Love Don’t Cost A Thing

jennifer-lopez-love-dont-cost-a-thing_7721432-56220_640x360

Ya betul. Judul artikel kali ini berasal dari judul lagu yang dinyanyikan oleh Jennifer Lopez. Melihat video clip-nya, akan makin terasa artinya “cinta itu tidak menghabiskan biaya apa pun”. Atau kalau mau memakai bahasa slang: “cinta kagak itung-itungan.” Di sana, Jennifer Lopez membuang berbagai benda berharga yang dikenakannya sebagai asesoris seperti kalung dan gelang emas. Benda-benda yang dberikan kekasihnya sebagai pengganti ketidakhadirannya.

Padahal, cinta itu seharusnya murah saja. Ia tidak perlu memberikan apa pun, cukup cinta itu sendiri. Tetapi di zaman serba material seperti sekarang, rasanya sulit juga kalau tanpa uang. Apalagi segala kebutuhan hidup naik harganya. Masih pacaran saja perlu “modal”, apalagi saat sudah menikah kelak.

Tetapi dari sisi lain, kalau sudah cinta, tidak ada yang terasa mahal. Semua hal akan diberikan bila mampu. Kalau saja Matahari dan Bulan bisa diberikan kepada kekasihnya, bisa jadi akan dipersembahkan juga dalam nampan emas.

Saya lantas teringat pada film Bruce Almighty (2003) yang diperankan oleh Jim Carrey. Meskipun film komedi, tetapi filosofi film itu dalam sekali. Bahwasanya manusia yang kerap haus kekuasaan (Will to Power kalau diistilahkan oleh Nietzsche) justru menggunakan kekuasaan itu untuk kepentingan dirinya sendiri saja. Di film itu, Bruce Nolan menggunakan “pinjaman kekuasaan Tuhan” semata untuk menarik perhatian kekasihnya Grace Connelly (Jennifer Aniston). Ia tak peduli tindakannya berakibat bencana bagi orang lain. Seperti saat ia menarik Bulan mendekat ke Bumi –secara harfiah karena ia dikisahkan punya “kekuatan Tuhan”- semata untuk mengesankan wanita incarannya, sebagai efek samping terjadilah tsunami di Jepang. (Bagi yang tidak bolos pelajaran fisika saat SMA, akan tahu bahwa pasang naik dan pasang surut di laut itu akibat daya tarik gravitasi Bulan).

Andaikata semua orang yang sedang jatuh cinta bertindak seperti Bruce Nolan, niscaya dunia kacau-balau. Lha wong saat ada orang pacaran saja, seakan dunia milik berdua kok. Orang lain dianggap cuma ngontrak belaka. Hehe.

Sulit memang di dunia kita saat ini mencari “cinta tanpa syarat”. Karena itu, bila Anda menemukannya, bersyukurlah setiap hari. Istri yang tidak menuntut suami selain kewajiban dasar menafkahi keluarga. Suami yang bekerja keras bagi keluarga. Dan keduanya setia satu sama lain. Itu adalah kondisi ideal minimal. Persoalan ekonomi justru bisa dicari kemudian bersama.

Maka, saya mengajak Anda yang sudah memiliki pasangan hidup untuk bersyukur. Yang masih pacaran pertimbangkan untuk serius menikah. Dan bagi yang jomblo, berdo’a dan berusaha terus, dengan membuka setiap pintu seluas mungkin. Yuk, sama-sama kita malam mingguan sambil mendendangkan lagu ceria ini:

 

Foto Jennifer Lopez: www.izlesene.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s