Brand (Merek) dan Nama Usaha (1)

Hingga saat ini, tulisan saya tentang “Memilih Nama Usaha” masih jadi top posting atau yang paling banyak dibaca LifeLearner. Komentar yang saya terima pun paling banyak di sana. Dan itu membuat saya “terpaksa” menjawab pertanyaan dari para pembaca. Namun, perlu saya tegaskan di sini bahwa saya bukanlah ahli fengshui atau sebangsanya. Karena itu, sebenarnya meminta nama yang “hoki” dari saya salah alamat.

Walau begitu, saya cukup kompeten di dunia pemasaran (marketing) & pencitraan (branding). Terutama karena pengalaman kerja saya dan pendidikan non-formal yang saya pernah ikuti (silahkan membaca biodata saya di http://bhayumahendra.com). Saya juga banyak mengikuti pelatihan dan membaca sumber pustaka terutama buku. Nah, karena nama usaha itu merupakan bagian penting dari pencitraan produk yang diperlukan untuk pemasaran, maka tentu saja saya juga mempelajari hal ini.

Yang saya bingung, begitu banyak orang Indonesia tidak menghargai keahlian yang bersifat konsultasi. Jangankan saya yang ‘ecek-ecek’, para ahli yang gelar akademiknya ‘bererotan’ seringkali dimintai nasehat atau konsultasi ‘gratisan’. Hanya dokter saja saya rasa yang nasehatnya tidak pernah gratis (kecuali itu teman atau kerabat Anda tentunya). Ahli-ahli lain seperti psikolog, desainer interior, arsitek, desainer grafis, webmaster, marketer, atau bahkan astrolog, peramal atau ahli fengshui, seringkali dipandang sebelah mata. Apalagi kalau sifatnya nasehat yang ‘curcol’.

Namun di sini, karena memang sifatnya berbagi, maka semua yang saya tuliskan tentu saja gratis. Hanya saja, perlu saya tegaskan bahwa dalam kasus nama usaha tersebut, yang bisa saya berikan hanya saran alakadarnya. Dan tentu saja itu hanya nama usaha, bukan brand.

Untuk membangun brand, Anda perlu konsultan ahli. Karena brand tidak bisa dibangun cuma dengan bertanya “apa sih bagusnya merek buat usaha saya?” Dan, tentu saja tidak gratis. Ini karena konsultan akan bekerja mulai dari riset hingga melindungi merek yang dibuat secara hukum.

Kalau Anda pernah mendengar nama-nama seperti “IBM”, “Toyota”, atau “Sony”, semua itu bukan sekedar nama usaha, tapi brand. Kesamaan nama saja, akan berakibat tuntutan hukum. Anda mungkin masih ingat bagaimana perusahaan Sony di Jepang menuntut seorang blogger Indonesia bernama “Sonny-AK” karena dianggap menggunakan mereknya. Untungnya masalah selesai dengan “win-win solution”.

 

CATATAN TAMBAHAN: Mulai November 2013, saya menutup tanya-jawab permintaan nama sehubungan nama usaha, merek atau sejenisnya melalui blog ini, baik di artikel ini maupun artikel lain yang terkait. Pertanyaan atau permintaan konsultasi nama usaha hanya saya layani secara Profesional, dalam arti Anda harus siap menganggarkan sejumlah dana untuk itu. Ini karena saya menghargai intangible asset saya tersebut, yang saya dapat dengan tidak mudah. Sertifikasi internasional tentang merek yang saya miliki didapat dengan belajar dari Profesor asal Jepang dan biayanya tidak murah. Terima kasih.

 

Bagi yang berminat, sebagai ganti tanya-jawab di kolom komentar, silahkan simak presentasi saya berikut ini:

 

73 responses to “Brand (Merek) dan Nama Usaha (1)

  1. Ping-balik: Memilih Nama Usaha « LifeSchool by Bhayu M.H.·

  2. apa ya nama yg cocok dan unik bwat toko percetakan ? kmi ingin membuka usaha percetakan,,pliss bantuannya 🙂

    • Percetakan bisa memakai nama terkait bidang tersebut atau sifatnya. Misalnya “Kilat Printing” atau pakai nama kesukaan Anda “Darafonna Printing”.

