Skenario Kiamat (3) – versi Sains Fiksi

Melanjutkan seri soal kiamat, hari ini ditampilkan versi sains fiksi yang kerap muncul. Skenario kiamat versi sains fiksi bisa muncul melalui buku, novel, film atau game. Meski terkesan heboh dan dahsyat dalam penggambarannya, namun skenario kiamat ini sebenarnya cuma khayalan belaka.

  • Biohazard. Ini adalah istilah khas yang sering dipakai di film-film sains fiksi dan game bergenre sejenis. Biohazard adalah zat kimia amat berbahaya yang menular begitu rupa hingga mengakibatkan perubahan pada manusia. Terjadi mutasi genetik hingga manusia berubah, kebanyakan menjadi mayat hidup, biasa disebut zombie atau undead. Game dan film Resident Evil adalah salah satu yang menggambarkan hal ini dengan baik. Selain itu ada juga film I am Legend atau 28 Days/Weeks Later.  Dalam skenario ini, biohazard bisa juga dikisahkan membunuh populasi manusia.
  • Pandemi. Wabah penyakit merajalela tak mampu tertangani oleh teknologi kedokteran. Atau penyakit aneh yang menyebabkan kepunahan manusia. Misalnya digambarkan dalam Children of Men dimana manusia dikisahkan mengalami mutasi sehingga tidak mampu lagi bereproduksi atau menghasilkan anak.
  • Zombie or Satanic Creatures. Kebangkitan zombie atau perubahan genetika manusia menjadi mayat hidup membuat dunia berubah. Hal ini karena mutasi genetika diakibatkan virus atau bakteri tertentu. Tidak hanya karena biohazard, namun zombie atau makhluk-makhluk setan lain juga bisa bangkit karena praktek ritual mistis tertentu. Hal ini digambarkan oleh seri The Mummy atau beberapa sekuel Indiana Jones, juga dalam film Dawn of The Dead.
  • Prince of Demon or King of Satan or Dark Lord arise. Bangkitnya raja setan akhir zaman. Meski terinspirasi dari beberapa naskah kitab suci, namun bisa dianggap bahwa hal ini masih merupakan khayalan belaka. Dalam skenario ini, bangkitnya sang raja kegelapan membangkitkan kekuatan para pengikutnya juga, yang di antaranya berbentuk mayat hidup. Sejumlah film mengabadikan model semacam ini. Selain The Mummy yang telah disebut di atas, seri Harry Potter dan Lord of The Rings sebenarnya juga mengisahkan tentang hal ini, meski settingnya di negeri fantasi.
  • Machine rules. Dalam skenario ini, mesin bangkit  memberontak melawan manusia. Mesin telah sampai pada tahapan kecerdasan buatan (artificial intelligence) menyamai –bahkan melebihi- manusia sehingga mampu berpikir sendiri dan menggalang kekuatan melawan manusia. Kelebihan mesin adalah ia mampu beproduksi dengan cepat dan tubuhnya bukan biologis, sehingga bila luka atau hancur bisa segera digantikan. Demikian juga kemampuan berpikirnya yang mengandalkan algoritma matematis jauh lebih cepat daripada manusia. Banyak film terinspirasi dari ide ini, yang paling terkenal adalah seri sukses Terminator, trilogi the Matrix dan i-Robot.
  • Alien attack. Kisah pertama bertema serangan alien atau makhluk angkasa luar berasal dari kartu koleksi (trading cards) yang kemudian menjadi sandiwara radio dan difilmkan. Serial ini menimbulkan kehebohan di masanya, dia adalah Mars Attack! di tahun 1962. Kemudian di tahun-tahun selanjutnya Hollywood sering sekali membuat film tentang ini. Yang terbaru kita saksikan di layar perak adalah Skyline, sementara yang agak lawas antara lain ada Planet of The Apes.
  • Global War. Perang antar negara yang melibatkan begitu banyak negara atau ras manusia. Film Apocalypse dengan baik menggambarkan hal ini. Berbagai game malah sering menggunakan skenario perang semesta ini karena memang seru. Sebutlah Superpower atau World at War. Dalam film, ada The Book of Eli yang mengisahkan dampak pasca perang nuklir, seri Mad Max, atau The Stand karya sutradara jago film perang-thriller Stephen King.
  • Extreme Climate. Meski terlihat ilmiah, namun cuaca atau iklim amat ekstrem yang digambarkan dalam kisah-kisah sains fiksi belum pernah terjadi dalam sejarah modern peradaban manusia. Walau mungkin pernah terjadi sebelum bumi dihuni peradaban manusia modern, misalnya pada zaman es. Ada berbagai varian dalam skenario ini. Sebutlah karena badai salju, es di kutub bumi yang mencair karena efek rumah kaca, pemanasan inti bumi, laut yang naik hingga gempa berakibat tsunami. Selain 2012 yang jelas membahas soal kiamat, juga ada film  Cloverfield dan The Day After Tommorow yang menggunakan skenario ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s