Alhamdulillah sudah Jum’at lagi

TGIF-dogDalam terminologi Barat, ada ungkapan “Thank’s God It’s Friday”. Ini bisa bermakna dua. Secara modern dan harfiah, hari Jum’at adalah hari kerja terakhir dalam sepekan. Karena malamnya sudah masuk weekend, maka mayoritas pegawai tentu senang. Karena bekerja itu melelahkan, dan semua orang senang santai dan liburan. Jadi, kalau sudah Jum’at berarti sebentar lagi libur. Horeee! Paradigma kedua adalah terkait soal religius. Karena konon Yesus disalib di hari Jum’at yang kemudian disebut Jum’at Agung. Jadi ucapan “TGIF” adalah ungkapan syukur umat Nasrani bahwa juru selamat sudah tiba.

Bagi umat Muslim, Jum’at adalah hari teragung dalam satu minggu. Di hari ini ditegakkan ibadah mingguan bagi pria, dan diyakini di hari ini banyak kejadian penting terjadi. Mulai dari penciptaan dunia, penciptaan Nabi Adam a.s., turunnnya Al-Qur’an, hingga kelak kiamat terjadi di hari ini. Di negara-negara berazas Islam, hari Jum’at sebagai hari ibadah dijadikan hari lilbur, bukan hari Minggu. Tapi karena kita sejak ratusan tahun dijajah negeri Eropa yang Nasrani ditambah azas negara bukan Islam, maka jadiliah “gado-gado”.

Ketika terjadi asimilasi budaya inilah terjadi hal menarik, karena Jum’at lantas jadi “hari pendek” bagi semua orang. Bisa positif, karena semua senang. Tapi bisa negatif karena mengurangi produktivitas. Kita selama ini menerimanya sebagai kondisi “sudah dari sononya” alias taken for granted. Padahal, kalau kita berada di negara lain atau bekerja di kantor dengan mayoritas beragama non-Muslim apalagi berkebangsaan asing, bisa jadi akan berbeda kebiasaan.

Mensyukuri hari Jum’at bagi Muslim seharusnya bukan cuma karena akan libur atau hari pendek, tapi lebih kepada ibadahnya. Banyak yang sudah sadar sehingga memperbanyak ibadah sejak malam Jum’atnya/Kamis malam. Tapi sepertinya masih banyak yang tidak. Mereka sekedar “pindah tidur siang” saja saat di shalat Jum’at di masjid. Duh…

Bhayu blogger Indonesia

image source: joliea.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s