Teladan Muhammad Ali Bagi Saya

image

Secara pribadi, saya tentu tak mengenal Muhammad Ali. Bahkan, seperti saya tuliskan di status panjang di account FB utama saya, hingga Ali pensiun pada 1981 pun saya masih kecil. Sehingga, saya hanya tahu dia dari bacaan dan tayangan televisi saja.

Ketika Ali wafat setelah lebih dari 30 tahun menderita sakit, entah kenapa saya terhenyak. Bahkan ketika menyaksikan tayangannya langsung dari video streaming di Youtube, tak terasa saya “mbrebes mili”. Dan saya tahu, sebagai seorang salik, bahwa itu tandanya saya sedang melihat jenazah seorang yang “khusnul khatimah”. Insya ALLAH.

Maka, saya lantas tergerak untuk bercuit di Twitter selain menulis di blog ini pada hari Sabtu (11/6) kemarin. Meski tulisan di blog ini tak begitu banyak dibaca, tanpa dinyana cuitan Twitter saya yang memuat gambar komik di atas direspon begitu banyak followers terutama dari luar negeri. Senang rasanya karena ini memecahkan rekor re-tweet, favorites, penayangan dan keterlibatan terbanyak atas cuitan saya.

image

Alhamdulillahirabbil’alamiin. Syukurlah ada apresiasi begitu besar. Namun, ini bukan karena saya, tapi justru karena nama besar almarhum sendiri.

Ketika merenungkan hal itu, saya mendapati kutipan menarik dari Bill Clinton yang memberikan pidato pada upacara pelepasan jenazah. Salah satu ucapannya adalah alasan kenapa Ali begitu dikenang banyak orang: “He is bigger than ever because he is a free man of faith.” Dan satu lagi kalimat Clinton yang membuat saya jadi bersemangat: “I think he decided very young to write his own life story. … He decided he would never be disempowered.”

Sama dengan Ali, saya juga bertekad “menulis sendiri kisah hidup saya”. Saya memutuskan bahwa tidak ada seorang pun yang berhak merendahkan saya.

Semoga tekad dan semangat Ali terus hidup dalam jiwa banyak orang. Saya sendiri juga berharap bisa menjalankan teladan darinya. Dan tentunya semoga almarhum Muhammad Ali sendiri mendapatkan ridho ALLAH SWT di alam barzakh dan akherat kelak. Aamiin.

Kutipan ucapan Bill Clinton dari cnn.com.
Foto komik dari Twitter, pembuatnya tidak diketahui.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s