas tanggapi bisa memberi masukan dalam usaha atau bisnis saya

    • Jual pakaian berarti nama toko atau nama tempat usaha ya? Ini bukan merek atau nama perusahaan. Jadi sebenarnya tidak perlu kuatir. Cuma kalau reputasi Anda bagus di tempat pertama, dalam arti punya pelanggan yang mengasosiasikan nama toko dengan pakaian berkualitas, maka sebaiknya nama toko kedua dan seterusnya sama. Tambahi saja tulisan: “cabang ke-2 dari pusatnya di Jalan….” Efeknya Anda akan terlihat lebih sukses dan besar karena memiliki cabang.

      Tapi kalau nama toko pertama belum memiliki pelanggan loyal, maka sebaiknya digunakan nama berbeda. Ini kalau anda lebih mengutamakan terjaringnya pelanggan baru. Terutama kalau lokasi tokonya berjauhan misalnya di kota yang berbeda.

      Demikian, semoga membantu.

      • terima kasih banyak mas bayu,ini benar2 masukan yang sangat berharga bagi saya,mudah-mudahan masukan ini sangat membantu buat usaha saya,,

  167. selamat siang mas bhayu, nama saya firman maulana dan teman saya rully mau usaha bersama dibidang outsourcing (penyedia jasa seperti cleaning service, satpam) dan juga mecanical elektronik (borongan pembuatan/perbaikan untuk pabrik dan rumah) tapi bukan ke arah kontruksi.
    saya boleh minta saran dari mas bayu untuk pembuatan nama PT saya nanti?..
    bisa mas bhayu kirim ke email saya di NorizkaMaulana@yahoo.com atau melalui balasan disni..
    terima kasih mas bhayu, salam sukses untuk mas bhayu..

    • Yang dicari nama PT kan? Sebenarnya tidak perlu terlalu pusing karena biasanya nama PT tidak banyak diketahui masyarakat. Nama usaha yang sangat perlu dipikirkan bila terkait merek. Kalau dari saya sih, sebenarnya dua bidang itu sebaiknya jangan satu PT. Tapi kalau mau disatukan, gunakan gabungan kata sifat kedua bidang itu. Misalnya PT Insani Bangun Persada. Atau gabungan nama dua pendirinya ditambah kata sifat yang mencerminkan kesuksesan seperti PT Firully Mandiri. Silahkan berunding dengan partner Anda untuk mengutak-atik nama ini… asyik kok 🙂

      • terima kasih mas bhayu atas sarannya..
        saya sangat suka dengan nama gabungan dari sifat kedua bidang yang mas berikan..
        mungkin mas bhayu bisa memberikan beberapa nama lain, karena sepertinya contoh nama yang mas bhayu berikan sepertinya sudah ada yang punya..
        terima kasih, mohon tanggapannya.. 🙂

  168. Mas mau tanya, saya mau buka toko spare part computer dan alat alat elektronik sekaligus,di toko yg sama itu , kira kira nama yg cocok untuk toko itu apa ya ? Thx

  169. selamat sore mas ,maaf saya mau nanya,nama apa yang paling hoky duntuk bisnis kuliner saya,produk yang saya buat adalah kolak durian dan minuman lainnya…..?
    tolong bantuannya ya mas
    thanks

  170. mau tanya dong, kalo untuk tempat karaoke keluarga bagusnya pake nama apa ya? yg mudah diingat?
    thanks mas

    • Wah, ini berarti sudah merek. Perlu pemikiran mendalam nih… 🙂 Cari saja yang unik tapi tidak kampungan. Coba deh survei nama2 karaoke serupa di luar negeri, modifikasi sedikit biar tidak melanggar hak cipta. Misalnya kalau ada “Happy Family” Karaoke, ubah jadi “Hepi-hepi” karaoke keluarga.

  171. selamat malem mas bhayu,nama ap yg cocok buat usaha jasa transportasi laut,darat dan pekerjaan umum..minta saran dounk…mkasih

    • Salam Mbi, Ini berarti PT ya? Gabungkan saja nama para pemegang saham. Tambahi kata seperti “Transportindo”. Beres.

    • Kalau untuk toko online, perlu SEO Bu. Bukan sekedar nama. Silahkan kontak saya secara profesional bila ingin konsultasi.

    • Wah, susah Pak… ini spesifik sekali. Gunakan saja kata2 bernuansa lingkungan atau sanitasi. Kalau mau dibantu profesional silahkan kontak saya.

    • Wih, idenya bagus nih. Kan ada 2 C tuh, bisa dimainkan. C2 (dengan 2-nya seperti tanda pangkat/kuadrat di matematika, atau Cinca (dengan c kedua dibuat seperti “t” jadi seolah “Cinta”)

  172. gan saya mau bikin CV ,untuk usaha Supllier baju muslim fashion dan pengen buar merk baju sendiri , mohon masukannya gan.

