Kartini Modern & Akses

Kalau kemarin saya tidak melihat anak-anak SD memakai pakaian adat daerah, saya lupa kalau 21 April adalah Hari Kartini. Di Twitter ramai kicauan soal ini juga. Kebanyakan “basi” karena menggumamkan kembali emansipasi wanita yang kini jelas sudah tercapai.

Banyak wanita Indonesia yang sudah menorehkan prestasi. Bila di zaman saya kecil ada Dr. Pratiwi Sudharmono, kini telah banyak wanita berprestasi di aneka bidang. Oh ya, bila ada LifeLearner pembaca blog ini yang kelahiran 1990-an kemari, nama yang saya sebut barusan adalah satu-satunya calon astronot yang dimiliki Indonesia. Ia sudah hampir pasti menjadi orang Indonesia pertama yang ke antariksa saat pesawat ulang-alik yang seharusnya membawanya –Challenger- meledak tahun 1989.

Kembali ke masa kini, banyak nama wanita hebat yang dikenal luas. Sebutlah seperti Mooryati Soedibyo, Dewi Motik, DR. Sri Mulyani Indrawati, Susi Susanti, atau Megawati Soekarnoputri. Ada pula nama yang jarang dipublikasikan seperti DR. Is Helianti, M.Sc., peneliti BPPT penemu enzim rekombinan. Atau DR.RER. Nat Evvy Kartini penemu penghantar listrik berbahan gelas, padahal gelas selama ini dikenal sebagai isolator dan bukan konduktor. Penemuannya ini mengantarkannya meraih penghargaan internasional Toray Award tahun 2004.

Saya mengesampingkan para artis karena meski mereka terkenal, kontribusi mereka bagi kemajuan bangsa nyaris tidak ada. Mereka hanya dipuja masyarakat karena menghibur dan memperoleh keuntungan finansial dari ketenarannya. Sementara wanita hebat yang saya sebutkan di atas malah kerapkali tidak mendapatkan imbalan memadai atas prestasinya.

Sebenarnya, masalah berprestasi bukanlah masalah gender. Tapi lebih kepada akses. Baik pria maupun wanita akan sulit mendapatkan hal yang optimal dalam hidupnya bila tidak memiliki akses. Karena itu justru akseslah yang harus dibuka seluas mungkin tanpa batasan apa pun. Bukan hanya gender, tapi juga kebangsaan, ras, agama, warna kulit dan usia. Itulah cita-cita sejati Kartini.

Iklan

2 responses to “Kartini Modern & Akses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s