Tetaplah Bersamaku

28-sam-smith-stay-with-me

Lagu ini sempat heboh karena Sam Smith dituding menjiplak lagu lama yang dipopulerkan oleh Tom Petty. Judul lagu yang dirillis tahun 1989 itu adalah “I Won’t Back Down”. Notasi terutama pada bagian chorus-nya memang sangat mirip di telinga. Akhirnya setelah melalui perundingan, “jalan damai” ditempuh. Sam Smith bersedia memberikan bagian royalti kepada Tom Petty. Dan namanya sendiri ditambahkan sebagai pencipta lagu di samping Sam Smith, Jeff Lynne, William Phillips dan James Napier.

Anyway, di samping kehebohan soal hak cipta, lagu ini sangat manis dinikmati. Kekuatannya justru pada kesederhanaan lirik. Coba saja simak:

[Verse 1:]
Guess it’s true, I’m not good at a one-night stand
But I still need love ’cause I’m just a man
These nights never seem to go to plan
I don’t want you to leave, will you hold my hand?

[Chorus:]
Oh, won’t you stay with me?
‘Cause you’re all I need
This ain’t love, it’s clear to see
But darling, stay with me

[Verse 2:]
Why am I so emotional?
No, it’s not a good look, gain some self-control
And deep down I know this never works
But you can lay with me so it doesn’t hurt

Nah, bagian chorus itulah yang diulang-ulang hingga tiga kali. Tidak sulit menghafalkannya apalagi menyanyikannya. Saya sendiri juga “jatuh cinta” pada lagu ini justru setelah mendengar Sulle Wijaya dan Yosua Pichaba menyanyikannya dalam ajang kompetisi X-Factor Indonesia 2015. Cara menyanyikannya yang berbeda dengan versi asli Sam Smith justru sangat menarik.

Meski syairnya secara harfiah bernada “memohon”, tetapi sejatinya ini adalah pernyataan cinta seorang pria yang jantan. Ia mengakui kelemahannya dan kebutuhan cintanya kepada kekasihnya. Sehingga, ia memohon kepadanya untuk tetap bersama. Karena di sisi lain, bila sebuah hubungan tak bisa dipertahankan, salah satu akan pergi meninggalkan. Inilah yang dicegah oleh sang pria. Meski, tentu saja lagu ini tak haram dinyanyikan wanita.

Dalam dunia nyata, kecuali kedua orang pasangan tergolong tipe romantis yang menyenangi seni seperti lagu dan puisi, hampir tak mungkin ada yang mau tinggal setelah perselisihan. Perpisahan sudah hampir pasti apabila pertengkaran sudah menjadi-jadi. Apabila tak ada pertengkaran, tentu perselisihan dalam diamlah yang terjadi. Menyanyikan lagu saja tak akan pernah cukup.

Ah, sudahlah. Bagi yang masih punya pasangan, baik itu masih pacar atau sudah resmi, ingatlah selalu lagu ini. Karena apabila sudah terjadi perpisahan, akan sangat sulit untuk disatukan kembali. Bahkan apabila kita sampai memohon: “Tetaplah bersamaku” sekali pun. Yuk, kita nikmati lagunya yang saya sajikan dalam dua versi…..

 

Ini versi aslinya:

Dan ini yang dinyanyikan dalam kompetisi X-Factor Indonesia:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s