Putar Ulang 2015

youtube rewind 2015

Di awal tahun 2016 ini, saya ingin mengajak kita semua untuk menikmati “putar ulang 2015”. Ini adalah tradisi dari situs berbagi video Youtube untuk membuat video parodi dari berbagai video yang paling diminati pengunjungnya di tahun bersangkutan. Dimulai tahun 2009, hingga kini berarti sudah enam kali tradisi ini dilakukan. Lucu dan menarik. Dan sejak tahun lalu, ada pula Youtuber Indonesia yang berinisiatif membuat versi khusus negeri ini.

Fenomena Youtube memang gila. Bayangkan saja, video clip dari Major Lazer & DJ Snake (feat. ) berjudul Lean On hingga hari ini sudah ditonton tak kurang dari 978 juta orang! Wow! Itu cuma 22-an juta saja dari angka 1 milyar! Luar biasa kan? Videp clip penyanyi remaja yang berawal dan besar dari Youtube yaitu Justin Bieber berjudul Sorry (Purpose: The Movement) pun menuai angka kunjungan fantastis, 483 juta atau nyaris setengah milyar! Malah, rekor terbanyak dipegang oleh Roar dari Katy Perry dan Shake It Off dari Taylor Swift yang disaksikan lebih dari 1,2 milyar!

Sayang sekali, karena di internet segala sesuatu kini bisa didapatkan dengan mudah dan gratis, hal ini banyak memukul industri di dunia nyata. Meski kini Youtube telah mau berbagai penghasilan dengan para penyedia content, tetapi industri dunia musik terpukul keras. Di Indonesia saja, kabar sedih datang dari Disc Tarra yang terpaksa gulung tikar. Saya termasuk yang sangat kehilangan.

Sebenarnya, industri perfilman pun begitu. Tetapi, mengingat bioskop dan televisi justru kini menjadi hiburan masyarakat kelas menengah-atas, ia tetap bisa hidup. Walau khusus untuk Indonesia angka penonton film Indonesia menunjukkan kecenderungan terus menurun dari tahun ke tahun. Dan di sini, film dan musik begitu mudah dibajak. Asal tahu saja, negeri kita tak pernah lepas dari 5 besar negara di dunia sebagai pembajak berbagai produk industri.

Ah, sudahlah. Tak usah terlalu serius. Yuk kita “putar ulang 2015” dengan menyaksikan video dari Youtube ini. Anda sekaligus bisa mengenang kenangan hidup yang menyertainya tentu…😉

Ini Youtube Rewind 2015 asli:

 

Ini Youtube Rewind 2015 versi Indonesia:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s