Buku Teman dalam Koleksi Saya

Buku Bhayu Nov 2014

Kalau ada teman berhasil menerbitkan buku, apalagi oleh penerbit besar, saya pasti akan segera ke toko buku membelinya. Bukan meminta gratis. Karena itulah jerih-payahnya. Kalau Anda kenal Ir. Ciputra misalnya, akankah Anda berani meminta rumah, apartemen atau toko gratis?

Buku adalah karya intelektual. Bagi sebagian orang, memang itu sampingan. Tetapi bagi penulis, itu ladang penghidupannya yang utama. Karena itu, meminta buku gratisan kepada penulisnya “mentang-mentang kenal” atau “harga teman”, tentunya merupakan pelecehan dan merampas mata pencahariannya.

Saya memiliki minat sangat luas. Kini koleksi buku saya sekitar 3.500 eksemplar yang tersebar di tiga lokasi. Topiknya beragam. Dalam sebulan, saya memang menganggarkan selalu membeli buku baru. Apalagi seperti saya bilang tadi, kalau ada kawan yang terbit bukunya.

Seperti Anda lihat di foto, tema bukunya beragam. Ada bisnis-kewirausahaan, motivasi, pengetahuan umum, kemiliteran, marketing, brand, teknologi informasi, parenting, bahkan wisata. Dari situ, ada dua buku teman saya, yaitu Selfie karya Andari Karina Anom dan Middle Class Muslim karya Yuswohady.

Semua orang sukses suka membaca. Sukses lho ya, bukan kaya. Kita bisa kaya dengan maling seperti koruptor atau bahkan dengan cara irrasional yang ditentang agama seperti pesugihan. Saya tidak pernah melihat figur publik terutama tokoh politik  yang tidak suka membaca. Kalau berkunjung ke rumah atau kantornya, akan terlihat deretan buku di sana.

Dan sebaliknya, saya lihat sendiri dari lingkungan saya, mereka yang tidak suka membaca hidupnya “one liner” dan tidak bermakna. Mereka “begitu-begitu saja” sampai mati. Banyak aktivitas lain sangat tergantung usia, tapi membaca buku tidak. Dulu misalnya, saya cukup sering berpetualang di alam bebas walau cuma “kelas coro”. Tapi karena masalah kesehatan dan waktu, saya kini tidak bisa lagi sebebas dulu. Sementara dari saya kecil sampai sekarang dan insya ALLAH sampai tua, saya akan terus membaca.

 

Tinggalkan Balasan

