Kejujuran & Integritas

aneka gadget-Bhayu

Sejak tiba di Malang pada hari Rabu, saya merasakan sambutan hangat dari panita penyelenggara. Saya dijemput oleh anak buah Pak Donny Kris Puriyono, salah satu pengurus pusat organisasi. Bahkan kami semua kemudian menginap secara gratis di villa milik beliau. Kebetulan, lokasi villa dengan hotel berbintang empat yang menjadi lokasi penyelenggaraan acara tak jauh. Karena saya tiba sehari lebih awal, tentu kamar di hotel belum bisa ditempati.

Ada yang saya amati dari peserta acara ini. Mereka semua adalah “boss” di lebenswelt (dunia kecil) masing-masing. Tapi saat berkumpul, tak ada yang merasa begitu. Di villa dua tingkat berkamar empat, sekitar 20-an orang tidur tanpa sekat. Karena ruangan kurang bahkan banyak yang cuma tidur di lantai beralas karpet atau kasur lipat seadanya. Padahal, banyak di antara mereka adalah pengusaha dengan omzet perusahaan milyaran!

Karena ini zaman teknologi informasi, maka tak pelak para peserta pun membawa aneka perangkat. Fenomena unik muncul saat hari sudah malam dan ada sebagian yang tidur. Berbagai gadget yang dibawa para peserta di-charge (padanan kata bahasa Indonesianya apa ya?). Maka, terlihatlah di atas meja dan di lantai bertebaran aneka merk smartphone, laptop, notebook, tablet, hingga kamera. Dan semuanya aman, tidak ada kehilangan sama sekali.

Tentu bukan sekedar karena sudah berkecukupan saja rasa aman itu terjamin. Tapi lebih karena integritas. Karena meskipun berkecukupan, bisa saja tergoda mengambil sesuatu yang  bukan haknya.

Salah satu aspek integritas itu adalah kejujuran. Seperti disemboyankan oleh KPK, bahwa “berani jujur , hebat!”. Maka, seyogyanya hal ini juga menjadi nilai dalam diri kita. Menjaga amanah, memberikan hak orang lain dan tidak mengambil hak orang lain merupakan bagian darinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s