Dunia Baru

screenshot2329-0

Saya baru saja membaca buku karya Eckhart Tolle yang berjudul A New Earth: Awakening to Your Life’s Purpose (2005). Ada satu kalimat yang “kena banget” dengan situasi saya saat ini.

“Sometimes letting things go is an act of far greater power than defending or hanging on.”

Anda pasti tahu artinya, bahwa membiarkan sesuatu pergi atau hilang seringkali merupakan tindakan yang jauh lebih memerlukan kekuatan lebih daripada mempertahankannya. Dan itu seringkali tidak mudah. Ini perlu keikhlasan.

Justru saat kita membiarkan sesuatu yang mengganjal itu pergi, dunia kita terbebas. Cakrawala baru terbuka. Dunia yang luas dan belum terpetakan menunggu untuk ditaklukkan.

Saya merasa bak petualang di abad pertengahan yang hendak mencari dunia baru untuk dijelajahi. Rasanya mirip Columbus atau Magellan. Yah, paling tidak seperti karakter dalam game bertema RPG petualangan seperti Warcraft atau World Conqueror. Meski dunia yang belum terjelajahi itu masih gelap (seperti dalam gambar ilustrasi), namun niscaya justru menantang kita untuk mengarunginya. Justru kalau kita berdiam semata di wilayah terang, tentu kita cuma akan seperti katak dalam tempurung. Tidak maju dan jelas tidak akan menang dalam permainan kehidupan.

Dalam istilah Zen, saya merasa mendapatkan “satori” atau pencerahan. Saya terbangunkan!

Walau sulit sekali dan rasanya seperti dikuliti hidup-hidup, tapi terus-terang saya malah merasa “hidup baru” seperti ular yang berganti kulit atau kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong. Memang, masih ada sisa luka, tapi “hidup baru” itu sangat menjanjikan. Meski saat ini saya merasa masih berada di dalam gua yang gelap, namun saya mulai melihat ada secercah cahaya kecil di ujung lorong sana. Setidaknya, saya tidak merasa akan terkubur hidup-hidup seperti karakter Paul Conroy di film Burried (2010).

Semoga saja kesadaran ini akan terus menerangi hati, jiwa dan pikiran saya. Dan semoga pula ini bisa menular kepada LifeLearner yang membaca blog ini. Karena di tahun baru ini, saya akan berupaya menyajikan tulisan yang tidak lagi semata “curcol”, tapi senantiasa memberikan inspirasi setiap harinya. Insya ALLAH.

Ilustasi screenshot dari game Conquest of the New World dari situs http://games.fileheaven.co.uk

 

Tinggalkan Balasan

