SEA Games & Semangat Ke-Indonesia-an

Pembukaan SEA (South East Asian) Games ke-26 di stadion Jaka Baring Palembang hari Jum’at (11/11) malam benar-benar spektakuler. Saya tidak menyangka kita mampu menggelar perhelatan seindah itu. Meski saya merasa agak bingung menerka makna tari-tarian yang ditampilkan tanpa narasi, namun penampilan ribuan penari, tata lampu dan permainan multimedia ditambah kembang api sebagai penutup sangat ciamik. Terus terang saya bangga sebagai orang Indonesia. Dan pemerintahan Presiden SBY bakal dikenang sebagai yang cukup sukses mengharumkan nama bangsa.

Meski prestasi olahraga kita belum segemilang dahulu, namun ada harapan kita akan kembali menjadi Juara Umum SEA Games. Apalagi di siang harinya saya juga sempat menyaksikan pertandingan sepakbola SEA Games antara Timnas PSSI U-23 melawan Singapura. Kemenangan timnas kita seakan membuat semangat ke-Indonesia-an melambung tinggi. Sayangnya sukses Garuda Muda tidak diikuti oleh timnas PSSI senior yang kandas di Qatar pada malam harinya.

Sebenarnya, SEA Games merupakan momentum tepat untuk merajut semangat ke-Indonesia-an. Apalagi yang dipertandingkan sekaligus 44 cabang olahraga dan tidak hanya sepakbola atau bulutangkis dimana kita langganan juara. Ada cabang baru seperti “Tarung Derajat” yang khas Indonesia. Sudah pasti di cabang-cabang khas Indonesia termasuk “perahu naga” kita akan mendulang banyak emas. Itulah salah satu keuntungan menjadi tuan rumah, yaitu bisa menentukan cabang mana yang akan diperlombakan. Meski tentu saja ada syarat minimal negara pesertanya.

Sayangnya, pemberitaan soal SEA Games sebelum ini justru lebih pada permasalahan yang membelit. Misalnya mengenai kelambatan penyelesaian berbagai sarana dan prasarana untuk pertandingan dan perlombaan. Juga masalah korupsi yang melibatkan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Drama kasus ini seru bak film karena tersangka sempat kabur dan menghilang dari kejaran polisi Indonesia, sebelum akhirnya ditangkap di Kolombia.

Semoga saja semua drama menegangkan tersebut berakhir bahagia. SEA Games sukses diselenggarakan tanpa insiden dan Indonesia menjadi juara umum. Sehingga semangat ke-Indonesia-an kita juga akan ikut melambung. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s