Sepintas Tentang London & Inggris

Siapa pun yang pernah ke London niscaya akan mengagumi tata kota yang begitu indah. Perpaduan antara peninggalan masa abad pertengahan dengan dunia modern begitu apik. The Tower of London berpadu apik dengan The Eye of London atau juga dikenal dengan nama Millenium Wheel. Keteraturan khas Eropa berpadu dengan gaya klasik orang Inggris turut memperkaya suasana. Pendeknya, tinggal di London akan membuat kita seperti berada di rumah sendiri. Apalagi suasana London jelas lebih manusiawi daripada New York misalnya.

Semua tentu tak lepas dari visi besar para penguasa negara yang pernah menjadi penguasa dunia itu. Imperium Inggris Raya pernah menguasai 1/3 bumi. Hingga kini pun Inggris masih menyisakan sejumlah wilayah koloni dan bekas negara jajahan yang tergabung dalam Commonwealth of Nations. Sebanyak 54 negara di dunia tergabung di dalamnya, sebagian besar menjadikan Kepala Negara Inggris -saat ini Ratu Elizabeth II- juga sebagai Kepala Negara-nya.

Mengenali negara-negara anggota Persemakmuran cukup mudah, karena pada bendera tiap negara biasanya terdapat juga bendera Inggris Raya di salah satu bagiannya. Union Jack -nama resmi bendera Inggris Raya- mudah dikenali karena kekhasannya yang berupa persilangan empat garis berwarna merah-putih-biru dengan warna dominan biru. Inggris juga punya bendera lain yang berasal dari masa Perang Salib di abad pertengahan. Bendera ini dikenal dengan nama St. George Cross, berwarna dasar putih dengan salib merah melintang di tengahnya. Beberapa negara persemakmuran juga ada yang memakai bendera Inggris ini sebagai bagian dari benderanya. Sebenarnya, ada perbedaan antara Inggris (England) sebagai satu negara dengan Inggris Raya (Great Britain atau United Kingdom) sebagai imperium atau kumpulan sejumlah negara. Namun akan terlalu panjang bila dibahas di sini saat ini.

Warisan sejarah dan budaya besar inilah yang terus dipelihara hingga kini. Maka, saat Olimpiade Musim Panas diputuskan digelar di London, sangat menarik melihat bagaimana negeri ini merupakan “rumah” bagi banyak bagian sejarah dunia. Bukan saja dari masa abad pertengahan, tapi hingga masa modern. Bukan saja soal kekuasaan, tapi juga seni dan keindahan. Misalnya kita tentu tahu bahwa kelompok musik pop legendaris The Beatles adalah asal Inggris, tepatnya dari Liverpool. Dan semua “perjalanan sejarah” itu dikemas apik dalam upacara pembukaan Olimpiade London 2012 pada 27 Juli 2012 lalu. Kini kita tinggal menunggu, sajian fantastik apalagi yang akan dihidangkan saat pesta penutupan pada 12 Agustus 2012 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s