Persepsi & Sejarah

Beberapa hari lalu saya menyaksikan film “The Five Days of Wars” besutan sutradara Renny Harlin. Dalam film tersebut digambarkan situasi pertempuran antara pihak Russia dengan Georgia. Setting-nya memang kisah nyata, meski karakter dan plotnya fiktif. Mengambil setting perang yang disebut “Perang 5 Hari Russia-Georgia” atau “Perang Ossetia Selatan” di tahun 2008 (resensi silahkan baca di website Resensi-Review Bhayu).

Sebagai penyuka sejarah dan kemiliteran, saya cukup heran kenapa saya kok melewatkan detail perang yang satu ini. Padahal saya merasa cukup tahu (perhatikan: merasa tahu tidak sama dengan benar-benar tahu) mengenai banyak sejarah perang terutama di abad pertengahan. Ternyata, seperti digambarkan dalam film ini, dunia memang dikondisikan tidak peduli. Apalagi saat perang tersebut berlangsung, tengah dihelat Olimpiade Beijing 2008 yang menyita perhatian dunia.

Dalam kerangka menuliskan resensi, saya kemudian mencari data di internet tentang perang tersebut. Ternyata, ada dua versi mengenai penyebab perang. Versi Russia menyebutkan, pihak Georgia yang memulai perang dengan mengirimkan pasukannya ke wilayah Ossetia Selatan yang memberontak. Sementara versi Georgia menyebutkan mereka cuma mempertahankan wilayahnya justru dari serbuan Russia.

Di sini kembali saya menengarai betapa persepsi sangat memainkan peran. Apalagi politik sebenarnya adalah “seni mencapai tujuan”. Artinya, tujuan bisa dicapai dengan beragam jalan, termasuk memanipulasi persepsi. Dalam konteks perang, biasanya ada adagium “sejarah ditulis oleh pemenang”. Nah, masalahnya di zaman modern ini, informasi bisa dimanipulasi bahkan oleh pihak yang kalah. Di sini kemudian terjadi distorsi informasi.

Informasi yang digunakan dan disebarluaskan sangat tergantung pada kepentingan masing-masing pihak. ‘Medan perang’-nya lantas bergeser menjadi di benak recipient komunikasi. Pertempuran pecah di ranah persepsi. Karena itu, bahkan berita yang seharusnya fakta pun bisa dimainkan agar bisa memenangkan “perang informasi” tersebut.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s