  3. mas, mohon dibantu untuk mencarikan nama yang mudah diingat, dan gampang dilafalkan, saya ingin membuka usaha yang bergerak di penjualan batik baik itu masih berupa bahan /kain atau juga sudah berupa pakaian jadi, dan juga menjual kebaya, baik kebaya encim maupun kebaya modern.

  4. mohon referensi nama untuk makanan yang akan saya jual, kami menjual segala macam makanan, tapi sampai saat ini masih belum dapat untuk nama nya, mohon bantuan nya ya. terimakasih.

    • Ini sekedar ide, coba padu-padankan sesuai selera. Yang terpikir oleh saya: “Rupaneka Kuliner”, “Joss Food”, “Camilan Mak-Nyoss”.

  5. Saya rencana buka usaha gabungan kesehatan,hiburan dan minuman yaitu buka Warung kopi dg fasilitas Mandi Sauna, Pijat siatsu, Bekam, refleksi , aneka minuman kopi, Internet, Free wifi .
    Brand / nama apa yang cocok untuk usaha saya ini?
    terima kasih banyak

  6. Mas mohon bantuannya ,saya ingin membuka butik busana muslim yg namax unik dan mudah di ingat,nama saya chanty,teman2 biasa memanggil saya dengan chanty serief

    • Nama Anda sudah unik. Bikin saja “Chanty Boutique”, lalu di bawah papan nama bisa ditambah keterangan “Ahlinya Busana Muslim” misalnya. Gampang kan?

  7. siang mas, saya ingin buka usaha dibidang cv yg bergerak di bebatuan,kira2 nama yg bagus n bikin hoki apa ya……., please jwabnnya skrg.tq

  8. mlm mas, saya buka usaha bengkel body repair.. saya mau nanya kira-kira nama apa utk bengkel saya yang bagus, mudah di ingat, dan memilki makna yg bagus.. mohon bantuan nya, thanks..

  9. mas bayu, informasinya bagus, tapi saya mau numpang nanya: apa nama yang cocok buat usaha di bidang penerbitan buku?

  10. Hallo mas bayu…
    Butuh bantuan nih.saya berencana membuka bisnis kue.
    Nama saya joy. Nama seperti: joy cakes,
    Joy’s cakes n cookies, joy of baking sdh ada yg empunya di Luar negeri.
    Kira2 nama apa yg cocok ya? Sampai sekarang masih bingung menentukan nama yg pas.
    Terima kasih.

  11. Hai sis.. Saya mau nanya nih.. Saya kan mau buka usaha toko baju wanita nih di pajak.. Kira” nama apa y,yg cocok buat toko saya.. Thanks sis.. Salam kenal 🙂

    • Helo, saya bukan Sis, tapi Bro 😀 Toko baju wanita di pajak itu maksudnya di kantor pajak? Tempat sih tidak pengaruh Bu… yang penting toko Anda punya kekhasan (diferensiasi). Kalau mau, bisa gunakan kata-kata harapan seperti “Laris”, “Indah”, “Jreng”, atau “Cantik”.

    • Cafe Susu? Maksudnya cuma jual susu ya? Agak niche market ya… Agak bingung juga. Bisa “Grenggg Susu Cafe”, atau “Pure White Milk Cafe”.

    • Kalau usahanya pijat kesehatan dan keluarga, gunakan kalimat yang merefleksikan hasilnya. Misalnya “Segar”, “Sehat”, “Resik”, “Bugar” atau kalau mau agak out of the box: “Cespleng” (contoh: “Pijat Keluarga Cespleng”)

  12. Mas Bhayu
    mohon bantuannya memberikan nama, toko saya bergerak dibidang jasa bordir komputer dan pembuatan seragam. Skrg namanya AMAZING BORDIR, saya ingin mengganti nama krn saya ingin patenkan. Trims.