  173. Siang mas bayu…, saya mau buka usaha fried chicken, tapi Ayamnya pakai ayam organik (itu yang membedakan dengan tempat lain). Rencana konsepnya mau dibuat kaya fast food gitu. kira2 nama yang cocok apa ya mas..???

  174. Mas, mohon bantuannya untuk nama PT yg bagus, bergerak sebagai kontraktor di pertambangan, trading dan jasa.
    Terima kasih.

  175. mas aku mau bikin lebel nama buat aksesories yang bagus apa ya?ato nama toko aksesories yang hoky dech. thank

  176. Dear mas Bayu..need advice..saya ingin jualan via online dengan product fashion dan food..nama yg cocok apa ya? yang berhubungan dengan Raiya atau Inara (nama anak saya)..terimakasih sebelumnya (^^,)

  177. mas bhayu , untuk nama tempat kursus matematika , fisika dan bahasa inggris enaknya di kasih nama apa ya yang global

  178. halo… mas bayu komentarnya udah pada lama ya
    tapi barangkali di balas oleh mas bayu
    saya ada rencana mau buka kedai sushi, nama yang cocok apa ya?
    tolong bantuannya mas

    • Hehe, kalau soal nama, saya sekarang membatasi diri memberi jawaban langsung. Tapi kalau bersedia berbagi sesuatu, saya akan layani lebih spesial lho… pake telor 😀

  179. Salam pak bayu, saya ingin meminta sedikit saran atau masukan untuk nama usaha saya. Saat ini bergerak di bidang rental mobil, dan jika ada rejeki ingin di kembangkan ke bidang travel dn tour, sekiranya nama apa yang cocok terkait usaha saya?
    Selama ini memakai nama Mahadana artinya banyak uang (klo ga salah), tetapi suami sy masih ingin mencari nama yang lain agar menjadi reverensi untuk membuat CV ataupun PT.

    Semoga pak bayu bersedia memberikan saran dan masukannya 🙂

  180. sy mau buka olshop hp tpi masih binggung nama apa yg hoki,tolong kasih solusinya.terima kasih

    • Kalau Anda bersedia share, saya akan bantu. Ini untuk keuntungan Anda sendiri lho. Sekali untuk seumur hidup 😉

  181. Ping-balik: Kepanjangan Nba | Caramanfaat.net·

  182. saya okto mas,,
    salam kenal mas bhayu..
    saya ada rencana membentuk badan usaha yang bergerak di bidang elektrikal (listrik)
    di keluarga saya sdh ada 3 perusahaan di bidang elektrikal, nah di sini saya menginginkan nama perusahaan yg sy rencanakan ini dari inspirasi mas bhayu,, tks

  183. Assalamualaikum,
    Pak Bayu saya punya toko dg nama java interior yg berjualan gorden karpet wallpaper. saya ingin membuat cv, saat ini bingung mau pakai nama apa, apakah tetap pakai java interior atau dg mengabungkan nama tempat saya bekerja dl. saya pernah bekerja di pt. tiara dekorindo sakti dan kencana indah. Pak bhayu bisa tolong bantu nama untuk cv yg tepat.. terimakasih.

  184. salam…dulu tempat usaha saya dipinjami oleh mertua.setelah berjalan 2tahun.jenis usaha saya dibidang batako dan jasa angkutan pasir, batu dan tanah . sekarang saya mau berdikari sendiri.mohon bantuan teman-teman nama apa yg cocok untuk usaha saya ini.atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  185. mss Bhayu selamat siang, saya mau buka rumah makan kecil, utamanya soto tangkar dan nasi dengan 2 macam lauk, apa nama yang menarik dan mudah diingat?Susah sekali menemukan nama yang pas. sudah ckp lama kami mencari-cari nama. Trimakasih y

  186. Nama yg cocok apa ya buat toko agen snack, sembako dan minuman. Rencananya mau buka cabang juga beberapa… Mohon dibantu Pak. Tks

  187. Kak bhayu kalo nama yang bagus buat toko online baju muslim di instagram gmn ya??ada saran?

  188. Salam kenal….mas bhayu, perusahaan suami sy berkecimpung di bidang penjualan barang2 teknik utk mesin. Nama perusahaan yg lama ada unsur kata ‘Langgeng’. Nah sekarang akan menambah 1-2 kata di belakang kata ‘langgeng’. kira2 kata apa yg cocok? keren dan mudah diingat 😀 Terima kasih.

