Menghitung Hari

Bukan karena saya hendak mengenang Kris Dayanti, namun judul lagu yang dipopulerkan mantan istri Anang Hermansyah itu saya pinjam dalam konteks kehidupan. Dalam konteks kehidupan, kita memang cuma menghitung hari menuju kematian yang entah kapan. Kita cuma menjalani hari demi hari tanpa kepastian kapan akan mengakhirinya.

Beberapa hari lalu, saya menyaksikan pemakaman orang lain. Bisa jadi besok atau entah kapan saya yang akan dimakamkan.

Tidak penting apa kepercayaan atau agama Anda. Tidak penting kepada Tuhan yang mana Anda menyembah. Satu yang pasti: kematian. Dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat 185 dituliskan  “Kullu nafsin zaaiqatul maut”: Setiap yang berjiwa akan merasakan mati.

Dan saat mati itulah akan terkuak kebenaran sejati. Tuhan mana sebenarnya yang Tuhan sejati. Agama mana yang paling benar. Dan segala rahasia hidup lain yang selama kita masih bernafas dan bernyawa tertutupi.

Saya pribadi sangat siap mati. Bahkan rindu. Namun saya tahu, amalan saya belum cukup, mungkin tak akan pernah cukup. Karena dalam agama Islam yang saya anut, tidak ada paham “keselamatan umum”. Tiap individu memang hanya bisa selamat dalam Islam, namun derajat keselamatannya tidak sama. Pahala itu seperti tabungan atau investasi. Tidak mungkin mereka yang investasinya banyak disamakan dengan yang investasinya sedikit bukan?

Dalam konteks menghitung hari, saya cuma bisa terpekur. Betapa saya telah banyak menyakiti orang lain. Saya memang merasa banyak dizalimi, tapi juga sering menzalimi. Karena itu, dengan kesadaran bahwa hidup saya cuma menghitung hari, saya mencoba memperbaiki diri dengan aneka cara. Salah satunya dengan memperbaiki kemampuan interpersonal saya. Cara konkretnya adalah dengan menjalin kembali tali silaturahim yang sempat terputus dengan beberapa orang. Semoga saja itu bisa mengurangi beratnya beban di akherat kelak….

Iklan

One response to “Menghitung Hari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s