Selamat Tinggal M.U.?

Saya sangat kecewa dengan perlakuan Manchester United kepada Christiano Ronaldo. Padahal, bintang Portugis itu sangat berjasa bagi klub Inggris tersebut. Dua kali kesempatan dalam 8 musim ia menjadi pemain di tim Utama M.U., ia telah bermain 346 kali dan mencetak 145 gol. Di musim lalu yang merupakan kali kedua ia kembali berseragam “Setan Merah”, Ronaldo tampil 30 kali dan mencetak 18 gol. Musim lalu, ia baru saja pindah dari klub juara Serie A Liga Italia yaitu Juventus.

Sebagai perbandingan langsung “head to head“, kita lihat statistik dari seteru abadinya yaitu Lionel Messi dari Argentina. Pada musim yang sama, ia hanya mencetak 6 gol dari 26 kali penampilan. Pada musim 2021/2022 lalu, Messi juga baru saja pindah ke klub jawara Prancis, Paris Saint-Germain atau PSG. Sebelumnya, “La Pulga” -julukan Messi- selama 17 musim bermain untuk klub La Liga Spanyol, Barcelona.

Dari statistik tersebut, kita bisa lihat dengan gamblang, bahwa pemain kelahiran 5 Februari 1985 itu sama sekali belum “habis”. Agak ironis juga karena banyak media terutama di Eropa dan Amerika Serikat sering sekali justru menyanjung Messi yang hanya dua tahun lebih muda darinya. Messi lahir 24 Juni 1987. Perbedaan dua tahun di dunia olahraga memang bisa berarti banyak. Namun, sekali lagi, perhatikan statistiknya yang justru menunjukkan sebaliknya.

Secara pribadi, saya memang lebih menyukai Ronaldo daripada Messi. Alasannya? Akan kemukakan di tulisan lain.

Namun, dengan perpisahan menyakitkan bagi Ronaldo dengan klub yang sebenarnya juga berjasa bagi perkembangan karirnya itu, saya jadi ikut mempertimbangkan dukungan saya kepada M.U.. Karena saya juga penggemar klub sepakbola yang berdiri pada 1878 dengan nama Newton Heath LYR F.C. itu. Nama Manchester United F.C. sendiri baru disematkan pada 1902. Karena Inggris negara tua, bahkan klub sepakbolanya berusia lebih lama daripada negara kita.

Apakah ini saatnya saya mengucapkan: “Selamat Tinggal M.U.?”

Sumber Data:

  • manutd.com/en/players-and-staff/detail/cristiano-ronaldo
  • premierleague.com/players/2522/Cristiano-Ronaldo/stats?co=1&se=418
  • ligue1.com/player?id=lionel-andres-messi-cuccittini
  • en.wikipedia.org/wiki/Cristiano_Ronaldo
  • en.wikipedia.org/wiki/Lionel_Messi
  • en.wikipedia.org/wiki/Manchester_United_F.C.

Kredit Foto:

Foto kecil (thumbnail) dari kanal Youtube FIFA World Cup (QATAR 2022) di: youtube.com/watch?v=4vKmflmoOac

\

Tinggalkan komentar