Poster Kampanye Pilkada Jateng

Selama beberapa hari dalam dua minggu ini saya bepergian ke Jawa Tengah (Jateng). Ada sejumlah kota yang saya kunjungi. Semua dalam kerangka bisnis dan pekerjaan. Saya menyadari, bahwa sebagai “orang Jakarta”, sumber daya saya justru tak cukup kuat untuk bertarung habis-habisan di ibukota. Karena itu saya mencari peluang di tempat lain, yang bukan kebetulan adalah tempat di mana saudara-saudara saya berasal dan berdomisili.

Tapi mari kita sisihkan dulu soal maksud dan tujuan saya itu, karena itu “nggak ada penting-pentingnya” buat Anda. Saya justru hendak mengulik soal Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) di provinsi itu. Kenapa? Karena buat saya yang warga Jakarta, ada banyak keunikan yang bisa diamati. Salah satu di antaranya adalah publikasi kampanye para calon.

Karena ini adalah ajang pertarungan calon gubernur-wakil gubernur untuk provinsi yang memiliki bahasa daerah, maka banyak publikasi yang menggunakan bahasa selain bahasa nasional kita. Saya sempat memfoto beberapa di antaranya.

spanduk Ganjar-Heru-watermark Bhayu-lifeschool

Namun lebih dari itu, saya tertarik pada akronim yang dibuat untuk menyingkat nama pasangan calon. Ini saya rasa juga khas Indonesia. Karena kalau pemilihan pemimpin di luar negeri nama calon justru ditulis sejelas-jelasnya. Pasangan calon yang mendapatkan nomor urut satu yaitu Hadi Prabowo-Don Murdono menyingkatnya menjadi HP-Don. Calon nomor urut dua sebagai petahana  yaitu Bibit Waluyo-Sudijono tidak terlalu singkat karena masih menggunakan nama depan: “Bibit-Sudijono”. Nah, justru pasangan cagub-cawagub nomor urut tiga yang agak variatif dan aneh. Nama mereka adalah Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko. Namun, di banyak spanduk disingkat menjadi “Gagah”.

Keren?

Bisa jadi. Tapi tunggu dulu, di bagian mana nama calon huruf “g” yang di tengah berada? Hanya ada satu huruf “g” di nama Ganjar Pranowo dan bahkan tidak ada “g” di nama Heru Sudjatmoko. Bukankah seharusnya akronim yang benar –kalau mau bunyi- adalah “Gajah”?

Bhayu

 

Tinggalkan Balasan

