Beckham Juga Pensiun

france-socccer-beckham-psg.jpeg2-e1368718090592-1280x960-salon com

Seakan mengikuti jejak pelatih yang membesarkannya yaitu Sir Alex Ferguson, David Beckham pun memutuskan pensiun dari sepakbola. Pria kelahiran 2 Mei 1975 bernama lengkap David Robert Joseph Beckham itu bermain sepakbola secara profesional untuk terakhir kalinya pada tanggal 18 Mei kemarin. Dalam pertandingan mealwan Brest yang diadakan di kandang Paris Saint-Germain itu, Beckham didapuk sebagai kapten kesebelasan.

Sama seperti Alex Ferguson yang pensiun sesaat setelah mempersembahkan gelar Liga Primer Inggris ke-20 bagi MU, Beckham juga mundur setelah klubnya PSG memastikan juara Ligue 1 Prancis. Ini memberikannya rekor fenomenal sebagai satu-satunya pemain asal Inggris yang menjadi juara di empat klub di empat negara berbeda. Ia meraih juara liga BPL Inggris bersama Manchester United, juara liga BBVA Spanyol bersama Real Madrid, juara liga MLS Amerika Serikat bersama Los Angeles Galaxy dan juara liga Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain. Hanya bersama AC Milan saja ia tidak sempat merasakan juara. Itu pun karena ia hanya bermain di sana dengan status pinjaman.

Beckham adalah satu contoh selebritis dunia olahraga yang sangat sukses mengelola personal brand-nya. Bahkan hingga pensiun pun ia masih tercatat di peringkat atas pesepakbola dan olahragawan berpendapatan terbesar di dunia. Jelas saja, karena selain handal sebagai pemain sepakbola, wajahnya yang tampan dan bodi atletis serta kemampuan memelihara diri dari gosip negatif membuat banyak perusahaan memakainya sebagai bintang iklan.

article-2326497-19D91D5D000005DC-313_634x422Salah satunya adalah Adidas, produsen perlengkapan olahraga itu merupakan sponsor Beckham sejak tahun 1996. Adidas jelas merasa diuntungkan juga walau harus membayar mahal pada sang megabintang. Di tahun 1996 saja ia membuat gol yang akan dikenang: tendangan dari tengah lapangan menembus jala gawang Wimbledon. Dan gol itu dibuat dengan mengenakan sepatu Adidas. Tak heran, untuk hari terakhir Beckham di dunia sepakbola profesional, sepasang sepatu khusus disiapkan baginya (lihat foto di samping). Di foto itu dicantumkan tanggal pensiunnya: 18/5/13. Juga nama keempat anaknya bersama Victoria eks personil Spice Girls: Brooklyn,Romeo,Cruz, dan Harper. Sepatu dari jenis “Predator Lethal Zone” itu juga memuat tiga nomor punggung yang pernah dikenakannya: 7, 23 dan 32. Namun yang terpenting mungkin justru rasa nasionalismenya yang kental dengan diletakkannya bendera Inggris dan elemen tiga warna merah-putih-biru di sepatunya. Elemen tiga warna itu juga menjadi warna bendera Prancis, negara tempat klub terakhirnya berada.

Pendek kata, penghormatan yang diberikan Adidas itu hanya mungkin diberikan bagi seseorang yang memiliki nilai tinggi. Bahkan penghormatan serupa sebenarnya juga datang dari komunitas sepakbola dunia. Selamat tinggal Beckham, kami tunggu kiprahmu selanjutnya di luar sepakbola professional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s