Statistik Blog Ini Pada 2016

Pada 2016 blog ini mencapai  “milestone” kesuksesan dengan menembus angka “super keramat” hits kunjungan sebanyak 1 juta. Akan tetapi, secara keseluruhan angka kunjungan (tampilan) dan pengunjung turun dibandingkan tahun sebelumnya, sebagaimana dapat dilihat pada foto screenshot.

Data statistik tahun 2016 menunjukkan angka 238.321 tampilan dengan 162.298 pengunjung. Ini merupakan penurunan dari tahun sebelumnya yaitu 2015 dengan 245.642 tampilan dan 171.126 pengunjung. Walau masih di atas tahun 2014 dengan 232.216 tampilan dan 176.976 pengunjung.

Meskipun tidak disengaja, rupanya selama tiga tahun terakhir terjadi eksperimen trending hits  di blog ini. Saya yang jarang lagi menulis teratur sejak 2011 membuat tidak banyak dimunculkannya tulisan baru dan aktual. Apalagi sejak laptop dan eexternal hard disk saya hilang dicuri maling pada 7 Oktober 2015, terus-terang semangat menulis saya menurun drastis. Akibatnya antara lain adalah pada banyaknya hari-hari kosong pengisian blog ini.

Namun, perhatikan lonjakan hits di tahun 2014 dibandingkan 2013. Di tahun itu tercatat 123.093 tampilan dengan 91.393 pengunjung. Terjadi kenaikan sebanyak 109.123 tampilan dengan 85.583 pengunjung  pada tahun 2014. Tampaknya itu dari perbaikan algoritma mesin pencari terutama Google. Karena faktanya, 90 % lebih pengunjung blog ini datang dari sana. Hampir tidak ada pelanggan tetap blog ini yang mampir tiap hari untuk mengecek apakah ada unggahan tulisan baru. 

Statistik juga menunjukkan, pengunjung blog ini mencari informasi spesifik. Ada yang sekedar ingin tahu, tapi ada juga yang karena tugas sekolah atau kuliah. Mereka nyaris tidak membaca tulisan berisi keseharian saya atau yang bersifat “curhat” belaka. Koneksivitas dengan  Facebook dan Twitter juga nyaris nol. Hampir tak ada pengikut (followers) saya di kedua media sosial tersebut yang mampir ke blog ini dengan meng-klik tautan yang saya tambatkan.

Dengan pengetahuan mutakhir dari statistik tersebut, di 2017 saya berniat memperbaiki kinerja blog ini. Insya ALLAH diniatkan ikhlas sebagai menabur ladang ilmu bermanfaat bagi pengunjung. Walau di sisi lain saya jelas mendapatkan manfaat yang tak kalah besarnya berupa kepuasan batiniah dan katalis pikiran pribadi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s