Malang

Adipura Kencana u Malang 2013

Kota Malang-Jawa Timur adalah tempat kelahiran ibu saya. Namun,ibu saya sendiri sangat jarang pergi ke sana. Sebabnya, sejak kecil beliau sudah tinggal di Jakarta bersama salah satu Pakdenya (istilah Jawa untuk kakak orangtua). Makin jarang lagi setelah kedua orangtua beliau (kakek-nenek saya) wafat. Saya sendiri rasanya sudah 10 tahunan tidak ke sana. Maka, kesempatan menghadiri sebuah acara organisasi tidak saya sia-siakan.

Meski keputusan saya pergi baru diambil hari Senin setelah saya mendapatkan sejumlah kepastian jadwal dari beberapa orang yang akan saya temui. Bagi saya, sayang apabila perjalanan dinas ke luar kota hanya untuk satu tujan saja. Maklum, biaya perjalanan saya tanggung sendiri dan tidak ada pihak lain yang akan mengganti. Saya memang tidak langsung menuju Malang melainkan ke dua kota di Jawa Tengah dulu.

Karena itu saya cukup terkejut melihat derap pembangunan di kota tersebut. Alun-alun kota berubah semarak dengan beralih fungsi menjadi semacam taman hiburan yang buka tiap hari. Fasilitas umum pun bertebaran, baik yang disediakan pemerintah maupun swasta. Hiburan pun merebak. Kemacetan tak terhindarkan karena tingkat ekonomi masyarakat yang membaik membuat jumlah kendaraan meningkat. Semua pencapaian itu bahkan diapresiasi pemerintah pusat. Saat saya di sini, pemerintah Kota Malang baru saja dianugerahi Adipura Kencana oleh Presiden RI. Dan pesawat yang membawa trofi itu ternyata bersamaan dengan rombongan salah satu peserta acara yang saya ikuti. Sehingga rekan saya berujar saat turun dari pesawat, ia  terkejut karena ada penyambutan. Ternyata yang disambut adalah rombongan Walikota Malang beserta trofinya.

Tapi saat melihat fotonya di media massa, saya heran kenapa kok sang walikota tampak tidak sumringah. Ternyata, jawabannya saya dapatkan di malam harinya saat mengobrol dengan sopir taksi yang saya tumpangi. Katanya, istri Pak Wali yang nyalon sebagai Cawali kalah telak. Itu karena sang Walikota berprestasi ini tak bisa mencalonkan diri kembali karena sudah dua kali berturut-turut menjabat. Oalah…. malang benar nasibmu Pak Walikota Malang….

Tinggalkan Balasan

