Kerjasama Dengan Kolega Luar Negeri

 

Beberapa hari lalu, saya bertemu dengan seorang trainer dan public speaker asal Singapura. David Wee namanya. Awalnya, ia menghubungi saya melalui e-mail untuk melakukan pembicaraan. Saya awalnya ragu, karena sekitar dua tahun lalu sempat ada modus serupa. Ada dua orang yang mengaku pembicara asal Singapura menghubungi kantor saya dan minta bertemu. Tapi saat kami seriusi malah mereka menghindar. Kali ini, saya putuskan untuk menemuinya dan ternyata tidak sulit.

E-mail yang “out of the blue” dikirimkannya kepada saya itu berbeda dengan e-mail tipu-tipu lho. Karena ini identitasnya jelas dan meminta pertemuan langsung. Bukan e-mail yang mengabarkan ma’ bedundug Anda dapat bagian uang dari luar negeri. Dalam pertemuan ini pun ia tidak meminta uang, melainkan normal saja menawarkan kerjasama.

Apa bentuk kerjasamanya? Intinya sih, ia meminta dicarikan client di Indonesia. Karena di Singapura ia katanya sudah banyak bicara di hadapan berbagai perusahaan. Dan pengalamannya bekerja di berbagai perusahaan akan berguna bagi perusahaan Indonesia.

Bentuk konkretnya masih akan kami bahas bersama. Namun, dalam hal ini saya belajar hal baru lagi. Karena di level saya, sebenarnya belum pantas mengadakan sindikasi atau kerjasama dengan kolega bisnis dari luar negeri. Tapi ini berarti Tuhan membukakan jalan bagi saya untuk “naik kelas”. Karena itu walau benak saya dipenuhi keraguan, insya Allah saya akan mencoba tantangan baru ini.

Tinggalkan Balasan

