Tips Paling Jitu Untuk Mulai Menulis di Blog

blog

Dalam sebuah artikel yang dituliskan oleh M. Firdaus Agung (2011), ada beberapa tips jitu yang bisa dilakukan untuk mulai menulis, yaitu:

  1. Perhatikan keadaan sekitar, temukan inspirasi
  2. Bawa catatan kecil
  3. Sesuaikan tulisan (Bahasa yang digunakan dan ukuran tulisan).
  4. Judul itu penting
  5. Buat pikiran utama
  6. Baca kembali tulisan anda
  7. Tetaplah menulis
  8. Publikasikan tulisan
  9. Jangan berhenti menulis

Artikel tersebut sudah di posting di BLOG kompasiana dengan url:

http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/05/29/tips-jitu-untuk-mulai-menulis/

Kesemua 9 Tips yang dituliskan di atas itu benar adanya. Saya sendiri sudah membuktikannya. Namun ada tips paling jitu untuk mulai menulis di blog yang belum banyak orang tahu. Apakah itu?

Banyak orang memiliki kesibukan yang tidak sama. Bahkan ada orang yang memiliki kesibukan yang sangat padat dan hanya punya sedikit waktu untuk menulis di blog. Kesibukan yang sangat luar biasa itu tentu membuatnya tak memiliki kesempatan untuk menulis di blog pribadinya.

Tips jitu untuk mulai menulis di blog bagi orang yang tidak sibuk adalah:

  1. Tuliskan semua apa yang ada dalam otakmu di program pengolah kata, bila sudah selesai lalu simpan.
  2. Editlah tulisanmu, lalu copy paste ke blog pribadimu.
  3. Berpikirlah sejenak sebelum memposting, dan baca ulang tulisanmu sebelum memposting, dan yakinlah bahwa tulisanmu adalah tulisan terkeren sedunia.

Namun, bagi orang yang super sibuk, ada tips paling jitu untuk mulai menulis di blog, yaitu:

  1. Tuliskan saja pikiran utamamu di media sosial seperti facebook dan twitter, lalu kembangkan tulisanmu menjadi beberapa paragraf. Kamu bisa gunakan gadgetmu untuk menulis dengan jemarimu.
  2. Bila kamu menuliskan di twitter, buatlah seperti kamu melakukan “kultweet”, kamu bisa menulis dengan panjang maksimal 140 karakter. hal itu bisa dilakukan ketika kamu sedang melakukan reportase kegiatan.
  3. Bila kamu menulis di facebook, kamu bisa menuliskannya di kolom komentar. Setiap bagian komentar akan menjadi alinea tersendiri yang bisa dikembangkan.

Hal di atas itulah yang saya lakukan di tengah-tengah kesibukan mengajar, dan alhamdulillah saya tak pernah kehabisan ide dalam menulis. Bahkan kalau saya kesulitan dalam menemukan ide, saya cukup membuat status di facebook atau ngetweet di twitter. Tak memerlukan waktu yang lama, maka ada yang berkomentar di facebook atau mereply status tulisan saya di twitter.

Sebenarnya, bagi mereka yang sudah terbiasa posting, menulis langsung di blog tak menjadi persoalan. Sebab ada menu “save draft” untuk menyimpan tulisan yang dibuat sebelum dipublikasikan. Tetapi, bagi mereka yang masih pemula dan kurang hati-hati atau cermat dalam menulis di blog, menulis langsung di blog sangat berbahaya. Sebab bisa jadi, tulisannya sudah terlanjur diposting atau dipublikasikan sebelum dibaca ulang terlebih dahulu.

Oleh karena itu, tips paling jitu untuk menulis di blog adalah gunakan media sosial untuk membantumu merangkai kata atau kalimat. Facebok dan twitter bisa kamu jadikan tempat atau sarana untuk mengembangkan ide menulismu di blog. Kalau respon teman di facebook atau twitter tinggi akan membuatmu menjadi lebih percaya diri untuk memposting tulisanmu di blog.

Bhayu blogger Indonesia

Dimuat ulang (reblog) dari Blog Sahabat Bhayu :

http://wijayalabs.blogdetik.com/2013/08/28/tips-paling-jitu-untuk-mulai-menulis-di-blog/#comment-9550

Foto: janefriedman.com

CATATAN: Bila Anda ingin mulai belajar menulis, bisa menjadi penulis tamu di blog ini. Silahkan klik “Undangan Menulis” di laman, bagian atas blog ini.

2 responses to “Tips Paling Jitu Untuk Mulai Menulis di Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s