  13. Mas,,,mohon bantuannya saya mau buka usaha toko busana γδ menjual sgala macam jenis busana anak2 dewasa laki2 dan perempuan,,,masih bingung masalah nama,,,γδ bisa mewakili smua produk γδ sya jual,,,
    Mohon bantuan nama γδ unik dan gampang diingat Чα”̮ mas,,,makasih banyak sebelumnya,,,

  14. Mas,saya mau buka toko khusus susu formula,bingung cari nama karna yg bagus2 uda pada ada kayak raja susu , bintang susu , dunia suu ,istana susu ,planet susu,rumah susu.jadi menurut mas,enaknya saya pake nama apa ya?singkat dan mudah di ingat ,makasih

  15. mas bayu, saya mau buka bimbel. kira2 nama yg bagus, simple spya mudah diingat apa y? mohon bantuannya, trmksh

    • Yang berhubungan dengan edukasi atau simbol-simbol kampus asal pendirinya. Misalnya pendirinya dari UI bisa pakai kata “makara”, kalau dari UGM bisa pakai kata “gama”, kalau dari ITB bisa pakai kata “ganesha”. Atau yang berhubungan dengan sukses seperti Bimbel “Pintar” atau “Otak Encer”.

  16. Selamat Malam Mas , saya mau konsultasi kira-kira menurut mas saya mau buka usaha makan terutama di bidang masakan kare, saya utamakan kare pindang ikan tongkol, dimana konsep yang mau dibuat makanan yang mempunyai tingkat kepedesan berlevel-level. Mohon sarannya nama yang cocok dan mudah diingat produk tersebut. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

  17. mas saya mau buka percetakan. saya udah siapin nama.namanya numera grafika mandiri. bagus ga ya ? numera sendiri singkatan dari nama saya, ibu dan adik saya mas..

    • mas,saya mau buka usaha percetakan,nama yg unik/cocok apa ya?tp ak pngenny klo dsingkat jd SS..
      thx

  18. Mas Bayu, saya mau buka usaha jas hujan. Kira” nama yang cocok untuk usaha saya apa ya? Plz bgt bantuannya.

  19. tolong mas bhayu…saya ingin mencari nama perusahaan di bidang supplier makanan terutama di saos tomat, sambal & minyak goreng. tolong dijawab ya. terima kasih sebelumnya

  20. selamat pagi mas bayu, nama saya firman maulana dan teman saya rully mau usaha bersama dibidang outsourcing (penyedia jasa seperti cleaning service, satpam) dan juga mecanical elektronik (borongan pembuatan/perbaikan untuk pabrik dan rumah) tapi bukan ke arah kontruksi.
    saya boleh minta saran dari mas bayu untuk pembuatan nama PT saya nanti?..
    bisa mas bayu kirim ke email saya di NorizkaMaulana@yahoo.com atau melalui balasan disni..
    terima kasih mas bayu, salam sukses untuk mas bayu..

  21. Selamat sore Mas.Bayu .Saya mau buka usaha bermacam – macam kerajinan, contohnya kursi dari bahan bamboe /awi hideung serba bambu seperti kursi , meja rak sepatu dll . tolong nama yg bagus atau unik serta hoki namanya apa ..?? saat ini namanyay sagita ( sanggar sindangkerta ) tapi belum resmi yg cocok apa .

  22. malam mas .. sy mau buka usaha tas etnic.. atw tas hpo yg etnic… bingung >.minta sarannya mas… mksh banyak sebelumnya

  23. apa ya nama yg cocok dan mudah diingat orang untuk agent tour dan motto yang cocok dengan nama? kmi ingin membuka agent tour,,pliss bantuannya ya 🙂

  24. Mas… Saya ifah di Makassar mau buka usaha laundry. Nama yang unik dan mudah diingat apa ya?makasih

  25. Mas… Saya ifah di Makassar, alamat jl.tidung mariolo,,,saya rencana mau buka usaha laundry, tp masih bingung pilih namanya. Nama yang unik dan mudah diingat apa ya mas?mohon bantuannya ya,,,makasih

  26. Mas Bayu.. Saya mohon sarannya nih. Saya baru buka warung minuman Wedang Ronde Jahe. Trus saya mau bikin logo, tp saya masih bingung dgn namanya, kira2 nama yg unik, penasaran dan mudah di ingat, menurut mas Bayu bagusnya apa. Saya mohon sekali bantuannya, mas. Makasih

  27. mas saya pengen buka toko, tp tkonya lengkap ada baju cwe cwo, baju bayi, anak,tas, sepatu, sandal dll kira2 nama apa yg cocok untuk toko saya?

