Indonesia Tidak Juara

Penjual bendera SEA Games XXVII di Myanmar.

Penjual bendera SEA Games XXVII di Myanmar.

Semalam, saat masih meeting, perhatian kami terganggu oleh televisi yang menyiarkan pertandingan final cabang sepakbola SEA Games ke-27 di Myanmar. Akhirnya, Indonesia memang tidak juara. Di cabang sepakbola kita kalah melawan Thailand dan meraih perak. Demikian pula dalam perebutan juara umum, kita juga hanya menempati peringkat keempat di bawah Thailand, Myanmar dan Vietnam. Padahal, di SEA Games sebelumnya di Jakarta-Palembang tahun 2011 lalu, kita mampu menempati posisi juara umum.

Bagi saya pribadi, apa yang ditampilkan para atlet kita sudah luar biasa. Meski beberapa cabang terutama beladiri gagal mencapai target, tapi upaya dan semangat juang yang ditampilkan harus dihargai. Terus terang penampilan tuan rumah Myanmar dan Vietnam yang menempati posisi di atas kita dalam SEA Games amat sangat mengejutkan. Karena bisa dibilang, sebagai ‘anggota muda’ ASEAN, perkembangan mereka sangat pesat.

Ini seharusnya menjadi cambuk bagi para pembina dan praktisi dunia keolahragaan kita. Ini bukan lagi lampu kuning, tapi sudah lampu merah. Kenapa? Karena seharusnya di Asia Tenggara, kitalah rajanya. Di masa Orde Baru, kita hampir selalu jadi juara umum dalam perebutan medali. Walau dalam catatan sejarah, Thailand yang jadi juara umum SEA Games kali ini masih lebih banyak meraih podium tertinggi dengan 12 kali dibandingkan kita yang 10 kali dari 27 kali penyelenggaraan sejak 1959.

Pelaksanaan SEA Games mendatang di negara tetangga terdekat kita Singapura pada tahun 2015 seharusnya membuat persiapan lebih baik. Dari segi jarak ini menguntungkan kita karena waktu perjalanan lebih singkat sehingga atlet bisa lebih bugar. Hanya saja waktu persiapan yang tinggal 18 bulan –karena penyelenggaraan di bulan Juni 2015- membuat para atlet dan official tak bisa berleha-leha. Sepulangnya dari Myanmar, kita harus langsung berlatih lebih giat lagi.

Pemerintah juga seharusnya memberikan perhatian lebih, terutama bagi kesejahteraan atlet dan pelatihnya. Jangan hanya kepada peraih medali saja, tapi kepada seluruh yang terlibat. Karena mereka maju untuk membela nama bangsa dengan pengorbanan yang tidak sedikit. Sudah selayaknya dihargai tinggi. Tapi… asal anggaran melimpah itu jangan sampai dikorupsi lho ya.

Keterangan:

SEA Games = South East Asian Games

Foto: www.channelnewsasia.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s