Liputan Acara Amprokan Blogger 2011 (Hari Ke-2)

Saya sebenarnya sempat berniat tidak hadir di hari ke-2, Minggu (18/9). Apalagi saya kelelahan karena beberapa malam kurang -bahkan tidak tidur- karena masalah pekerjaan. Namun saya mencoba memaksakan diri dengan paradigma akan mendapatkan petualangan seru. Dan benar saja, petualangan saya dimulai ketika tiba di Islamic Centre Bekasi sekitar jam 10.00 WIB dan sudah tidak ada bus yang tersisa. Bahkan panitia pun tidak tersisa satu orang pun. Yah, salah saya sendiri kan datang terlambat? Setelah menimbang beberapa saat, saya pun memutuskan berpetualang: menyusul sendiri ke Jababeka!

Keluar dari pintu tol Cikarang Barat, saya langsung disambut tugu Jababeka. Rute ini sempat saya tanya dulu kepada satpam di Islamic Centre Bekasi, walau saya lupa bertanya keluar pintu tolnya Cikarang Pusat atau Cikarang Barat. Dan dengan nekad saya keluar di Cikarang Barat dan ternyata benar! Kesulitan justru muncul saat di Jababeka yang ternyata terdiri dari beberapa lokasi itu. Saya masuk ke Jababeka 1 dan bertanya pada satpam, “Apakah ada bus rombongan blogger yang masuk? Di mana mereka sekarang?” Apa jawabannya? Celingak-celinguk. Mereka bingung. Saya pun teringat pada salah satu lokasi tujuan peserta Amprokan Blogger 2011 yaitu “Botanical Garden”. Maka, saya pun bertanya dimanakah lokasinya. Ternyata di Jababeka 2. Saya pun menuju ke situ.

Masalah belum selesai. Di kawasan perumahan bertipe cluster itu, saya berkali-kali berhenti bertanya pada satpam, dimanakah gerangan “Botanical Garden itu”. Ternyata, hampir semua tidak tahu. Barulah di kawasan Tropicana Garden satpamnya dengan didahului perkataan, “Kalau nggak salah sih…” ia menunjukkan lokasi itu. Dan eng-ing-eng, sampailah saya di “Botanical Garden”. Setelah bertanya pada satpamnya, ternyata, peserta belum sampai di situ. Saya tentu bertanya lagi, dimanakah mereka saat itu. Jawabannya: Movie Land. Yah, saya sempat melihat tulisan besarnya tadi dalam perjalanan mencari “Botanical Garden”. Dan segera saya menuju ke sana.

Para peserta berfoto bersama seusai penjelasan di Movie Land.

Setelah satu kali lagi bertanya pada satpam di kawasan kantor pengelola, saya mendapati lokasi Movie Land. Di depan, ada puluhan satpam berjaga. Saya pun bertanya, di manakah para blogger berada. Satpamnya lagi-lagi bengong dengan muka bingung. “Blogger?” hanya itu yang diucapkannya. Mungkin bingung jenis makhluk apakah itu. Untung satpam di belakangnya yang tampak lebih senior tahu dan menunjukkan lokasi teman-teman peserta Amprokan Blogger 2011 ngamprok. Jadilah saya memarkir mobil dan masuk.

Foto kiri: Bus peserta dan kendaraan satpam pengawal. Foto kanan: Beberapa panitia termasuk Ketua Blogger Bekasi Aris Heru Utomo naik mobil satpam. (Foto: Bhayu MH)

Ternyata, peserta sedang mendapatkan penjelasan dari seorang manajer di Jababeka tentang Movie Land. Setelah sesi usai diikuti foto bersama di depan lokasi, peserta diminta kembali naik ke bus. Rombongan peserta yang terdiri dari 3 bus ini dikawal tiga mobil patroli satpam PKD (Patroli Keamanan Dalam) kawasan dan satu mobil patroli polisi PamVit (Pengamanan Obyek Vital). Beberapa mobil pribadi turut serta dalam rombongan termasuk mobil saya. Rombongan dibawa berputar-putar ke beberapa tempat sebelum sampai ke “Botanical Garden”. Rombongan besar ini jelas menarik perhatian orang-orang di rute yang kami lewati, karena mobil patroli polisinya sesekali memakai sirine meski semua tempat yang dikunjungi masih di dalam Jababeka. Peserta Amprokan Blogger 2011 diajak mengikuti “Jababeka Amazing Tour” yang difasilitasi oleh kota Jababeka.

