Bisnis Internet

Saya adalah orang dengan banyak ide. Bahkan beberapa orang yang kenal dekat saya di keseharian sempat berseloroh, “dia mah tidur aja mikir”. Memang tidak salah, dalam tidur saya seringkali mendapatkan ilham. Dan ide-ide ini antara lain dituangkan dalam sejumlah situs dan blog yang saya miliki dan kelola.

Kalau saja tidak ada musibah (baca kembali posting tanggal 1 Agustus 2013),  sebenarnya pada 17 Agustus 2013 saya berencana meluncurkan situs baru. Tapi karena ada musibah, niat ini harus ditunda. Saya anggap ini sebagai sarana untuk mematangkan rencana kerja.

Bila semula saya “menggratiskan” situs-situs ini, saya berharap kelak akan ada pemasukan juga darinya. Tapi, untuk pengaksesnya tentu tetap gratis. Karena pemasukan diharapkan dari pemasang iklan. Beberapa situs besar Indonesia terbukti berhasil menggaet pengiklan signifikan. Selain situs berbasis informasi, saya juga berniat meluncurkan situs toko daring. Ini merupakan awal dari pengembangan bisnis lebih jauh menuju usaha serius dan profesional di bidang internet.

Berlawanan dengan keyakinan seorang teman saya, saya justru yakin masa depan internet masih sangat cerah. Ini masih samudera biru. Meski booming bisnis dot com sudah berakhir, kondisi ini malah bagus. Karena mereka yang masih bertahan berarti berhasil membuktikan teori Darwin “survival of the fittest”. Sudah terlihat pola-pola seperti apa yang akan membuat bisnis di bidang teknologi informasi ini bakal sukses. Padat modal kapital belum tentu menjamin kesuksesan, karena justru inovasi, kreativitas, komitmen, dan ketangguhan yang lebih penting.

Ini memaksa saya untuk melakukan pemilahan tulisan. Fokus pada manfaat yang bisa diperoleh pengakses. Bila sebelumnya saya sekedar asal posting tulisan saja, kini hampir semua blog dan situs saya tata sedemikian rupa sehingga selain tampil menarik juga bermanfaat. Di blog ini juga saya melakukannya. Berjam-jam saya menghabiskan waktu memilah kembali tulisan dan menyusun ulang kategori. Kini, Anda bisa melihatnya di bagian kiri atas, dalam sebuah boks berwarna hitam yang mencolok. Selain mengganti tema dan header, saya juga berupaya menyajikan tulisan yang lebih ke arah inspirasi. Karena kalau membahas berita arus utama (mainstream), saya pasti kalah dengan portal berita. Itu pun inspirasi yang saya sajikan bersifat pribadi. Sementara untuk pengimbang, artikel yang bersifat aktual saya putuskan akan diposting di Kompasiana. Semoga ini membuat Anda makin sering berkunjung dan mengajak teman-teman lain ya…

Terima kasih tetap bersama saya di saat penuh dan bolong-bolong. Maksudnya pengisian tulisannya. Hehehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s