Pemuda Sebagai Pemimpin

Tahukah Anda berapa usia Soekarno saat menjadi Presiden Indonesia? 44 tahun. Berapa usia John Fitzgeral Kennedy saat menjadi Presiden Amerika Serikat? 43 tahun. Yang lebih dahsyat adalah usia Sudirman saat diangkat sebagai Jenderal dan Panglima Besar Angkatan Perang Republik Indonesia. Ia masih berusia 25 tahun!

Apakah mereka hebat karena mereka pemuda? Bukan. Mereka hebat karena mampu merebut kesempatan di saat momentum yang tepat datang.

Kemudaan usia merupakan satu nilai plus tersendiri karena biasanya gairah masih tinggi dan semangat masih menyala. Kesamaptaan fisik membuat gerakan seharusnya menjadi gesit. Karena itu tak heran Soekarno pernah berkata, “Beri aku 10 pemuda, dan akan kuguncang dunia!”

Namun, tentu tidak semua pemuda punya kapasitas “mengguncang dunia”. Hanya mereka yang punya cukup kemauan, tekad, cita-cita dan usaha saja yang bisa. Hadangan bagi pemuda akan banyak. Terutama dari minimnya pengalaman mereka sendiri. Masih ditambah dengan halangan dari generasi yang lebih tua dalam aneka bentuk mulai ketidaksediaan untuk mundur hingga meremehkan.

Toh, terbukti, semua halangan itu tidak membuat para pemuda hebat mundur. Mereka berprestasi di banyak bidang, sesuai kompetensi masing-masing. Maka, bila ada pemuda yang muncul sebagai pemimpin pun, sejatinya merupakan gabungan dari banyak faktor. Tidak hanya soal usianya, tapi juga pendidikan, kemampuan interpersonal dan tentunya kesempatan. Satu yang jelas, pemuda tidak boleh menunggu. Melainkan harus merebut kesempatan! Itulah yang saya tuliskan dalam tweet yang dimuat di harian Rakyat Merdeka kemarin:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s