Semangat Senin!

Senin bagi sebagian orang ‘mengerikan’. Kenapa? Karena mereka harus menghadapi lagi “kenyataan hidup” yang bisa jadi tidak menyenangkan atau minimal membosankan. Terutama bagi pegawai yang bekerja di sebuah perusahaan di mana hari kerja dimulai hari Senin.

Setelah hari Minggu beristirahat, hari Senin ini kita harus kembali bergiat.

Namun, sekali lagi, itu bagi pegawai yang terikat sistem kerja perusahaan. Seringkali disebut “kerja di sektor formal”. Sementara, bagi pekerja di sektor informal, tentu tidak ada hari libur pasti. Sebutlah misalnya bagi pengemudi angkutan umum, pramuniaga, atau pekerja kasar di pelabuhan. Begitu pula bagi pedagang atau pebisnis yang masih mengandalkan diri sendiri. Karena bila ia meliburkan diri, maka libur juga pendapatannya. Sementara bagi pengusaha atau investor, tentu tergantung skalanya. Kalau sudah besar, bisa jadi setiap hari adalah hari Minggu. Atau seperti seloroh yang seolah jadi adagium: “Bisnis/usaha jalan, pemiliknya jalan-jalan”.

Karena hari Senin selalu berulang setiap 7 hari sekali dalam hidup kita, maka tak cukup bila mengandalkan motivasi dari luar. Harus ditumbuhkan motivasi dari dalam diri. Anda sendiri yang bisa menemukannya. Itu bisa berarti dorongan untuk maju atau sukses, atau mengingatkan diri betapa perjuangan kita ini untuk orang yang kita cintai seperti keluarga.

Motivasi dari luar hanya sekedar ‘bumbu penyedap’ saja. Misalnya sebelum sampai kantor di hari Senin, mampir dulu ke kedai kopi bagi yang suka ‘ngopi’. Atau berangkat lebih pagi supaya lalu lintas lebih lancar. Bisa juga justru penyemangatnya kegiatan “after hours”. Janji “hang out” bersama teman atau malah “nomat” bersama pasangan, bisa jadi asyik.

Intinya, ciptakan “suasana positif” sehingga hari Senin kita bisa menyenangkan. Sehingga kita bisa berteriak -walau dalam hati dan pikiran saja- bak saat di seminar motivasi: “Semangat Senin!”

Sumber ilustrasi: http://www.bola.com/ragam/read/4518097/39-quotes-lucu-tentang-hari-senin-cocok-dibagikan-di-media-sosial (di kredit disebut Photo on Freepik)

Tinggalkan komentar