Bisnis Musiman Saat Lebaran

Hari Raya Idul Fitri atau kita biasa menyebutnya Lebaran merupakan berkah bagi banyak orang. Selain karena selama Ramadhan merupakan “ladang amal” bagi Muslim, tapi juga bisa menjadi “ladang penghasilan” bagi siapa pun. Ada sejumlah bisnis musiman yang hanya tampak atau mencapai puncak penjualan saat Ramadhan hingga Lebaran. Sebagai bahan inspirasi Anda untuk mempersiapkan diri tahun depan (bagi yang minat), maka saya daftarkan sebagai berikut:

  • Kartu Ucapan. Meski sudah jarang dipakai oleh pribadi, masih banyak yang menggunakannya terutama perusahaan. Pribadi juga ada yang memakainya untuk mengucapkan selamat kepada yang lebih dihormati atau secara formal.
  • Parcel. Walau ada aturan untuk mengirimkan parcel kepada pejabat pemerintah atau negara, namun pengiriman parcel masih marak. Ini karena perusahaan dan pribadi masih membutuhkan untuk menunjukkan penghormatan kepada pribadi yang dianggap perlu.
  • Pakaian Muslim. Memang, setiap hari kita bisa membelinya. Namun, bisnis ini jelas mencapai puncaknya di masa-masa Ramadhan hingga Lebaran.
  • Perlengkapan Shalat. Selain pakaian muslim, perlengkapan shalat seperti sajadah, mukena atau kopiah juga banyak dicari untuk dibeli. Tak jarang juga ada yang membeli kitab suci Al-Qur’an untuk melengkapi.
  • Kue kering. Kita di Indonesia punya kebiasaan untuk menyediakan kue kering sebagai sajian di atas meja untuk tamu atau sebagai hantaran. Jenisnya aneka macam, yang populer misalnya nastar, kastengel atau putih salju.
  • Makanan Lebaran. Selain kue kering, ada aneka makanan Lebaran yang disiapkan. Bisa berupa makanan besar seperti ketupat dan opor ayam atau camilan seperti dodol.
  • Bunga. Rumah yang perlu suasana segar bisa dihias dengan bunga. Selain itu juga bisa digunakan untuk berziarah kubur yang biasanya dilakukan keluarga Indonesia saat Lebaran.

2 responses to “Bisnis Musiman Saat Lebaran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s