Agenda Dadakan

Beberapa wartawan yang biasa bertugas meliput di Balaikota DKI Jakarta dikabarkan mulai mengeluh karena Jokowi seringkali memiliki agenda dadakan (saya mendapat info ini pertama kali dari status FB senior saya Satrio Arismunandar). Apabila itu benar, tentu lucu karena sebenarnya wartawan sejati harus siap dengan agenda semendadak apa pun. Coba, kalau misalnya ada bom meledak atau kebakaran, apakah kita tahu agendanya lebih dulu?

Tapi tentu kita bisa menengarai bahwa wartawan yang mengeluh seperti itu karena sudah biasa “ngepos”. Ini adalah istilah untuk wartawan yang ditugaskan di satu instansi tertentu, biasanya pemerintah. Mereka sehari-hari “ngendon” di kantor pusat instansi itu. Sehingga andalannya memang jadwal pimpinan instansi yang biasanya dikeluarkan oleh bagian humas dan protokoler.

Dalam hidup, saya yang tipe perencana juga seringkali kelabakan kalau ada agenda dadakan. Biasanya perubahan terjadi karena pihak lain yang meminta perubahan, misalnya menggeser waktu pertemuan. Pagi ini saja, rencana saya berubah seratus delapan puluh derajat karena pihak lain ingkar pada komitmennya. Meski alasannya mungkin “bisa dimengerti”, namun itu menimbulkan kerugian sebenarnya.

Tapi sudahlah, toh ada hikmahnya juga. Mengubah agenda kerja harian bisa positif karena ada pekerjaan lain yang bisa dikerjakan dengan waktu lebih luang. Walau dalam kasus agenda kita mengikuti agenda orang lain jelas kita harus pontang-panting mengatur jadwal lagi. Ini seperti saya baca di harian Pos Kota hari ini bahwa apel Satpol PP kemarin pagi terpaksa dibubarkan karena lagi-lagi Jokowi mengubah agenda. Sang Gubernur DKI Jakarta tersebut malah memilih mengantarkan Presiden SBY ke Bandara Halim Perdanakusuma. Kita tahu, Sang Presiden akan bertolak ke Inggris untuk menerima penghargaan “Ksatria” dari Ratu Inggris.

Agenda Jokowi yang sulit ditebak itulah yang tampaknya menjadi sumber kekecewaan beberapa pihak. Jangan sampai euforia harapan masyarakat begitu cepat kempis karena hal “sepele” ini. Opo tumon?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s