Dengan Nama Tuhan

Dengan nama Tuhan, kita memulai segala sesuatu. Bagi umat Islam, ucapan “dengan menyebut nama ALLAH Yang Maha Pengasih dan Penyayang” yang dilafalkan dalam bahasa Arab (Bismillahirrahmaanirrahiim) telah menjadi kebiasaan. Bisa jadi di agama lain ada ucapan senada.

Intinya, kita mencoba menyertakan Tuhan dalam setiap aktivitas sehari-hari. Tentu saja, ucapan itu tak bisa -atau tak pantas- diucapkan bagi aktivitas yang bertentangan dengan kehendak-Nya.

Seringkali kita baru ingat Tuhan dalam kesusahan, sementara saat senang kita malah lupa. Kesusahan itu biasanya terkait ekonomi atau cobaan fisik seperti kecelakaan atau sakit.

Manusia memang tempatnya lupa. Karena kata manusia dalam bahasa Arab yaitu an-naas juga berarti “lupa”. Memori ingatan kita pendek karena kapasitas otak kita memang “cuma segitu”. Kejadian beberapa menit lalu saja kita bisa lupa. Walau tentu ini kasuistis karena bisa berbeda pada tiap orang. Namun, secara umum kita hanya mengingat hal-hal yang penting bagi kita, sangat menyenangkan atau sebaliknya sangat traumatis dan sangat tidak menyenangkan. Padahal, sebenarnya -bagi yang percaya- tiap kejadian dalam hidup kita terjadi dengan sepengetahuan Tuhan.

Saya pribadi tidak sependapat pada pandangan semua hal terjadi “atas izin Tuhan”. Kalau ini terjadi, akan ada pertentangan antara kuasa Tuhan dan kehendak bebas. Padahal, dalam Islam ada sunatullah yang telah ditetapkan Tuhan untuk mengatur alam. Misalnya perputaran atau rotasi Bumi dari Barat ke Timur yang menyebabkan kita penghuni Bumi mengalami fenomena terbitnya matahari dari Timur. Kalau tidak ada itu, setiap hari Tuhan akan harus “mengeluarkan surat izin” bagi matahari untuk terbit dari Timur. Itu sebagai gambaran saja.

Tapi, tidak ada hal yang terjadi di semesta raya ini yang tidak diketahui Tuhan, karena Tuhan Maha Tahu. Dan agar kita mendapatkan keberkahan dari Tuhan, maka nama Tuhan disebutkan di awal aktivitas. Terutama agar kita “dalam pemantauan” Tuhan saat menjalankan aktivitas itu, sehingga proses dan hasilnya akan menjadi baik.

One response to “Dengan Nama Tuhan

  1. Ping-balik: Ibadah & Niat | LifeSchool by Bhayu M.H.·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s