Lembaran Baru

Alina, panggilan kesayangan saya pada mantan kekasih 8 tahun lalu (tentu itu bukan nama aslinya), mengirimkan SMS ucapan selamat Idul Fitri yang bagi saya “kena”. Saya tidak kutipkan seluruhya, namun ia mengucapkan “selamat membuka lembaran baru”. Satu ucapan yang pas dengan situasi saya sekarang.

Setelah Ramadhan, setiap muslim yang mendapatkan ampunan dari ALLAH SWT memang akan membuka lembaran baru dalam hidupnya. Ini merupakan anugerah Tuhan setelah dosa-dosanya diampuni sehingga ia kembali kepada kesucian, fitrah aslinya sebagai manusia. Seorang pemenang pertarungan Ramadhan akan diberikan kesempatan kembali seperti bayi. Catatan dosanya kembali bersih, seperti kertas dengan lembaran baru yang tanpa noda atau coretan apa pun. Namun, jangan salah. Hanya mereka yang mampu melaksanakan ibadah Ramadhan -tidak hanya puasa- dengan sempurna saja yang insya ALLAH akan mendapatkan anugerah besar itu.

Dalam hidup, di luar kesempatan “penghapusan dosa” yang diberikan Tuhan itu, sebenarnya Tuhan memberikan kita kesempatan terus-menerus untuk membuka lembaran baru dalam hidup kita.Banyak kesempatan yang diberikan Tuhan kepada kita. Hanya saja kita seringkali tak sadar.

Merendahkan hati, melembutkan perkataan dan tingkah laku serta berbuat kebaikan bagi orang lain termasuk bersedekah ternyata membuat kita makin peka. Kesadaran pada “tanda-tanda Tuhan” makin terasah. Dan itu semua tidak bisa dilaksanakan cuma dengan berharap atau berdo’a belaka, tapi harus dengan tindakan nyata. Bahkan beribadah saja -seperti puasa- perlu tindakan bukan?

Karena itu, marilah kita kembali berkarya di bidang kehidupan kita masing-masing. Kita buka lembaran baru dalam hidup kita dengan semangat dan sukacita!😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s