Leader

Di perusahaan tempat saya bekerja dua bulan belakangan, saya termasuk leader. Dari pegawai yang ratusan, jumlah leader hanya belasan. Namun, baru di sinilah saya mengalami “pembangkangan” dari anak buah. Saya terus-terang agak terkejut. Kenapa? Karena selama sekian lama pengalaman saya di organisasi yang bersifat semi militeristik mengharuskan kepatuhan pada komandan atau pimpinan tanpa reserve.

Sebenarnya, di perusahaan ini juga sama. Ada value yang dinamakan “loyalty” dan “obedience”.

Saya sempat shock menghadapi resistensi ini. Apalagi posisi yang dibebankan pada saya oleh Presiden Direktur strategis dan penuh tantangan. Agak lama saya menganalisa hal ini sampai harus berkonsultasi pada partner bisnis saya dan eks pasangan saya. Meski jawabannya tidak seantusias dahulu -maklum sudah ada orang lain di sampingnya-, tapi masukan darinya tetap berharga.

Introspeksi langsung saya lakukan. Saya mengevaluasi cara saya berkomunikasi dan gaya kepemimpinan saya. Dulu saya menganggap semua bawahan saya bak barisan yang seragam. Padahal, setiap manusia itu unik. Saya lupa itu. Ada beberapa hal lagi yang saya ubah. Dan itu tidak mudah. Rasanya seperti menguliti diri sendiri hingga berdarah-darah.

Tapi itulah sekolah kehidupan (lifeschool). Kalau tidak kita sendiri yang “mencambuki diri”, jangan sampai Tuhan turun tangan dengan sentilannya yang pasti lebih keras dari “sentilan-sentilun”.

Menjadi leader bukan cuma asal memerintah, tapi ia justru harus mampu mengayomi. Inilah gaya kepemimpinan khas timur, terutama Indonesia. Seorang pemimpin justru dituntut kebijaksanaannya lebih daripada kompetensinya. Justru karena ia dipandang bak “bapak” atau “ibu”, tidak seperti “boss”. Kalau ia mampu melakukan itu, barulah ia “dianggap” sebagai leader.

Tinggalkan Balasan