  189. assalamualaikum, mas saya minta pendapat tentang nama biro psikologi, saya mau usaha di bidang konseling dan jasa tester untuk pendidikan dan rekuitment kerja.

    • Sebenarnya untuk nama biro psikologi bisa dicari yang terkait jasanya. Biasanya digunakan kata sinonim dengan “manusia” seperti “insan” atau “persona”. Bisa ditambahkan unsur kata lain sesuai keinginan pemilik yang menunjukkan makna kebaikan.

  190. Halo Mas Bayu, mohon bantuannya, saya berencana buka usaha bakso dan es teler, tp lebih mau nonjolin es telernya. Rekomendasi nama yang unik mas. Trima kasih sebelumnya.

  191. hay kakak..
    minta saran donk. Barang uda oke. pengepakan juga uda siap. Alat mantap. tinggal nama aja –”
    saran nama buat usaha nama kripik donk kak. mau nya 1 nama tapi bisa jual berbagai macam kripik pedas sama enggak pedas. makasi kak

  192. mas seumpama anak toko induk mau buka cabang , tapi anak cabang nya itu sengaja dibuat beda nama dengan nama toko induk. dengan alasan strategi pemasaran. itu thery apa namanya?

  193. mas seumpama anak toko induk mau buka cabang , tapi anak cabang nya itu sengaja dibuat beda nama dengan nama toko induk. dengan alasan strategi pemasaran. itu theory apa namanya?

  194. Alow om.. Mau tanya nama yang cocok untuk usaha kue.. Dalam arti luas soal nya istri jualan kue kering seperti pia,nastar,lidah kucing,dll… Nah yang bagus dan mudah diinget apa ya om? Thx

  195. Ping-balik: Nama Toko Baju Yg Keren - Sepatu Adalah Bagian Dari Fashion·

  196. Selamat sore mas bayu, mau nanya, saya punya usaha kecil-kecilan
    percetakan dengan nama dian grafika, tapi kata orang nama ini tidak
    pas, untuk nama percetakan, mohon sarannya, apa perlu digantai nama.

  197. Ping-balik: Tas Batik Raiya - Pakaian Murah Ada Dimana Mana·

  198. Ping-balik: Grosir Kaos Distro Anomali - Kaos Wanita Murah·

  199. Ping-balik: Celana Chino Zara Asli - Tips Celana Wanita·

  200. Ping-balik: Celana Chino Zara Grosir | Tips Celana Wanita·

  201. Ping-balik: Supplier Celana Chino Jakarta - Tips Fashion Terkini·

  202. Ping-balik: Sabun Lulur Kasih Sdm - Fashion dan Belanja Jadi Satu·

  203. salam,
    mas kalau nama usaha rumah makan khas bonus voucher apa yg cocok untuk dikasih nama,,
    t’ks ,,?

  204. Mas, saya mau buat toko alat-alat gunung, bisa tolong kasih masukan brand yg menarik untuk nama toko saya? Terima kasih sebelumnya.

  205. mas bhayu saya sedang buat cafe lokasinya di semarang di kota lama, saya buat cafenya seperti di dalam garasi seperti meja dari mesin mobil lalu sofa dari jok mobil saya juga memajang motor antik untuk display, dan ada beberapa barang2 antik untuk menghiasi cafe, kira kira nama yang cocok apa ya mas bhayu? jika di namanya ada angka “7”
    dalam cafe itu saya buat space juga buat tempat jualan batu akik tapi namanya saya pikirnya di bedain.. jadi nama cafe sendiri batu akiknya sendiri.. bagaimana mas bhayu? mungkin ada masukan untuk nama cafe dan batu akiknya? kalo main2 ke semarang nanti bisa main ke cafe saya di kawasan kota lama.. gratis untuk mas bhayu.. matursuwun mas bhayu..

  206. mas bro saya mw bkin restorant dgn konsep asian tp western style apa ya naman yg cocok untuk restorant saya??? tlg dounk di bantu

  207. Mas saya mau buka travel tolong dong kasih nama yg bagus diambil dari nama empat anak sya ,nica,raffa, sidney,naufal

  208. Massssss…. Kalo nama buat toko permata & gamstone apa yaaa bagusnya ?????#balas

  209. mas, mau nanya kalau mau buka toko yang menjual olahan mangga nama toko yang bagus kira kira apa yaa:
    thanks 🙂

  210. saya mau buka mie jawa … saya mau pake istilah jawa yang bagus, apa yah ? saya masih gak tau nih

  211. mau tanya mas , saya punya usaha jual siomay semacam dimsum nama apa yg cocok ya, logo sudah saya buat chef cewe dan cowo, cuma untuk nama nya kita masih dalam pertimbangan?/

    minta masukannya pak??

    thanks

  212. Mas bhayu.saya akan buka usaha agen air minum isi ulang.kira kira nama yg bagus apa ya.terima kasih

  213. hallo, saya dewi. ini lagi bingung mau buat usaha online shop, buat jual jilbab dan pkaian jadi. tapi bingung buat kasi nama ol shop.y. bisa tolong rekomenasikan beberapa nama yang cocok?

