Statistik Blog

Hits LifeSchool blog 11 Januari 2014

(klik pada foto untuk memperbesar)

Seorang teman pernah dengan bangganya menuliskan di status FaceBook-nya, katanya blognya yang sudah lama tak di-update posting-annya ternyata mencapai hits 200 ribu-an. Tak lupa ia mengunggah screenshot blog-nya yang diletakkan di hosting gratis blogger.com.

Namun, saat saya cermati, counter stat-nya ternyata dari third party. Artinya, angka itu tidak valid. Anda bisa menyetel penghitungan angka kunjungan alias hits blog yang baru saja Anda buat 5 menit lalu dimulai dari angka 1 juta misalnya. Anda bisa menipu awam dan mungkin menipu diri sendiri, tapi jelas tak bisa menipu para ahli teknologi informasi atau blogger sejati seperti saya.

Apa pentingnya statistik blog? Bagi saya jelas, itu menunjukkan minat pembaca pada artikel. Kalau dalam konteks SEO (Search Engine Optimization), ini bahkan dihitung dengan google analytics segala. Tapi saya tidak serumit itu.

Bagi saya, statistik blog memberikan kepuasan tersendiri. Ternyata, apa yang saya lakukan secara sukarela tanpa bayaran ini berguna bagi banyak orang. Seperti saya tunjukkan di foto, pada 11 Januari 2014 lalu hits blog ini mencapai angka bulat: 457.000. Kenapa saya abadikan begitu rupa? Karena sulitnya mencapai angka “000” itu. Saat angka monumental “100.000”, “200.000” atau “250.000” saja saya tidak berhasil menjumpainya. Entahlah apa saya bisa ‘mencegat’ angka monumental “500.000” nantinya. Dan, semua blogger sejati tahu, hits counter dari WordPress.com ini asli, tanpa rekayasa.

Dari statistik yang disajikan bagi admin, saya juga tahu kecenderungan artikel apa yang diminati. Termasuk pula trending keywords dari search engine. Ini berguna bagi pembuat dan pengelola blog atau website agar ia bisa meningkatkan lagi traffic. Karena jumlah kunjungan inilah nyawa dari sebuah situs maya. Meski situs blog ini non-komersial -dalam arti bukan online shop– kunjungan pembaca tetap penting. Karena buat apa lagi sebuah informasi disajikan bila tak ada pengaksesnya?

Alhamdulillahirabbil’alamiin, dengan bantuan beberapa rekan praktisi teknologi informasi yang memang ahli di bidangnya, jumlah likers di FanPage FaceBook saya juga meningkat.  Ini mengakibatkan pengikut atau follower account Twitter saya juga meningkat. Saya mulai di-follow beberapa perusahaan, lembaga dan institusi. Bahkan beberapa tokoh terkemuka di bidangnya juga bersedia mengikuti cuitan saya. Dan efeknya, jumlah pengunjung blog ini juga meningkat dua kali lipat. Dari rata-rata 300-an hits per hari, kini sudah 600-an hits. Untuk itu, saya cuma bisa mengucapkan: terima kasih, terima kasih, terima kasih. Dan… seperti slogan restoran ‘jadul’: “Bila Anda tak puas beritahukan kami, bila Anda puas ajak kerabat dan handai taulan ke mari.”😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s