Inisiasi Bukan Plonco!

MOS atau Masa Orientasi Sekolah merupakan sarana bagi siswa yang baru saja naik tingkat sekolah untuk mengenal sistem pendidikan yang baru. Siswa dari SD ke SMP atau dari SMP ke SMA biasanya mengalami ini. Akronim MOS sebenarnya bisa diganti apa saja. Dahulu di waktu saya sekolah namanya Penataran P4 (Pendidikan Pengalaman dan Penghayatan Pancasila). Lebih dulu lagi, di zaman orangtua saya sekolah, namanya ospek. Entah kepanjangannya apa, kemungkinan Orientasi Siswa dan Pengenalan Kampus (karena memang awalnya hanya ada di tataran perguruan tinggi saja). Tapi intinya adalah inisiasi.

Ini berarti adanya suatu upacara peralihan dari suatu tahapan kehidupan ke tahapan selanjutnya yang dianggap lebih tinggi.

Baru-baru ini, ada seorang siswa yang tewas saat diadakan MOS. Dia adalah Anindya Puspita (16), warga Daleman, Gadingharjo, Sarden, Yogyakarta. Gadis ini tewas saat mengikuti MOS di SMK 1 Pandak, Bantul, pada hari Jumat (19/7). Ada dugaan bahwa ia tewas karena prosesi MOS, namun keterangan resmi menyatakan bahwa ia sudah sakit saat itu. Entahlah mana yang benar.

Seharusnya, dalam inisiasi bukan plonco yang penuh nuansa keisengan untuk ngerjain yang dikedepankan. Juga bukan dengan aneka hukuman “kreatif” yang bisa menjurus pada kekerasan. Akan tetapi lebih pada pengenalan lingkungan dan sistem baru serta adaptasi pada suasana dan cara baru. Budaya atau tradisi yang katanya menjadi alasan tetap dipertahankannya model inisiasi ala plonco itu sebenarnya bukan yang utama. Karena budaya dan tradisi dunia pendidikan justru cara belajar dan semangat menggapai prestasinya.

Seperti Terry Deal (2002) mengatakan bahwa budaya sekolah ialah keadaan yang mencakup norma-norma, nilai-nilai, kepercayaan-kepercayaan, dan tradisi-tradisi yang membentuk peraturan-peraturan yang tidak tertulis mengenai cara berpikir, merasa dan bertindak dalam organisasi. Artinya, disini ada satu sistem yang harusnya diperkenalkan kepada siswa baru. Sistem yang akan dijalaninya selama beberapa tahun ke depan. Dan itu seharusnya tidak termasuk plonco.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s