Inspirasi Bisnis

Inspirasi bisnis sebenarnya bisa datang dari mana saja. Makanya saya heran kalau ada yang bingung “mau usaha apa ya?” Karena sebenarnya cukup dengan membuka mata, kita bisa melihat begitu banyak hal yang bisa diusahakan. Sekarang, semua yang kita gunakan dalam hidup sehari-hari adalah produk industri. Begitu bangun tidur, kita lihat saja semua barang yang kita pakai: kasur, seprei, pakaian, sisir, lemari, televisi, gayung, lantai, langit-langit, kayu, rumah, mobil, pendeknya semua… semua bisa dijual.

Nah, di sini tinggal kita yang memilih sesuai minat dan yang penting kemampuan. Janganlah Anda nekat menjual mobil orang lain misalnya.😀 Tapi Anda bisa menjadi agen penjual mobil bekas. Walau sebenarnya itu bukan bisnis, tapi sekedar cari uang. Harusnya juga bisa dibedakan antara berdagang dan berbisnis, walau bisnis bisa dimulai dari berdagang dulu.

Di zaman ini, begitu banyak sumber informasi. Media massa tidak hanya televisi, radio dan cetak saja, tapi ada internet. Bahkan banyak komunitas yang mendorong inspirasi bisnis. Belum lagi buku-buku yang bejibun. Juga acara-acara seperti seminar atau talkshow. Jadi, kalau masih bingung juga haree genee, kemane aje?

Apa yang saya temui apalagi saat aktif sebagai mentor/coach di beberapa komunitas justru banyak calon pebisnis yang tidak mampu mengalahkan diri sendiri. Mereka punya “mental block” dan “wrong mindset“. Sederhananya adalah memperbanyak bicara/menulis daripada bertindak. Juga merasa diri paling benar, bahkan ada yang berani mencela pakar/praktisi dengan kata-kata “omdo”, padahal sejatinya si pencela itulah yang “omong doang”.

Inspirasi bisnis memang bisa didapatkan dari para pebisnis sukses. Tapi sayangnya banyak yang melihat ujungnya saja. Saat mereka kini sudah punya mobil mewah, gedung bertingkat atau omzet yang membelalakkan mata. Tapi jarang sekali yang mau memahami -apalagi menjalani- deritanya. Bahkan saking menderitanya, seringkali keluarga pun tak mendukung dan malah meninggalkan. Tapi percayalah, saat Anda sukses, mereka justru yang pertama-tama ngaku-ngaku: “Eh, saya kan iparnya Pak/Bu Anu yang punya jaringan bisnis hebat itu.” Halah!

Tapi, bagi yang mampu melewati itu semua, niscaya akan menjadi pebisnis sukses. Kelak, Anda bisa berdiri sejajar dengan mereka yang dulunya Anda idolakan atau kagumi dari jauh. Bahkan mungkin saja berdiri bersebelahan atau satu panggung, malah kalau Tuhan mengizinkan melebihi mereka tentunya. Mau?

Beneran mau?

Mau sukses?

Menderita dulu dong…. tidak ada yang instan di dunia ini. Semua perlu proses, itu sudah hukum alam. Sehingga bila ada yang menawarkan jalan instan menuju kesuksesan itu sudah pasti penipuan.

Got it?

One response to “Inspirasi Bisnis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s