Demokrat

Dua hari ini Parta Demokrat mengadakan Kongres Luar Biasa di Bali. Sejujurnya, saya tak peduli apa pun hasilnya. Pertama, karena itu bukan urusan saya. Kedua, saya bukan anggota atau simpatisan partai politik itu. Ketiga, dunia kecil saya tidak bersentuhan sama sekali dengan realitas itu.

Anggota Partai Demokrat atau bukan, saya pikir layak bila kita bersikap demokrat dalam hidup sehari-hari. Apa artinya?

Menempatkan diri dalam posisi tengah, tidak di kanan, tidak di kiri. Moderat. Dalam semua hal. Mencoba memandang dari berbagai perspektif, terutama sekali mendengarkan saran dari orang lain, barulah untuk kemudian mengambil sisi paling memungkinkan dalam mengambil keputusan.

Bersikap demokrat berarti tahu bahwa diri sendiri belum tentu paling benar. Ada kebenaran dalam setiap hal yang belum tentu kita ketahui. Walau ini bukan berarti lantas tanpa prinsip.

Demokratis berarti menempatkan diri sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki hak sama. Tidak ada yang lebih rendah atau lebih tinggi walaupun strata sosial bisa berbeda. Dalam hal ini, meski bisa jadi hak untuk mengambil keputusan berbeda sesuai jabatan yang diemban, namun dalam mengemukakan pendapat semua orang sama.

Sayangnya, sulit sekali bersikap demokrat dan demokratis sehari-hari. Kebanyakan orang lebih memilih sikap sebaliknya. Ini karena kedua sikap itu memerlukan kebesaran jiwa, selain kemampuan untuk bersikap proporsional dan adil.

Maka, jangan heran kalau Anda mengamati berita hari ini di media massa, dimana dalam sebuah kongres partai bernama demokrat, malah dipertontonkan sikap yang tidak demokratis dan berjiwa demokrat. Jadi, masih percaya kepada mereka?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s