Jangan Percaya Siapa Pun

don't trust people-lswp

Karakter Gerry Lane (Brad Pitt) dalam film World War Z (2013) mengatakan agar “Jangan percaya orang lain. Saya katakan kepadamu, mereka tidak aman.”

 

Sepanjang hidup, saya sulit percaya pada manusia lain. Ada alasannya. Pertama, karena saya berkepribadian introvert. Kedua, karena ternyata, orang-orang yang saya percaya khianat. Sehingga saya trauma dan sakit hati. Bahkan, sebenarnya ada efek nyata seperti kerugian material.

Saya hanya pernah mempercayakan rahasia hidup terdalam saya kepada dua orang mantan pasangan hidup saya terdahulu. Tapi alih-alih menjaganya, mereka malah menghina saya dengan mengkhianati kepercayaan saya dan berpaling kepada lelaki lain. Dua orang lagi adalah saudara saya. Satu orang paman dan satu orang sepupu. Saya percaya kepada mereka karena secara kualifikasi mereka berpendidikan S-2 dan punya wawasan pergaulan cukup luas. Tetapi alih-alih menolong menyelesaikan masalah saya, mereka malah meninggalkan saya dan tidak percaya.

Maka, saya memilih untuk tidak percaya lagi pada siapa pun. Terutama dalam konteks pribadi.

Sementara untuk konteks selainnya, saya berprinsip “sedia payung sebelum hujan”. Selalu ada kontrak hukum untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar. Saya menggunakan prinsip “praduga bersalah”. Semua orang “tidak aman” sampai terbukti sebaliknya.

Memang, ada ekses negatifnya. Saya akan jadi sangat curiga.

Tetapi justru ada positifnya yang kuat: saya jadi waspada dan hati-hati.

Begitu saja, saya masih saja kehilangan banyak dan tertipu. Seringkali saya memang mudah jatuh kasihan dan iba serta ditambah rasa tidak tega. Inilah yang seringkali dimanfaatkan orang lain.

Kehilangan uang bisa dicari lagi. Tetapi barang seringkali sulit karena belum tentu dijual. Terlebih lagi kalau yang hilang adalah perasaan dan harga diri, tentu mustahil dicari gantinya. Maka, saya memilih untuk memegang prinsip yang dinasehatkan dalam film World War Z (2013) di atas.

Tinggalkan Balasan

