Hari Batik Nasional

Kalau tidak dipublikasikan besar-besaran di media massa, saya tidak ingat kalau hari ini adalah “Hari Batik Nasional”. Tanggal ini terkait ditetapkannya batik asal Indonesia sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Sebagai sebuah hasil karya budaya, varian batik terdapat di sejumlah negara lain terutama di Asia Tenggara. Bahkan di China pun ada kain bermotif serupa batik. Namun, di negara lain biasanya dikenal dengan “printing clothes”. Pengakuan UNESCO bahwa Indonesia adalah negara asal batik jelas meneguhkan warisan budaya kita. Sekaligus tentu saja menghindari klaim dari negara lain.

Pemerintah SBY cukup serius dalam melindungi dan mengembangkan batik. Hal ini patut dipuji mengingat kompleksitas masalah yang dihadapinya, termasuk kecaman dari banyak pihak terhadap kepemimpinan politisnya. Tentu saja, banyak pihak yang juga terlibat aktif dalam hal ini. Termasuk berbagai yayasan dan lembaga. Bahkan masyarakat pun dapat berperan secara individual dengan memperbanyak menggunakan batik sehari-hari.

Saya termasuk awam dalam hal ini. Karena itu saya tak bicara panjang-lebar. Kontribusi maksimal saya saat ini paling-paling menulis dan mengenakan batik secara individual. Karena kapasitas saya tak cukup untuk terlibat kampanye lebih jauh. Pokoknya, buktikan saja kita sebagai orang Indonesia bangga berbatik!

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s