Pejuang Kehidupan

3d-heroes-2014Malam ini, saya menyaksikan tayangan tunda penganugerahan “Kick Andy Heroes Award 2014” di Metro TV. Ada beberapa nama pejuang kehidupan yang dianugerahi penghargaan. Semuanya orang biasa, seperti Anda dan saya. Tapi mereka bisa berdiri di panggung dan menginspirasi banyak orang karena mereka memiliki tiga hal yang saya tidak miliki: kepedulian, keteladanan dan tindakan nyata. Mereka hebat dan luar biasa. Tapi seperti halnya tacit knowledge, saya masih saja mendengar komentar bernada, “Ah, kalo gitu doang mah biasa.” Ironisnya, orang yang mengatakan begitu adalah orang yang tidak melakukan apa-apa selain bekerja untuk diri sendiri dan keluarganya selama puluhan tahun.

Memang, bekerja dan mencari nafkah untuk menghidupi keluarga itu baik. Tapi itu kewajiban. Semua orang melakukannya. Jadi, itu hal yang biasa saja. Sementara karya yang dilakukan orang-orang itu adalah beyond and above it, karena itu jadi luar biasa. Mereka melakukan semua tindakan hebat itu untuk orang lain yang bahkan bukan keluarga atau kerabatnya. Seringkali, tanpa bayaran dan tanpa imbalan lain pula. Andaikata tidak ada program semacam “Kick Andy”, bisa jadi perjuangan mereka tidak ter-ekspose. Selain penayangan melalui televisi, penulisan buku tentang profil mereka juga diharapkan memberikan inspirasi lebih jauh.

Menjadi hebat bukan menjadi sukses secara finansial dan kaya. Uang bisa membeli banyak hal di dunia fana ini, tapi punya uang banyak ternyata tidak membuat orang mudah tergerak. Saya heran dengan orang-orang kaya yang uangnya sudah “tumbuh di pohon”. Mengapa sangat sedikit dari mereka yang tergerak untuk filantropi? Saya sendiri juga sama pelitnya, apalagi saya merasa bukan orang kaya. Padahal, kalau mencontoh dari teladan agama saya, banyak orang yang sampai merelakan seluruh hartanya untuk kepentingan agama. Nabi Muhammad SAW sendiri meski bisa dibilang kekuasaannya bak seorang raja, tapi ia hidup amat miskin. Seringkali Rasulullah SAW berpuasa hanya karena di rumahnya tak ada makanan sedikit pun. Dan mereka membaktikan segala yang mereka miliki semata demi kemaslahatan umat.

Melihat tayangan “Kick Andy” malam ini, saya jadi merasa tambah “omdo”. Semua yang saya lakukan tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang sudah dibuktikan para pejuang kehidupan tersebut. Mereka benar-benar memberikan hidupnya bagi masyarakat yang diberdayakannya, bukan sekedar gincu pemanis bibir saja. Apalagi basa-basi politik menjelang Pemilu. Salut!

2 responses to “Pejuang Kehidupan

Tinggalkan Balasan