Di “Botanical Garden” yang masih dalam proses pembangunan tersebut, kami disambut oleh pengelola yang diwakili oleh Pak Eka Budianta. Di kebun buatan ini tahun lalu para peserta Amprokan Blogger 2010 melakukan penanaman pohon berkayu keras yang dengan fasih dijelaskan nama Latinnya oleh Pak Eka Budianta. Setelah penjelasan sepintas dan do’a bersama, kemudian diadakan pelepasan burung merpati secara simbolik. Para peserta berebut menjadi pelepas burung simbol perdamaian itu. Sayangnya, ada dua burung yang tak mau terbang, kemungkinan karena sakit.

Sekuen foto pelepasan burung merpati oleh peserta Amprokan Blogger 2011. Gayanya heboh! Di foto kanan atas memegang megaphone adalah Pak Eka Budianta. (foto: Bhayu MH)

Seusai pelepasan burung, peserta kembali ke dalam bus setelah beberapa di antaranya sempat berfoto bersama Pak Eka Budianta. Karena penasaran siapakah beliau sebenarnya, maka saya memutuskan mengobrol dengannya. Benar saja, feeling saya yang merasa pernah mengetahui siapa beliau tak salah. Ternyata beliau adalah sastrawan yang pernah menjadi dosen saya di Fakultas Sastra (kini Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia. Saking asyiknya mengobrol, saya sampai tak sadar ditunggu oleh peserta lain. Pasalnya, mobil saya berada di urutan pertama setelah mobil pengawal patroli polisi. Jadi, rombongan menunggu mobil saya jalan dulu, padahal mobil pengawal satpam dan polisi sudah lebih dulu siap jalan. Tergopoh-gopoh saya berpamitan pada Pak Eka Budianta dan menuju ke mobil.

Peserta Amprokan Blogger 2011 saat mengunjungi Water Treatment Plant Jababeka (Foto: Bhayu MH)

Seusai dari “Botanical Garden”, peserta dibawa ke fasilitas Water Treatment Plant (WTP) milik Jababeka. Di fasilitas tersebut saya sempat didampingi terus oleh Pak Arif salah satu petugasnya. Beliau menerangkan bahwa fasilitas pengolahan air milik Jababeka tersebut mampu mensuplai seluruh kawasan perumahan di situ. Sementara untuk kawasan industrinya dipasok dari fasilitas lainnya. Para peserta yang pada saat datang diminta berjalan di jalur khusus akhirnya terpecah dua, yang tertarik ‘blusukan’ (bahasa Jawa, artinya kira-kira masuk menyelusup) meneruskan tour, sementara yang kelelahan duduk-duduk saja. Dari kunjungan ke WTP tersebut, saya melihat pengembang sangat serius dalam memperhatikan kelestarian lingkungan yang antara lain tampak dari pengolahan airnya.

Setelahnya, peserta dibawa kembali ke MovieLand untuk makan siang dan istirahat termasuk shalat dzuhur. Ternyata, acara ke hutan mangrove dibatalkan dan seluruh peserta menuju ke Situ Bekasi dan Taman Buaya. Saya sendiri tidak mengikuti acara tersebut karena sudah terlanjur ada janji di Jakarta. Namun, kemudian saya melakukan perjalanan sendiri demi mendapatkan bahan untuk kompetisi blogging semi SEO bertemakan “Amprokan Blogger Dalam Membudayakan Kecerdasan Ekologis.” Tunggu tulisan saya berikutnya ya….

Catatan: Tulisan berjudul “Peran Amprokan Blogger Menghidupkan Suksesmu dalam Membudayakan Kecerdasan Ekologis sudah bisa dibaca di tautan ini, sementara laporan jalan-jalan saya ke Taman Buaya Indonesia Jaya di Bekasi ada di sini.

Baca juga artikel terkait (klik pada judul):

amprokan blogger hidupkan suksesmu

amprokan blogger 2011, blogger bekasi, amprokan blogger hidupkan suksesmu, amprokan blogger dalam membudayakan kecerdasan ekologis

3 responses to “Liputan Acara Amprokan Blogger 2011 (Hari Ke-2)

  1. Ping-balik: Peran Amprokan Blogger Menghidupkan Suksesmu dalam Membudayakan Kecerdasan Ekologis·

  2. Ping-balik: Kekhasan Blogger Indonesia « LifeSchool by Bhayu M.H.·

  3. Ping-balik: Liputan Acara Amprokan Blogger 2011 (Hari Ke-1) « LifeSchool by Bhayu M.H.·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s