Sinergi & Kontribusi

foto bersama TDA Jaksel

Hari ini, saya hadir di pertemuan komunitas Tangan Di Atas (TDA) cabang Jakarta Selatan. Meski terlambat karena harus mengerjaka PR, namun saya merasa sangat terberkati. Kenapa? Karena di forum ini saya bisa berkenalan dengan Presiden TDA pusat yang baru, Fauzi Rachmanto. Buat yang belum tahu, TDA adalah komunitas pengusaha terbesar di Indonesia. Disebut terbesar karena anggotanya sekitar 10.000 orang. Walau begitu, komunitas ini cair karena berasal dari bawah. Bukan bentukan dari atas seperti organisasi resmi.

Dari komunitas ini, saya sering mendapatkan ilmu dan pembelajaran terutama di dunia usaha. Dan pada kesempatan ini, saya memutuskan berkontribusi lebih jauh. Apalagi Ketua TDA Jaksel yang baru terpilih yaitu Bapak Idham Mashar, ST,MM sudah saya kenal lama. Beliau adalah salah satu client pertama perusahaan saya. Saya merasa, sudah saatnya saya memberikan kontribusi lebih jauh.

Tidak hanya duduk sebagai pengurus, tapi juga saya memberikan “sedekah brutal” kepada komunitas itu. Apa bentuk sedekahnya? Tunggu minggu depan ya… karena belum tentu mereka menerima tawaran saya.

Dalam hal ini, sudah pasti akan banyak sinergi terbangun di antara anggota. Saya yang selama ini pasif malah merasa bergairah dengan keaktifan ini. Karena sebenarnya inti dari bisnis atau usaha adalah sinergi. Bahasanya bukan lagi transaksi atau jual-beli, tapi kerjasama. Maka, uang tidak selalu terlibat di sini. Seringkali yang terjadi malah barter: “Gue punya ini, lu mau nggak? Tapi gue minta itu dari lu, bisa?”

So, insya ALLAH dengan sinergi & kontribusi yang terjalin semua pihak yang terlibat akan makin besar. aamiin

Foto dari: be-samyono.com (situs pribadi Ketua TDA Jaksel 2011-2013)

Tinggalkan Balasan

