Putri Pariwisata El John: Citra Pesona Indonesia

image

 

Di Indonesia ada sejumlah kontes ratu kecantikan. Kebanyakan mengambil lisensi atau membeli hak penyelenggaraan dari master licensor di luar negeri. Dengan demikian pemenang di Indonesia akan dikirimkan ke kompetisi serupa di tingkat internasional.

Salah satu di antara penyelenggara kegiatan tersebut adalah El John group. Secara konsisten ajang Putri Pariwisata telah diadakan sejak 1971. Johnnie Sugiarto sebagai penggagasnya dalam kesempatan seminar yang diadakan oleh KOPI hari Kamis (26/12) lalu menyatakan kalau dirinya terpanggil ikut memajukan Indonesia. Karena ia memiliki hotel dan resort serta biro perjalanan, maka perhatiannya tentu kepada dunia pariwisata. Salah satu yang dianggapnya penting untuk dilakukan adalah memilih duta untuk membantu berpromosi di luar negeri.

Dan tugas itu diemban oleh para wanita terpilih yang memenangkan gelar Putri Pariwisata. Setiap tahun El John group memilih satu orang juara pertama dan empat orang juara kedua (runner-up). Juara pertama menyandang gelar Putri Pariwisata. Sementara runner-up diberi tambahan nama gelar sesuai tugasnya: marine, eco, sport dan culinary.

Tentu saja upaya El John ini memiliki beberapa aspek positif sekaligus. Pertama-tama tentu membantu pengembangan pariwisata Indonesia. Tetapi juga mengembangkan kapabilitas SDM Indonesia terutama peranan wanitanya. Maka, bagi saya, Putri Pariwisata besutan El John merupakan manifestasi dari slogan pariwisata kita, sebaga citra pesona Indonesia.

 

Foto: Johnnie Sugiaeto; eljohn-pageants.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s