Ksatria Yang Terluka

tumblr_mevyejiFqu1rziyzco1_1280

Sehari-hari, saya memang tidak berprofesi sebagai tentara atau ksatria. Tetapi dalam penyikapan kehidupan sehari-hari,  saya mengamalkan nasehat Sun Tzu dengan memandangnya sebagai “perang”. Ini termasuk pula dalam percintaan, terutama karena pengalaman saya pribadi yang dua kali dikhianati dan dihinakan oleh pasangan yang paling saya muliakan. Karena itu, saya memandang diri sebagai pejuang (warrior).

Apalagi, kalau Anda tahu kehidupan asli saya, sungguh sangat penuh perjuangan. Tantangannya bak gabungan problematika yang dialami karakter Forrest Gump dan Jenny Curan dalam film Forrest Gump (1994). Sebenarnya, problematika saya malah lebih rumit lagi karena ada beberapa karakter di film lain yang akan menjadi terlalu gamblang kalau saya sebutkan. Andaikata orang lain “bertukar peran menjadi saya”, niscaya mereka tidak akan kuat. Selama 38 tahun hidup saya, masalah tidak kunjung selesai karena ada pihak lain yang tidak mau menyelesaikan. Konyolnya, saya yang korban malah dituduh macam-macam.

Semua pengalaman hidup itu membentuk saya menjadi pribadi yang tangguh (baca kembali tulisan saya “Seberapa Tangguhkah Anda?“), walau resikonya saya menjadi “menakutkan” bagi orang lain. Biarlah. Karena hanya dengan cara itulah saya bisa bertahan.

Kemarahan  akan menjadi positif bila bisa diarahkan, karena di dalamnya ada luapan energi. Sementara situasi yang sama bisa saja disikapi dengan kesedihan. Ini lebih negatif karena justru akan menyedot energi.

Seperti halnya dalam perang, seorang ksatria yang terluka parah apalagi menyadari akan menghadapi kematian, biasanya akan mengamuk. Ia berusaha membunuh sebanyak mungkin musuh sebelum ia sendiri terkulai lemas karena luka-lukanya. Itulah kondisi yang terjadi pada diri saya sekarang.

Begitu marahnya saya pada keadaan, sehingga saya memaksa diri menembus batas ketahanan saya sendiri. Baik secara fisik maupun intelektual. Karena saya sadar, seperti diteriakkan Bon Jovi dalam lagunya “It’s My Life” (2000), bahwa saya harus bertindak: “Now or Never!

 

Ilustrasi: forum.paradoxplaza.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s