Tantangan Dunia Perbukuan

Sejak kecil, saya sangat menyukai buku. Hingga kini, koleksi buku saya berjumlah ribuan. Namun, selain membantu penerbitan milik keluarga, saya belum pernah bekerja secara profesional di penerbit. Baru kali inilah saya bekerja di sebuah perusahaan yang salah satu bidang usahanya adalah menerbitkan buku. Memang, penerbitan buku hanya salah satu lini saja, namun izin prinsip perusahaan memang di bidang ini.

Jadilah saya kemudian harus mengejar ketertinggalan dari teman-teman lain di dunia penerbitan. Seperti hari ini saat saya menghadiri Konferensi Kerja Daerah Ikatan Penerbit Indonesia (Konkerda IKAPI) DKI Jakarta. Para peserta yang hadir rata-rata adalah senior saya di bidang perbukuan. Perusahaan tempat saya bekerja sendiri merupakan jenis penerbit khusus, dalam arti hanya menerbitkan buku terkait visi-misi perusahaan. Bahkan, sebagian terbesar buku adalah tulisan dari pemilik perusahaan sendiri. Oleh karena itu, tidak heran target penerbitan 2 buku sebulan saja sulit dipenuhi. Hal ini karena tiap penerbitan buku harus melalui persetujuan pemilik perusahaan yang kesibukannya luar biasa.

Terlepas dari dunia kecil tempat kerja saya, dunia perbukuan yang lebih besar tetap saja menghadapi tantangan yang sama. Masalah yang dulu pernah saya tahu sewaktu berkuliah di Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia di tahun 1994 kini masih saja belum teratasi. Sebutlah mengenai daya beli dan minat baca masyarakat yang rendah. Juga masalah pembajakan. Namun kini ada lagi tantangan baru yaitu teknologi. Buku dalam konteks buku cetak terancam oleh teknologi informasi yang nir-kertas.

Bagi saya sendiri, semua itu sebenarnya harus dipandang sebagai peluang. Karena dengan begitu sebenarnya pangsa pasar dunia perbukuan masih terbuka luas sekali. Tinggal cara pemasarannya saja yang harus disiasati agar masyarakat mampu menerima buku-buku yang disediakan oleh penerbit. Dan secara pribadi, saya merasa bergairah mengetahui lebih dalam mengenai seluk-beluk dunia baru saya ini.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s