  214. Pagi M Bayu

    Mau tanya..
    Mnt tlng usulannya nama yg bagus/menarik/menjual utk usaha konsultan event or event organizer gt dunk..
    Makasie sblmnya..

  215. BANG mau tanya, saya mau buka usaha percetahan dan konter hp , nama apa yg cocok buat usha saya??

  216. BANG mau tanya, saya mau buka usaha percetahan dan konter hp , nama apa yg cocok buat usaha saya apa ya ??

  217. slamat pagi mas bayu
    salam kenal dari saya,
    mntak tolong usulan nama yang cocok untuk usaha yg akan saya dirikan apa ya mas..?
    saya mau dirikan usaha semacam bengkel gitu mas, tp bkan hanya stanby di tmpat aja mas, kita jg sambil jalan/ on call gitu, bsa d blang “home service and repair” kbtulan usaha sya bergerak d bidang perbaikan alat² listrik rmh tangga, (kipas angin, pompa,Hp Computer,printer) pendingin & instalasi listrik, rmh gedung dan perkantoran.
    kira² pakek ini
    “Bengkel SmartTechno”
    gmna ya mas?

  218. Mas bayu saya ingin minta pendapat mas.

    Kira kira nama yg cocok utk insaallah usaha jarcake saya apa ya mas???

    Thx

  219. Mas,, saya mau coba buka usaha tas import online bagusnya kasih nama apa ya toko nya?

  220. Disini saya akan membuka toko baju online, nama yang pas dan cantik apa ya?

  221. mas bayu minta bantuan nya ada nama yg keren nggak buat usaha saya futsal n fitness uda hampir slese tpi blm ada ide nama nya….bisa dbantu invite pin saya 7997212F/085739100800 THANK’S

  222. Salam knal mas bhayu mas saya mau tanya dulu saya pernah mndiri kan usaha SPA atas nama NATUR MASSAGE,dan saya mau buka kembali dengan nama ini masaih bisa berjalan gak kalo gak bisa tolong nama apa yang bagus dan cocok terima kasih balas ke nomor hp sya 087771231152 kalo ke pin BBM SAYA 570F73BF TERIMA KASIH

  223. Kalau nama toko baju wanita yang cocok buat nama saya yodi fedrik sering di panggil odie apa ya yg cocok bagi info donk

  224. sore mas bhayu…mohon masukannya nama toko yg cocok n bagus dan unik..usaha sementara ini mau jual karpet puzzle dan es susu/yogurt.tq sblmnya

  225. Assalamualaikum. Selamat Malam mas Bhayu
    Keluarga saya sedang mencari pilihan nama usaha yang membawa hoki dan berkah. Usaha yang dijalani sebenarnya sudah lama, akan tetapi baru terpikirkan untuk membuat nama usahanya. Keluarga kami menjual aneka ragam jenis tanaman hias. Seperti Anggrek, Kamboja, Anthurium, Aglonema, dll.
    Kami sebenarnya tidak memiliki toko, kebetulan halaman depan rumah cukup luas jadi jualannya selama ini dirumah. Untuk lokasi saya di Sulawesi Selatan Kota Palopo. Mungkin mas bayu bisa menyarankan beberapa nama pilihan yang bagus? Bisa di email ke saya mas, Email : Afwah.mbem@yahoo.com
    Trimaksih dan ditunggu kabar baiknya ya mas hehe
    Wassalamualaikum..

  226. Malam pak,
    Saya bekerja di bidang jasa freelance. Atau even organizer MICE group meeting, gathering ,outbond ,tour dll. Apakah nama yg sreg ,pas dan moga membawa hoki yg baik utk ke depannya. Atas bantuannya . Terima kasih

  227. Mas bhayu kira2 nama yang cocok buat usaha online shop di bidang fashion apa ya? Yang hoki kira2 apa? Thanks ☺

  228. Mohon izin mas bhayu, saya ingin bertanya tentang nama yang cocok untuk membuka toko sepatu yang bagus apa ya ?

  229. Halo mas ,
    Saya dengan Frey Friyand ,
    Saya mau buat CV di bidang kosmetik mas / skin care . Nah saya minta bantuan nya untuk nama yg cocok buat CV saya yg kebetulan nanti nya sbg nama perusahaan skin care saya .
    Mohon di bantu ya . Teirmakasih

Tinggalkan komentar