Profesionalisme & Tanggung Jawab (2)

Menyambung tulisan Rabu lalu (baca kembali di sini), kali ini saya melanjutkan pembicaraan mengenai profesionalisme dan tanggung jawab. Konteks yang kita bicarakan kali ini adalah mengenai beban pekerjaan sesuai dengan job description masing-masing. Sebenarnya, seseorang sudah bisa disebut menerapkan profesionalisme apabila yang bersangkutan sudah mampu memenuhi apa yang diharapkannya dari pemberi kerja yang diwakili atasannya. Harapan itu tertuang dalam penilaian karya atau kinerja. Sementara bagi yang bukan pegawai, pemberi kerja adalah klien atau pelanggan.

Jadi, memang penilaiannya searah. Seringkali, kita sebagai penyedia jasa/barang atau pegawai merasa sudah bekerja baik, namun penilaian dari atasan atau klien berbeda. Dalam hal ini kita tentu harus mengikuti arahan dari pemberi kerja. Jadi, profesional atau tidak terutama dalam kaitan dengan kinerja biasanya terkait dengan bagaimana kita memenuhi tanggung-jawab yang telah disepakati bersama. Dalam konteks ini, apabila kita bekerja melebihi harapan (beyond expectation), sebenarnya jelas akan sangat diharapkan. Ini berarti secara profesional yang bersangkutan memiliki akuntabilitas tinggi, bukan sekedar responsibilitas atau rasa tanggung jawab.

Sayangnya, dari pengalaman saya mempekerjakan pegawai maupun menyeleksi dan mengevaluasi pegawai klien, rata-rata bisa memenuhi harapan minimum saja sudah bagus. Kebanyakan justru berada di bawah standar yang diharapkan pemberi kerja. Namun, sayangnya di sini banyak yang sudah merasa puas asal kerja saja, tanpa punya karir. Karena sebenarnya pekerjaan dan karir itu berbeda jauh.

Di sinilah rasa profesional terkait tanggung jawab diasah. Bahkan di negara seperti Jepang, bila dirasa tak mampu memenuhi tanggung-jawab profesional, mereka rela bunuh diri atau “harakiri”. Kalau di sini, malah “tinggal glanggang colong playu.” Pantas saja peringkat SDM kita sangat rendah di mata dunia ya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s