And Let’s The Race Begin…

Pemerintah menetapkan tanggal 1 Ramadhan 1434 Hijriah dimulai esok hari, Rabu, 10 Juli 2013.  Itu berarti, mayoritas Muslim Indonesia akan melaksanakan shalat tarawih pertama mulai malam ini. Memang ada sebagian kecil warga terutama pengikut setia Muhammadiyah yang memulai Ramadhan sehari lebih awal. Itu sama sekali tidak jadi masalah. Karena justru yang lebih penting adalah menghormati sesama, termasuk warga beragama lain.

Bagi saya, ini adalah saatnya perlombaan balap dimulai. Balap apa? Balap amalan. Semua umat Islam -yang beriman tentu (jadi Muslim dan Mukmin juga, karena Muslim saja belum tentu Mukmin)- berlomba-lomba memperbanyak amalan pribadi. Pemenangnya bukan hanya satu, tapi bisa banyak. Terserah Tuhan. Karena Tuhan telah menentukan bahwa pahala puasa itu bagi-Nya. Ganjarannya? Bukan hanya surga betulan kelak pasca kiamat, tapi juga “surga dunia” berupa ketenangan hidup. Persis seperti yang dirasakan Nicholas Anelka, pesepakbola asal Prancis yang jadi muallaf di usia 16 tahun.

Di bulan suci ini, segala amalan dilipatkan oleh Tuhan pahalanya. Ibadah sunnah diganjar pahala ibadah wajib. Sementara ibadah wajib diganjar pahala 7 kali lipatnya. Dan perlombaan itu dimulai malam ini. Karena sistem kalender Islam menggunakan penanggalan Bulan (lunar system), maka tanggal 1 Ramadhan sejatinya jatuh pada saat matahari terbenam di sore hari tanggal 9 Juli 2013.

Saya pribadi senang sekali masih bisa sampai di Ramadhan tahun lalu. Setelah terus-terang di Ramadhan tahun lalu saya malah meminta agar tidak disampaikan umur saya ke Ramadhan tahun ini. Itu karena beratnya cobaan yang saya terima dalam hidup. Cobaan yang mungkin bagi orang lain “biasa ajah”, tapi bagi saya ternyata “sesuatu banget”.

Inilah saatnya bagi umat Islam untuk melakukan “penebusan dosa”. Apabila kita mendapatkan “Lailatul Qadar” apalagi, karena pahalanya sama dengan 1.000 bulan melakukan ibadah! Niscaya, semua dosa kita akan bisa tertutupi. Pembukuan akuntansi amalan kita akan surplus dan bukannya minus lagi!

Jadi, ayo bersiap! Balapan dimulai!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s