Pemakaman Muhammad Ali

Pagi ini Waktu Indonesia Barat, jenazah Muhammad Ali dimakamkan. Dialah petinju terbesar dalam sejarah dunia olahraga sehingga dijuluki “The Greatest” dan “The Champ”. Seperti kita semua tahu, beliau wafat hari Jum’at, 3 Juni 2016 pekan lalu di Scottsdale, Arizona pada usia 74 tahun.

Upacaranya dimulai jam 3 sore dan berakhir sekitar pukul 18:10 (6:10 p.m. EDT). Setelah upacara pelepasan untuk umum yang diliput langsung oleh sejumlah stasiun TV dan radio, dilanjutkan dengan upacara pemakaman khusus untuk keluarga yang tertutup.

Karena perbedaan zona waktu geografis, saat ini di A.S. masih hari Jum’at, 11 Juni 2016. Di negara bagian Kentucky sendiri sebagian masuk EDT (Eastern Daylight Time) dan sebagian masuk CDT (Central Daylight Time). Amerika Serikat sendiri membagi negaranya dalam tiga zona waktu berbeda.

Muhammad Ali dimakamkan di Cave Hill Cemetery yang berada di Louisville, Kentucky. Kota ini adalah kampung halaman tempat kelahirannya pada 17 Januari 1942. Ia terlahir dengan nama Cassius Marcellus Clay, Jr. Nama Muhammad Ali sendiri diumumkan oleh Elijah Muhammad -pemimpin Nation of Islam, gerakan perjuangan Islam di A.S.- saat Clay menjadi muallaf tahun 1964.

Saat upacara pelepasan publik yang dipimpin Iman Zaid Shakir, hadir tak kurang dari 20.000 orang. Suatu jumlah yang fantastis mengingat Muhammad Ali bukanlah pemimpin negara. Terlihat banyak tokoh dan figur publik yang hadir. Antara lain adalah mantan Presiden A.S. Bill Clinton yang diberi kesempatan memberikan sambutan. Juga ada aktor Will Smith yang memerankan Muhammad Ali dalam film Ali (2001) besutan sutradara Michael Mann.

Selamat jalan Muhammad Ali. Insya ALLAH dua pribadi Kekasih Tuhan yang kau sandang namanya akan menyambutmu sendiri di pintu alam barzakh. Merekalah Kanjeng Rasulullah Muhammad S.A.W. dan Khalifah Sayyidina Ali r.a. k.w.

Allahumaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fu anhu.

Data dari cnn.com.
Foto dari youtube.com (screenshot)

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s