Sedekah Brutal

Beberapa hari lalu, saya membeli buku karya Saptuari berjudul “Tweet Sadiz, Bikin Mringis”. Saya teringat salah satunya ia menyebutkan menyedekahkan seluruh omzet penjualan outlet-outletnya selama satu hari sebanyak 80 juta rupiah! Ia menyebut hal itu dengan istilah “Sedekah Brutal”.

Terus-terang saja, saya kagum pada beliau. Dari seorang yang “biasa-biasa saja”, jadi begitu “luar biasa”. Sama seperti Pak David, kegemarannya berbagi dan bersedekah ternyata membuat Tuhan “jatuh hati”. Bukannya berkurang, hartanya malah ditambahi sesuai janji ALLAH SWT dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 261:

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Saya sendiri sangat jarang bersedekah. Jangankan sedekah, lha wong ibadah biasa seperti shalat dan puasa saja berantakan kok. Bisa jadi, karena itu Tuhan belum mempercayakan amanah besar bagi saya. Tapi saya tetap berbaik sangka bahwa di sini sayalah yang harus meningkatkan diri. Bukan hanya ibadah rutin, tapi juga tambahannya.

Saya belum apa-apa. Untuk bisa bersedekah sebesar Saptuari tentu harus menghasilkan lebih besar dulu. Tapi semoga dengan sedikit apa yang ada di saku, kita bisa tetap terus berupaya berbagi kepada sesama. Percayalah, Tuhan pasti memelihara kita yang memelihara sesama.

One response to “Sedekah Brutal

  1. Ping-balik: Ketika Kebaikan Tak Lagi Berarti | LifeSchool by Bhayu M.H.·

Tinggalkan Balasan

