Mulai Punya “Pembenci”

Tak disangka, unggahan video saya di Youtube sekitar dua pekan lalu menuai pemirsa lumayan. Sebagai kanal baru, wajar saja kalau video saya hanya ditonton beberapa kali saja. Tapi kali ini, untuk kali pertama, video saya ditonton begitu banyak orang. Hingga tulisan ini diunggah, video yang beralamat di https://s.id/ID-YTBMH tersebut telah disaksikan lebih dari 4.000 kali! Viral! Ini pemecahan rekor pribadi bagi kanal saya. Alhamdulillahirabbil’alamiin.

Meski bersyukur, ada efek samping yang saya dapatkan. Itulah judul artikel ini. Saya -atau tepatnya kanal saya- mulai punya pembenci. Sigi dari Microsoft International yang menyatakan netizen Indonesia paling tidak sopan sedunia, ternyata terbuktikan. Coba saja lihat kolom komentar di video saya tersebut. Ada yang menyatakan ketidaksukaannya dengan kasar. Merekalah para “pembenci” alias “haters”.

Untunglah, saya sudah “belajar jadi artis”, hahaha. Saya menanggapinya sesuai dengan cara mereka berkomentar. Bagi yang sopan, saya tentu membalasnya dengan sopan. Dan yang tidak sopan, saya juga tidak sopan. Tapi, niremosi. Saya memilih nge-troll mereka saja.

Saya belajar dari cara para buzzer beridentitas jelas -karena ada yang pakai fake name atau pseudo name– saat menanggapi haters. Mereka santai saja dan malah menjadikannya bahan bercanda. Saya juga sangat belajar dari cara putra Presiden Jokowi yang aktif di medsos: Gibran dan Kaesang. Saat di-bully oleh haters, mereka menjawabnya dengan santun dan bercanda. Tapi, justru itulah yang menohok keras hingga para haters itu K.O. Do’akan saja saya tetap santai ya, guys… Jangan lupa kunjungi kanal Youtube saya juga di sini: https://s.id/YoutubeBhayuMH. 😉

Tinggalkan komentar