  28. mas mohon carikan nama yang bagus untuk perusahaan general supplier untuk di bidang alat alat teknik permesinan

  29. kalo cv.mitra sejahtera ok ngga untuk usaha distributor sembako dan juga penyedia jasa ekspedisi.trims mas bayu

  30. Alooo …salam kenal mas bayuu….
    Saya mau buka butik offline dan offline,lokasi dibekasi,butik hasil jahit sendiri…,kira2 nama yg bagus untuk butik saya apa yaa mas…
    yang mudah dingat dan selalu dihati pelanggan,
    oyaa nama saya mawar selasih
    kalau butik mawar sptnya sdh ada siempunya…heehhe
    terima kasiiih….

  31. slamat pagi mas bhayu.. saya mau membuka usaha lembaga pendidikan untuk siswi2 pramugari dan untuk resepsionist.joint bersama teman saya.nama saya retty.nama teman saya rossie. apa nama yang baik ya.tks

  32. Mas,,,saya mau buka toko Bahan Roti,,yg bagus namanya apa ya,,,referensi nama anak saya Amira Mufida Hasanah dan saya Nur Riyanto..mhon usulanya…oh ya boleh di email saja ke nuras_00@yahoo.co.id (maaf jarang online) atau sms ke 085740074451

  33. Assalamualaikum?
    Siang mas.. mohon ijin dan bantuannya mas… Sy sedang usaha jajanan kuliner masakan & minuman internasional tapi saat ini belum ada nama yang cocok.. Kira2 apa nama brand yg cocok n bagus… Mohon sarannya mas. Makasih 🙂

  34. mau tanya mas..saya membuka sebuah usaha cutting stiker.kira2 nama yang cocok untuk usha stiker apa y?
    sebelumnya saya memakai nama singkat sya ds cutting stiker,tapi saya pngen mengntinya dgn nama lain,kira2 bgusnya apa y?

  35. mas, apa ya nama yang bagus untuk usaha minuman jelly ice dan makanan2 siap saji . saya udah dapet nama depan nya “Qimo” tapi bingung mau ditambahin apa untuk nama selanjutnya biar menarik . mohon bantuannya mas

  36. Hallo mas ,bingung nih mas mau cari nama buat toko saya.
    Saya produksi busana muslim anak
    “Anggie collection ” (produk cewek)
    “Naufal kids” (produk cowok)
    *merk tersebut diatas adalah nama anak2 saya.
    Sekarang juga buka Toko yg selain menjual produk saya sendiri juga menjual baju anak,daster-babydoll (dewasa & anak),mukena (anak & dewasa),tas sekolah dll.
    Nah yg saya bingung ngasi nama tokonya itu.
    Kira2 apa ya mas nama toko yg bagus & membuat orang tau bahwa ditoko saya ini juga ada yg produksi sendiri ?
    Makasih sebelumnya 🙂

  37. Mas bhayu , kita sedang mendirikan e.o birthday party , kira2 nama yang cocok apa ya?

  38. MAS BHAYU DBANTU NHIE SAYA AGY BUAT USAHA LAPANGAN FUTSAL & FITNESS SUDAH HAMPIR SLESE TPI BLOM PUNYA NAMA YG BAGUS NHIE…DIBANTU NANTI MASALH uang lelah ada mas…invite pin bm saya 7997212f/085739100800.thank’s

  39. Mas saya mau nanya nama yang unik dan lucu untuk usaha minuman susu saya yang bagus apa yah

  40. Hallo mas, saya baru mau buka usaha tas dan sepatu kulit produk sendiri kira2 apa ya namanya

  41. Mas, saya mau buka toko buku, kira2 nama yang keren dan mudah diingat orang apa ya…. makasih

  42. Saya berencana membuka usaha karoke keluarga kira2 apa yah yang cocok namanya saya tinggal di daerah kabupaten bukan kotamadya

Tinggalkan komentar