Nilai dan Harga Situs

value of LifeSchool by Bhayu

Beberapa hari lalu, saya melakukan pengecekan terhadap semua website dan blog yang saya miliki dan kelola. Tentu saja, langkah ini sekaligus melakukan optimasi mesin pencari (SEO = Search Engine Optimization). Ternyata, saya merasa bodoh sekian lama abai tidak memperhatikan perkembangan. Dari sekian paramater, ternyata sudah banyak yang tertinggal dan tidak terisi dengan baik.

Selain melihat penilaian yang mungkin teknis bagi yang kurang paham sistemnya, ada hal yang juga terlihat secara kasat mata dari penilaian ini. Karena ada situs pemeringkat dan penilai yang juga menaksir harga sebuah situs, baik itu website dengan domain utama (TLD = Top Level Domain) ataupun di-hosting di penyedia layanan gratis seperti blog yang sedang Anda baca ini.

Ternyata, alhamdulillah, nilai dari blog ini masih cukup tinggi. Meski tentu saja karena ‘numpang’ dan bukan di hosting berbayar, blog ini tidak bisa dijual. Anda bisa lihat sendiri dari foto yang saya tampilkan di sini, harga blog ini bervariasi. Dari yang terendah US$ 1,453, lalu US$ 1,866, kemudian US$ 2,422 dan yang tertinggi melonjak di angka US$ 11,660. Tentu saja harga ini ‘nggak ada apa-apanya’ dibandingkan situs-situs di puncak ranking Alexa.com seperti Facebook, Google, Twitter atau Wikipedia. Tetapi harus diingat, mereka adalah situs profesional yang dikelola perusahaan dengan dana jutaan dollar.

Karena itu, pembandingnya adalah situs atau blog milik sesama teman. Tentu saya menyasar beberapa blogger yang kerap diundang sebagai narasumber. Alhamdulillah, dari tujuh yang saya cek, saya hanya kalah dari satu orang saja. Dan tentu saja, kekalahan itu bukan membuat saya iri atau marah, tetapi justru sebagai bahan pembelajaran.

Saya lihat situs yang bersangkutan, saya pelajari algoritma terutama SEO-nya. Dan saya tahu bahwa milik saya memang pantas kalah. Secara bertahap, saya tingkatkan performa semua situs dan blog saya. Tentunya dengan harapan bisa lebih baik lagi dalam indeks di mesin pencari. Dan lebih jauh lagi bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak, sehingga insya ALLAH amal ibadah saya lebih banyak lagi karena memberikan informasi secara gratis kepada khalayak. Aamiin.

One response to “Nilai dan Harga Situs

  1. Ping-balik: Aktivitas Saya | LifeSchool by Bhayu M.H.·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s